Belajar Menyelam Di Bunaken

Kamis, 25 Juli 20131komentar

Menyelam yaitu aktivitas olahraga yang amat mengasyikkan. aktivitas ini bukan hanya saja baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk menenangkan pikiran serta kepuasan batin. meminjam kalimat bijaksana seorang penyelam senior asal florida, arthur hamilton, yang menyebutkan, anda belum lihat dunia jika anda belum dulu menyelam di dasar laut.

Indonesia, negara tercinta ini, yaitu area yang pas untuk aktivitas menyelam. kalkulasi saja, di negara kepulauan yang terdapat diantara dua benua serta samudra ini ada kian lebih 17. 000 pulau dari ujung sumatera hingga tanah papua. dikelilingi perbatasan pada laut andaman, Singapura, laut Cina selatan, Malaysia, serta Filipina, dan Samudra pasifik, Papua niugini, Samudra hindia serta Australia. laut serta samudra ! kebayang kan begitu tidak terbatasnya air laut untuk diselami !
Lokasi menyelam eksotik di Indonesia demikian banyak serta bermacam. dimulai dari Pulau seribu, Ujung kulon, Karimun jawa, Kalimantan, Bali serta Sumbawa, Komodo, Wakatobi, Bangka, Banda serta Flores, Bintan, Makassar, Bunaken, hingga Raja ampat di Irian jaya.

Bunaken

Pulau bunaken, yang berlokasi di Sulawesi utara, bisa ditempuh pesawat hawa segera dari jakarta sepanjang 3 jam serta 10 menit. sepanjang kurang lebih 15-40 menit dari tepian kota manado, ibu kota provinsi sulawesi utara gunakan kapal motor, melalui gunung manado tua, anda bisa lihat segera pulau bunaken yang ada pas di sebelah pulau siladen. pulau bunaken mempunyai taman laut nasional yang populer didunia dengan luas area kian lebih 75. 000 hektar, yang dibagi oleh 3 % daratan serta 97 % lautan, terhitung didalamnya taman laut bunaken.
Di antara majalah travel di Inggris didalam artikel yang berjudul world top 10 best dives destination menobatkan taman laut Bunaken sebagai di antara destinasi selam paling baik didunia. penghargaan tersebut tidak terlalu berlebih dikarenakan taman laut bunaken yang diresmikan pada th. 1991 ini dikelilingi oleh lima pulau yang ada didalamnya, yaitu Pulau manado tua, Pulau bunaken, Pulau siladen, Pulau mantehage, tersebut sebagian anak pulaunya, serta Pulau naen yang jumlah total mempunyai 29 titik selam ( dive spot ) yang fantastis !

Belajar Menyelam

Saya tetap ingat waktu kali pertama menyelam. saat itu saya tengah berlibur di bunaken berbarengan seorang teman dekat saya, agnes. dikarenakan belum dapat menyelam, saya mesti berpuas diri dengan snorkeling ; olahraga rekreasi mengambang diatas permukaan air yang dilengkapi masker serta kaki katak ini telah saya kerjakan didalam satu tahun lebih paling akhir.
Saat itu jarak pandang dibawah laut lumayan jernih. kurang lebih 5 mtr. dari permukaan air, saya dapat lihat Agnes yang tengah menyelam berbarengan Hanny. Agnes dengan leluasa bermain berbarengan ikan nemo cuma dilengkapi peralatan snorkeling layaknya saya ! tampak agnes lakukan pernapasan dengan tehnik buddy-breathing, yakni meminjam regulator atau alat pernapasan dari hanny. enak sekali dia, tak perlu repot-repot menjinjing tabung hawa yang berat, dia menyelam tanpa beban.
Dari situlah, saya tertarik untuk coba menyelam. kenekatan saya bikin saya terima tantangan hanny yang cuma membekali saya pelatihan kilat sepanjang 15 menit. saya diajari tiga perihal mutlak ; pertama, cara bernapas memakai regulator. bernapas melewati mulut, lewat cara menggigit plastik regulator supaya tidak terlepas.

Ke-2, ada dua tombol yang tersambung di BC (Buoyancy Control, sejenis rompi yang diisi angin ) yang butuh di perhatikan. inflating button serta deflating button. inflating button untuk isi hawa ke didalam BC supaya tubuh jadi mudah hingga tubuh dapat mengambang naik ke permukaan air, namun deflating button dipakai untuk mengempiskan hawa yang ada di BC hingga tubuh jadi berat serta perlahan tubuh dapat tenggelam masuk ke didalam air.
Perihal paling akhir yang diajarkan yaitu bhs isyarat. karena didalam air kita tidak dapat bicara, maka hanya satu cara berkomunikasi yaitu dengan bhs isyarat, yakni isyarat ibu jari serta telunjuk membentuk huruf O bermakna kita didalam keadaaan oke, baik ; lantas isyarat gunakan tangan yang digerakkan horizontal ke kiri serta ke kanan, yang ini berarti kita didalam situasi tidak baik ; gugup, panik, pusing, dan sebagainya ; dan isyarat yang ketiga yakni rcti oke yang digerakkan naik-turun, yang berarti saya akan naik !
Maka dari itu saya senantiasa tersenyum waktu lihat iklan televisi swasta tersebut acungkan jempol didalam air yang menyebutkan RCTI Oke, yang berarti didalam bhs isyarat penyelam yaitu RCTI akan naik !
Dengan berbekal ketiga pengetahuan singkat tersebut, saya membulatkan tekad untuk segera menyelam ! pengalaman yang tidak terlupakan pada waktu saya lihat terumbu karang serta beberapa ratus ikan di kedalaman empat mtr. bikin saya nyaris lupa bernapas ! bila ingat pengalaman itu, saya jadi amat bodoh dikarenakan 1 tahun lantas saya mengambil pelatihan menyelam serta instruktur selam saya buka kelas mengajarnya dengan satu pertanyaan, yakni apa konsekuensi menyelam ? dengan jawaban telak yakni, mati ! semestinya saya tidak lakukan penyelaman dengan cuma berbekal pelatihan kilat saat itu ! wuih !
Olahraga scuba diving atau set contained underwater breathing apparatus memanglah olahraga yang cukup beresiko. tetapi, jika kita tahu cara menyelam yang baik serta benar, maka aktivitas ini amatlah seru. instansi resmi di indonesia ada pusat olah raga menyelam semua indonesia ( possi ), confederation mondiale des activities subaquatiques ( cmas ) asal italia, professional association diving instructors ( padi ), scuba diving international, serta sebagian instansi selam yang lain.
Saya mengambil pelatihan menyelam sepanjang lima hari ( dua hari teori serta tiga hari praktik ) untuk memperoleh sertifikat open water dive dari national association of underwater instructors ( naui ). saya diajari knowledge base serta tehnik menyelam. saya juga studi tentang peralatan selam, pengetahuan menyelam, usaha penyelamatan diri serta bagaimana lakukan praktik selam yang safe serta nyaman, juga tidak kalah pentingnya yaitu studi bagaimana jadi penyelam yang bertanggung jawab pada lingkungan hidup.
Di taman laut bunaken, tetap saja tampak sebagian sampah diatas permukaan air. telah perihal biasa waktu menyelam saya kerap mengambil sampah plastik maupun kaleng minuman yang nyangkut di karang serta membawanya ke atas kapal. aktivitas yang dilarang oleh pemerintah setempat serta nature conservation di bunaken yaitu memancing, menebang pohon, serta mengakibatkan kerusakan ekosistem kelautan dengan denda hingga rp 2 juta serta maksimum 10 th. penjara. semoga saja perihal ini dapat jadi ketentuan resmi yang ditaati oleh masyarakat setempat, terutama untuk beberapa pengunjung.
Didalam dua hari teori, saya diajarkan tentang jadwal penyelaman, yakni kedalaman serta waktu selam, layaknya contoh di kedalaman 21 mtr. dengan waktu selam sepanjang 40 menit, decompression stop, atau waktu kita mesti berhenti sekian waktu waktu kita selesai menyelam serta naik ke permukaan air, dan tehnik-teknik serius menyelam yang lain. pelatihan menyelam teori diakhiri dengan ujian yang perlu dipenuhi sebelum saat meneruskan ke praktik.
Didalam tiga hari praktik yang diselenggarakan di kolam renang, saya dilatih bagaimana cara bernapas didalam air memakai regulator serta juga menempatkan alat menyelam sendiri dengan benar. nikmatnya di indonesia, penyelam dimanjakan dengan dive-master yang siap menolong memasangkan peralatan selam untuk kita hingga penyelam tinggal turun serta menyelam.
Pada hari ke-2, di dasar danau, saya diajarkan tehnik pembersihan masker, buddy-breathing layaknya yang dikerjakan agnes dengan dive buddy-nya, serta menempatkan kembali alat selam yang sengaja dilepaskan di kedalaman delapan mtr.. agak takut juga sesungguhnya, namun untungnya saya sukses lakukan praktik tersebut dengan baik. hari ketiga yaitu praktik menyelam di laut terlepas, terhitung cara melompat dari kapal, cara menangani panik, serta bagaimana cara menyelam dengan aliran arus serta tehnik penyelamatan diri didalam air. seru kan ?
Perihal yang mutlak lain yang butuh di perhatikan yaitu kita mesti didalam situasi sehat layaknya bebas asma, jantung, epilepsi, serta diabetes, dan juga bermental sehat, serta buang jauh-jauh rasa panik serta pikiran yang macam-macam. tidak dapat berenang ? janganlah cemas. bila anda berpikir anda tidak dapat menyelam dikarenakan tidak bisa berenang, anda salah. justru bila anda dapat tenggelam, maka anda bisa menyelam ! biarlah batas air laut perlahan naik melewati masker anda serta perlahan tubuh tenggelam dari permukaan laut, serta terus bernapas normal ! setelah itu, pengalaman indah seumur hidup menunggu anda !
Menyelam bisa berikan perasaan sangat luar biasa yang dulu saya rasakan serta yang dapat saya kenang selamanya. siap coba ? ayo terjun ke laut serta lihat keindahan dunia alam bawah laut !

sumber : kompas.com
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

26 Oktober 2013 20.15

bila dah lulus,apakah ada jaminan kerjaya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger