Olahraga Air

Jumat, 26 Juli 20130 komentar

Pembentukan Fédération Internationale de NAtation ( FINA ) di th. 1908 lebih adalah jawaban dari meningkatnya arena olahraga internasional yang diawali dengan olimpiade. pada olimpiade modern pertama di th. 1896, tiga arena olahraga renang telah diselenggarakan. meskipun demikianlah belum ada kriteria serta peraturan-peraturan yang terus serta jelas.

Sebelum saat FINA terbentuk, olimpiade sudah mengadakan arena olahraga yang tidak biasa layaknya : renang dibawah air ( 1900 ), renang rintang 200m ( 1900 ) serta terjun dengan jarak spesifik ( 1904 ). sebagai sarananya, juga sudah dipakai kolam renang 100m, laut ( 1896 ), sungai seine ( 1900 ) serta danau kecil di st louis, Amerika ( 1904 ).

Pada tanggal 19 juli 1908 didalam acara games of the IV olympiad, beberapa pemimpin dari delapan negara peserta ( Jerman, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Inggris, Hungaria serta Swedia ) bersua di hotel manchester, London untuk mengulas peraturan-peraturan untuk olahraga tersebut serta membentuk komunitas untuk pertemuan-pertemuan internasional dan asosiasi renang internasional.

Prioritas serta tujuan lalu jadi jelas yakni untuk membakukan peraturan-peraturan olahraga renang, menyelam serta polo air ; menciptakan serta senantiasa diperbaharui rekor dunia ; menanggung tujuan dari arena olimpiade untuk renang, menyelam serta polo air.

Pencapaian luar biasa sepanjang 40 th. paling akhir terhitung, pengenalan kejuaran dunia pada th. ( 1973 ), piala dunia pertama ( 1979 ), pemunculan pertama renang cantik ( 1984 ), kejuaraan dunia renang jarak pendek ( 1993 ), kejuaran menyelam ( 1994 ), pemakaian teknologi terutama alat penghitung waktu elektronik ; serta perubahan cepat didalam penyusunan program yang terhitung didalamnya arena baru layaknya masters serta open water swimming.


  • Renang Indah
Renang indah tampak sebagai cabang olahraga yang sangat gampang tetapi nyatanya cabang olahraga ini memerlukan kemampuan, stamina, kelenturan, keanggunan serta artistik dan kekuatan luar biasa untuk mengendalikan pernafasan.

Tidak dibutuhkan alat-alat spesial untuk beberapa perenang tetapi bukan hanya bermakna gampang. mereka mesti lakukan gerakan-gerakan yang sukar didalam air sembari menahan nafas mereka. penjepit hidung dipakai untuk menghindar air masuk ke hidung serta bikin beberapa perenang dapat bertahan lebih lama dibawah air. gel spesifik dipakai pada rambut sampai rambut mereka tidak berantakan serta sedikit make-up tahan air. yang sangat utama yaitu speaker dibawah air agar beberapa perenang dapat mendengar musik saat mereka tengah menyelam.

Awal mulanya, lebih dikenla dengan balet air, renang cantik mulai diperkenalkan di kanada pada th. 1920an. lantas menyebar sampai ke Amerika pada th. 30an serta mulai dipertontonkan pada masyarakat pada th. 1934 di Chicago world fair yang lantas menyebabkan banyak komentar positif. olahraga ini makin populer saat Esther williams ( aktris serta perenang ) tampak dengan diiringi orchestra mgm dengan judul aqua musicals pada th. 40-50an.

Dari th. 1948-1968, renang cantik cuma dipertunjukan didalam olimpiade. baru pada th. 1984 di Los angeles, mulai dipertandingkan. cabang olahraga ini diperuntukan cuma untuk wanita saja dengan dua kelompok : duet serta tim. ke-2 kelompok terhitung kelas bebas serta kelas tehnis, tiap-tiap diiringi dengan musik serta dibatasi oleh waktu.

  • Renang
Cabang olahraga ini sudah alami banyak perubahan sejak baru dipertandingkan di th. 1896, layaknya : pengaturan suhu, kolam renang 50m, parit penghancur ombak, garis pemisah yang dirancang spesial untuk kurangi turbulensi. pada olimpiade awal, dari teluk zea ( 1896 ), sungai seine, paris ( 1900 ) sampai kolam renang 100m yang dibangun di jalur atletik ( 1908 ) sudah dipakai sebagai fasilitas untuk cabang olahraga ini.

Cabang olahraga ini mulai dipertandingkan untuk kelompok wanita pada olimpiade th. 1912. sejak itu, baik pria serta wanita tiap-tiap dapat berlomba didalam 16 arena. terhitung didalamnya yaitu empat style dengan jarak spesifik. style bebas terhitung 50, 100, 200, 400, 800 ( spesial wanita ), 1500 ( spesial pria ), 10. 000 mtr.. untuk style kupu-kupu, style punggung serta style dada tiap-tiap 100 serta 200 mtr..

Didalam sekali pertandingan, optimal perenang berjumlah delapan. peserta untuk babak penyisihan sampai final dapat ditentukan menurut waktu yang tercepat. untuk kelas estafet serta perseorangan delapan peserta dengan catatan waktu paling baik dapat dengan otomatis maju ke final.
  • Menyelam
Nyaris satu abad yang lantas, olahraga menyelam masuk sebagai arena baru yang diperlombakan. program sampai pada th. 1996 lalu tidak beralih sekalipun dari program th. 1924. pada olimpiade Sydney th. 2000, diperkenalkan kelompok selam berpasangan.


Menyelam sendiri mulai berkembang di Eropa abad 17, saat beberapa pesenam berlatih akrobat mereka didalam air. menggabungkan keindahan dengan olahraga serta keberanian, beberapa atlet terjun dengan kecepatan 55 km per jam, perihal tersebut jadi arena yang menarik didalam olimpiade. pada th. 1988, Greg louganis dari Amerika yang dikira sebagai penyelam paling baik selama histori olahraga air, memperoleh luka dibagian kepala sesudah membentur papan loncat saat lakukan loncatan. Louganis lalu memenangkan emas sesudah terima sebagian jahitan.

Peserta lakukan sebagian lompatan dengan nilai dari 1 - 10, sistem penilaian bergantung pada keanggunan serta keahlian peserta. nilai-nilai tersebut dapat sesuai menurut tingkat kesusahan, jumlah serta type manuver yang dikerjakan layaknya salto satu 1/2 kali dengan putaran tiga 1/2 kali adalah di antara maneuver yang sangat sukar untuk dikerjakan. penilaian dikerjakan menurut jarak dari papan loncat ke kolam, kecepatan putaran serta cara terjun ke permukaan air.
  • Polo Air
Polo air untuk kelas wanita baru dipertandingkan pada olimpade Sydney th. 2000. pemain dilarang untuk menyentuh dasar maupun tepian kolam sepanjang empat sesi pertandingan dengan tiap-tiap sesi sepanjang tujuh menit. beberapa atlet harus mempunyai tehnik serta ketahanan tubuh layaknya halnya perenang profesional ; kekuatan mengoper, mendribel serta akurasi layaknya pemain bola ; serta kemampuan layaknya pemain rugby untuk memperebutkan bola.

Apalagi polo air diperkenalkan sebagai rugby versi air pada pertengahan abad 18 di Inggris. pada abad setelah itu, olahraga ini jadi makin popular di Eropa serta amerika utara. lantas jadi program terus didalam olimpiade 1900 di paris. umumnya atletnya tinggi serta memiliki lengan yang panjang. saat didalam permainan, 85% dari tubuh perenang ada didalam air.

Untuk kelompok wanita cuma ada delapan tim yang berkompetisi namun untuk kelompok pria ada 12 tim. untuk kelompok pria, tim yang lolos kwalifikasi dapat dibagi jadi dua grup dengan tiap-tiap terdiri dari enam tim serta ke-2 grup tersebut dapat saling menyisihkan dengan sistem round-robin. empat tim paling atas dapat maju ke babak perempat final. pemenang dari babak tersebut dapat maju ke babak perebutan medali. namun untuk kelompok wanita, seluruh timyang ada dapat memainkan babak penuh dengan sistem round-robin, serta empat tim paling atas dapat maju ke babak semifinal. dua tim yang gagal maju dapat ditetapkan sebagai pemenang kelima serta keenam.

sumber : olympic.or.id
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger