Perihal Olahraga Renang Didunia

Rabu, 31 Juli 20130 komentar

Renang sudah dikenal sejah zaman pra-sejarah. dari gambar-gambar yang datang dari zaman batu diketahui ada gua-gua untuk beberapa perenang di dekat wadi sora sebelah barat daya mesir. di jepang, renang yaitu kekuatan yang perlu dimiliki oleh beberapa samurai. histori mencatat, pertandingan renang pertama diadakan oleh kaisar suigui pada 36 sebelum saat masehi.




Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara sudah diawali di eropa lebih kurang th. 1800 serta beberapa besar memakai gaya dada. renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh arthur trudgen. gaya ini lantas mulai digabungkan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard cavill pada 1902. di abad pertengahan, renang terhitung didalam tujuh kemahiran yang perlu dimiliki oleh beberapa ksatria terhitung berenang membawa senjata.

Olahraga renang pertama kali dipertandingkan didalam olimpiade modern 1896 di Athena, Yunani. pada olimpiade ini, cuma empat nomer yang dipertandingkan dari gagasan awal mulanya enam nomer. tiap-tiap yaitu nomer 100 mtr., 500 mtr., 1. 200 mtr., nomer bebas, serta 100 mtr. untuk beberapa pelaut. olimpiade ke-2 diadakan di paris, prancis pada 1900 serta mempertandingkan nomer 200 m, 1. 000 m, 4. 000 m, nomer bebas, 200 m style dada, serta 200 m nomer beregu.

Persatuan renang internasional ( federation internationale de natation de amateur/FINA) dibentuk th. 1908 awal mulanya mengambil keputusan, gaya kupu-kupu yaitu variasi gaya dada. gaya ini baru jadi gaya terpisah di th. 1952. wanita baru diperkenankan turut pertandingan renang pada olimpiade 1912 di Stockholm, Belanda.

Gaya bebas, yang lantas dimaksud the trudgen, diperkenalkan pada th. 1973 oleh John arthur trudgen, menirunya dari orang amerika asli. renang jadi sisi dari pertandingan olympiade modern yang pertama th. 1896 di atena. pada th. 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard cavill, memakai sentakan mengibas. pada th. 1908, asosiasi renang sedunia, federasi renang amatir international ( FINA/ federation internationale de natation de amateur ) dibentuk. gaya kupu-kupu pertama kali adalah variasi dari gaya dada, hingga selanjutnya ia di terima sebagai gaya yang terpisah pada th. 1952.

Jaman Olimpiade Modern Sesudah th. 1896

Pertandingan olimpiade dilangsungkan pada th. 1896 di athena. persaingan spesial kaum pria ( tengok juga renang pada olimpiade musim panas 1896 ). enam pertandingan sudah direncanakan, tetapi cuma empat yang benar-benar diadakan : 100 m, 500 m, serta 1200 m gaya bebas serta 100 m untuk pelaut. medali emas pertama dimenangkan oleh alfred hajos dari Hungaria dengan catatan waktu 1 :22. 20 untuk 100 m gaya bebas.

Hajos juga memenangkan pertandingan 1200 m, serta tidak dapat memenangkannya pada 500 m, di mana dimenangkan oleh paul neumann dari australia. persaingan renang yang lain dari 100 m untuk beberapa pelaut terhitung tiga pelaut Yunani di teluk zea dekat piraeus, diawali dengan perahu dayung. pemenangnya yaitu ioannis malokinis dengan catatan waktu dua menit serta 20 detik. perlombaan 1500 m juga diselenggarakan.

Pada th. 1897 kapten henry sheffield bikin kaleng penyelamat atau silinder penyelamat, yang saat ini dikenal sebagai alat bantu penyelamat di baywatch. sisi ujungnya membuatnya meluncur lebih cepat dipermukaan air, walau itu bisa mengakibatkan cidera. pertandingan olimpiade ke-2 dikerjakan di paris th. 1900 menampilkan 200 m, 1000 m, serta 4000 m style bebas, 200 m gaya punggung, serta 200 m perlombaan beregu ( tengok juga renang pada olimpiade musim panas th. 1900 ).

Ada dua tambahan pertandingan renang yang tidak biasa ( walau cukup umum pada saat itu ), kendala proses renang di sungai seine ( berenang berbarengan arus ), serta perlombaan renang di dalam air. 4000 m gaya apa saja dimenangkan oleh john arthur jarvis dengan catatan waktu di bawah satu jam, perlombangan renang olimpiade terpanjang yang dulu diselenggarakan. gaya punggung juga diperkenalkan pada pertandingan olimpiade di paris, demikianlah juga halnya dengan polo air. klub renang osborne dari Manchester mengalahkan team klub dari Belgia, Perancis serta jerman dengan amat gampang.

Gaya trudgen dikembangkan oleh guru renang serta perenang Australia keturunan Inggris bernama Richard ( fred, frederick ) cabill. layaknya trudgen, dia mencermati masyarakat asli dari kepulauan Dolomon, memakai gaya bebas. tetapi tidak sama dengan trudgen, dia lihat tendangan mengibas, serta mempelajarinya dengan seksama. dia memakai sentakan mengibas yang baru ini daripada gaya dada atau tendangan menggunting dari trudgen.

Dia memakai gerakan ini pada th. 1902 di kejuaraan internasional di Inggris untuk menciptakan rekor dunia yang baru dengan berenang di luar gaya yang dikerjakan oleh seluruh perenang trudgen pada 100 yard dengan catatan waktu 0 :58. 4 ( sebagian sumber menyebutkan bahwa itu yaitu anaknya didalam catatan waktu 0 :58. 8 ). dia mengajarkan gaya ini pada keenam anaknya, tiap-tiap kedepannya jadi perenang kejuaraan.

Tehnik jadi dikenal sebagai gaya bebas Australia sampai th. 1950, saat ia diperpendek jadi gaya bebas saja, dengan tehnik dikenal sebagai front crawl. olimpiade th. 1904 di st. louis meliputi perlombaan 50 yard, 100 yard, 220 yard, 440 yard, 880 yard serta satu mil style bebas, 100 yard style punggung serta 440 yard style dada, serta 4*50 yard gaya bebas beranting ( tengok juga renang olimpiade musim panas th. 1904 ).

Perlombaan ini membedakan pada gaya dada dengan gaya bebas, hingga saat ini ada dua gaya yang ditetapkan ( gaya dada serta gaya punggung ) serta gaya bebas, di mana beberapa besar orang berenang dengan gaya trudgen. perlombaan ini juga melukiskan persaingan untuk lompat jauh, di mana jarak tanpa berenang, sesudah melompat kedalam kolam renang diukur.

Pada th. 1907 perenang Annette kellerman dari Australia berkunjung ke Amerika serikat sebagai penari balet didalam air, versi lain dari penyelarasan renang, menyelam kedalam tangki gelas. dia ditangkap dikarenakan mempertontonkan perihal yang tidak sopan, di mana pakaian renangnya memperlihatkan lengan, kaki serta leher.

Kellerman mengubah pakaian renangnya jadi berlengan panjang, celana yang lebih panjang, dan kerah, tetapi terus menjaga baju ketatnya yang memperlihatkan wujud tubuh di bawahnya. dia lantas membintangi sebagian film, di antaranya perihal kehidupan pribadinya. pada th. 1908, asosiasi renang dunia federasi renang amatir internasional ( FINA/federation internationale de natation de amateur ) dibentuk.

Bersamaan dengan perubahan olahraga renang, renang makin popular. pengagum renang makin jadi tambah. apalagi, kerapkali anak-anak diajarkan renang pada umur amat awal.

sumber : pandri-16.blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger