Manfaat Scuba Diving, Mengungkap Misteri Bawah Laut

Minggu, 21 Juli 20130 komentar

Dengan fisiologi penyelaman, manusia tidak diciptakan untuk beradaptasi dengan lingkungan bawah perairan baik perairan tawar ataupun laut, namun manusia bisa menciptakan satu alat untuk beradptasi dengan lingkungan perairan. alat tersebut diberi nama scuba ( self contained underwater breathing apparatus ). peralatan scuba adalah peralatan penyelaman yang disempurnakan oleh yves couteau serta emile gagnan pada th. 1943, serta hingga saat ini tetap dikerjakan penyempurnaan-penyempurnaan baik berbentuk tingkat keselamatan serta beragam asesoris pendukung yang lain.


Penyelaman scuba pada tingkat sangat safe bisa dikerjakan pada kedalaman 5 - 40 mtr., dengan kecepatan arus optimal 1 knots. didalam situasi normal penyelaman scuba bisa dikerjakan pada kedalaman 10 mtr. sepanjang tidak terbatas, namun maksimalnya dikerjakan pada kedalaman 40 mtr. sepanjang 10 menit. peralatan scuba dipakai untuk tugas penyelaman di air dangkal yang membutuhkan mobilitas tinggi, hingga bisa dikerjakan kurun waktu yang relatif cepat serta singkat. penyelama scuba kerap dikerjakan untuk lakukan pekerjaan-pekerjaan serta penelitian-penelitian bawah air, pencarian benda-benda, perbaikan atau perawatan mudah pada kapal, mengembangkan hobi serta rekreasi.

Beberapa pakar penyelaman menyebutkan bahwa penyelaman scuba adalah di antara kegiatan atau olah raga yang beresiko tinggi baik untuk kesehatan ataupun untuk keselamatan pribadi pelakunya. pastinya apabila aktivitas tersebut tidak dikerjakan melewati prosedur yang benar. dikarenakan itu pendidikan serta kursus penyelaman scuba mesti dikelola sebagai satu aktivitas belajar-mengajar dengansistim yang jelas dengan program-programnya, terukur serta terorganisir pelaksanaannya. karena dapat dimungkinkan diadakannya monitoring, evaluasi manfaat meraih hasil yang maksimal.

Manfaat penyelaman scuba didalam ilmu dan pengetahuan :
  • Perubahan penyelaman scuba di indonesia hingga saat saat ini bisa dikatakan amat mengembirakan, terlebih untuk penyelaman olah raga serta wisata bahari. walau demikian penyelaman di bidang yang lain, layaknya halnya penyelaman komersial serta penyelaman ilmiah tetap amat terbatas. serta tidak jarang pekerjaan serta proyek-proyek bawah air di indonesia tetap didominasi oleh penyelam-penyelam asing.
  • Faedah lainnya penyelaman scuba yaitu, seseorang penyelam bisa mengembangkan ilmu-ilmu kelautan cocok dengan bidangnya layaknya halnya didalam bidang arsitektur atau tehnik sispil, dia bisa mengembangkan untuk bikin konstruksi-konstruksi atau penambangan terlepas pantai( off shore ). dibidang kedokteran seorang penyelam bisa mengembagkan hyperbarik ( fisika serta fisiologi penyelaman, dan medical segi ). namun untuk penduduk ilmiah, penyelam bisa lakukan aktivitas penelitian-penelitian yang dikerjakan bisa mengembangkan serta mengungkap potensi sumberdaya hayati laut yang ada dalm satu perairan, terlebih pengetahuan biologi, geologi, arkeologi serta kelautan yang lain.
Dari uraian tersebut, penyelam tak hanya bisa menyalurkan hobby serta kesenangan, ia lalu bisa jadi seorang penyelam yang profesional embangkan profesinya cocok dengan bidang pengetahuan yang disandangnya.

Susahkah menyelam scuba ?

Sesudah mengetahui manfaat selam scuba pertanyaan yang dapat nampak yaitu, sulitkah menyelam itu ?, kata orang menyelam itu gampang saja, tinggal gunakan masker, snorkel serta fin dan tabung oksigen, lantas terjun kalaut. lalu kita telah dapat nikmati keindahan-keindahan pemandangan bawah laut yang ada didalamnya.

Kedengarannya, memanglah gampang, begitulah menurut teorinya. namun sebenarnya menyelam nyatanya tidak semudah yang pikirkan untuk umumnya orang. “kalau belum mempunyai persipan yang cukup, baiknya janganlah lah dulu segera coba-coba menyelam, sekurang-kurangnya mesti studi dulu bersnokelling. mengakibatkan dapat fatal”, tegas ir. yempita efendi. ms, pembina bung hatta diving club fakultas perikanan kampus bung hatta.

Peringatan tersebut bukan hanya sekedar hanya lelucon. menurut samsuardi alumni faperi th. 1996 atlet selam yang dapat turut memperkuat tim sumatera barat pada pon xv kelak, ada dua syarat mutlak yang tidak dapat ditawar-tawar lagi untuk mereka yang mempunyia ketertarikan menyelam atau snokelling di basic laut. pertama sekali mesti dapat berenang. itu lalu bukan hanya sebatas dapat berenang, sekurang-kurangnya seorang calon penyelam mesti dapat berenang tanpa henti sejauh 200 mtr..
syarat ke-2 mesti dapat mengapung dipermukaan ( water trappen ) sekurang-kurangnya 10 menit. ke-2 syarat ini, lanjut sam keduanya amat mutlak, karena kalu ke-2 perihal tersebut adalah basic aktivitas penyelaman, dikarenakan mustahil malakukan kegiatan penyelaman tanpa menguasai ke-2 basic tersebut.

Walaupun telah mencukupi syarat di atas calon penyelam juga mesti dibekali dengan pengetahuan yang cukup perihal seluk beluk penyelaman juga amat membahayakan lakukan penyelaman scuba” papar sam.

Syarat lain yang dapat lantas bekal lakukan penyelaman scuba pemula terlebih dulu mesti ikuti kursus basic hingga beroleh sertifikat menyelam. lamanya ikuti kursus amat relatif bergantung dari kesiapan calon peserta.

Namun, sebelum saat lakukan penyelaman di basic laut, seorang penyelam pemula baiknya terlebih dulu haruis melakukan latihan di kolam renang, hingga benar-benar menguasai tehnik-teknik basic penyelaman serta familiar dengan peralatan scuba.

Walupun seorang penyelam pemula sudah mempunyai sertifikat selam, penyelam pemula tidak bisa lakukan penyelaman di basic laut sendirian, sekurang-kurangnya mesti didampingi oleh seorang instruktur atau penyelam lain yang jam selamnya sudah banyak, di mana jarak ke-2 penyelam pemula dengan yang lebih senior/instruktur tidak berjauhan ( buddy )

Nah, apabila kriteria diatas dapat anda penuhi, kenapa tidak cobalah nikmati indahnya panorama basic laut ?.
namun beberapa wisatawan asing mesti menggunakan sekian ratus apalagi hingga beberapa ribu dollar untuk lakukan penyelaman di perairan kita yang tak ada di negaranya.

Namun kenapa perairan kita yang amat kaya dengan sumberdaya kelautan serta pemandangan bawah lautnya yang indah, justru kekurangan peminat dapat type olahraga ini ?

Pengertian Serta Type Penyelaman Scuba

Penyelaman scuba adalah satu aktivitas yang dikerjakan dibawah permukaan air, gunakn peralatan scuba untuk meraih satu tujuan spesifik. penyelaman scuba bisa dibedakan jadi sebagian type menurut kedalaman yakni :
  1. Penyelaman dangkal, yakni penyelaman dengan kedalaman pada 5 -10 meter
  2. Penyelaman tengah, yakni penyelaman dengan kedalaman pada 10 -30 meter
  3. Penyelaman didalam yakni lakukan penyelaman kian lebih 30 meter 
Type Penyelaman Menurut Tujuan Yang Akan Dicapai Bisa Dibedakan Diantaranya :

a ). Penyelaman untuk keperluan pertahanan serta keamanan negara diantaranya :

• penyelaman untukk tugas-tugas tempur
• search & rescuu ( sar )
• kontrol serta perbaikan di bawah air
• pengangkatan kapal tenggelam

b ). Penyelaman komersial. penyelaman ini dikerjakan oleh penyelam profesional untuk kepentingan-kepentingan layaknya konstruksi dibawah air, penambangan terlepas pantai, pengangkatan kapal tenggelam dan sebagainya.

c ). Penyelaman ilmiah ( scientific diving ), penyelaman ini dikerjakan untuk keperluan pengembangan ilmu dan pengetahuan bawah air, layaknya : penelitian-penelitian, biologi laut, geologi, kedokteran, arkeologi serta ilmu-ilmu kelautan yang lain.

d ). Penyelaman olah raga ( sport diving ), penyelaman olahraga dikerjakan untuk keperluan kesehatan serta wisata bahari.


sumber : sekolahselamdanrenangdibogor.blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger