Tips Renang Style Kupu-Kupu ( Butterfly Stroke )

Minggu, 21 Juli 20130 komentar

Renang Style Kupu-Kupu ( Butterfly Stroke ) adalah style yang sangat sulit serta memerlukan waktu untuk dipelajari :


1. Gerakan Tangan
  • Posisi awal, ke-2 tangan lurus diatas kepala ( ke-2 telapak tangan berdekatan, namun tak perlu melekat satu dengan yang lain )
  • Lantas tarik ke-2 tangan ke bawah dengan berbarengan. terus tarik hingga ke belakang.
  • Lantas angkat ke-2 tangan dengan berbarengan keluar dari permukaan air serta ayunkan kembali depan
  • ulangilah langkah a – c di atas
Cermati :
Saat menjatuhkan tangan ke air, maka seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu ( telapak tangan agak menghadap ke luar )

2. Gerakan Kaki
  • Posisi awal, kaki serta paha dengan posisi lurus. dengkul tidak bisa ditekuk. juga ke-2 telapak kaki didalam posisi agak berdekatan ( agak rapat ) satu sama yang lain.
  • Lantas gerakkan ke-2 kaki dengan berbarengan sedikit ke atas permukaan air
  • Lantas jatuhkan ke dua kaki dengan berbarengan ke bawah, hingga memunculkan dorongan ke depan. serta pinggul dapat terdorong serta naik ke depan. ulangilah langkah b – c di atas
Cermati :
Sepanjang lakukan gerakan ini, kaki serta paha mesti senantiasa dengan posisi lurus. dengkul tidak bisa ditekuk.
ke-2 telapak kaki didalam posisi agak berdekatan ( agak rapat ) satu sama yang lain.
juga pinggul/pantat agak bergerak ke atas, hingga dapat berikan style dorong ke depan yang semakin besar. lantas kemampuan sesungguhnya yaitu di gerakan pinggul, bukan hanya di kaki

3. Gerakan gabungan tangan, kaki & mengambil nafas

gerakkan kaki layaknya pada point 1 diatas. lantas gerakkan ke-2 tangan ke bawah dengan berbarengan. pada saat gerakan tangan ke bawah inilah waktu kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas.
gerakan kaki serta tangan dikerjakan bergantian.


 Tips :
  1. Awalannya barangkali anda cuma kuat 1/2 lebar kolam. teruskan berlatih. janganlah cemas dikarenakan memanglah style ini yang sangat berat. makin kerap anda berlatih, maka anda dapat makin bisa apabila dirasa terlampau berat, anda dapat mengawali studi dengan lakukan 2 set gerakan kaki, baru lantas diikuti 1 set gerakan tangan.
  2. Sesudah cukup lancar, maka mulai perbaikilah style ini memperbaiki start awal style kupu. kepala ditekuk agak ke bawah ( dagu agak melekat ke dada ) serta gerakkan pinggul lebih dulu, hingga kaki terangkat serta lecutkan/tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh barangkali ke belakang. gerakan kaki janganlah dikerjakan dijalankan terlalu berlebih. sesudah itu baru gerakkan tangan. Selanjutnya, gerakan kaki senantiasa diawali dari pinggul. untuk menolong gerakan pinggul agak naik ke atas, kepala dapat ditekuk ke bawah ( dagu agak ditempelkan ke dada ).
  3. Posisikan tubuh senantiasa di permukaan air, janganlah terlampau didalam.
  4. Supaya lebih cepat serta gerakan lebih stabil, kerjakan 2 - 3 set gerakan kaki serta tangan baru lantas menaikkan kepala untuk mengambil nafas.
  5. Peluang kepala untuk naik ke atas permukaan air amatlah sedikit serta sebentar ( tidak layaknya style dada ), dikarenakan itu gunakanlah sebaik-baiknya.
  6. Saat kepala tengah tidak ke atas permukaan air untuk bernafas, yakinkan posisi dagu agak melekat ke dada. ini dapat menambah daya luncur style kupu jadi lebih kuat.
  7. Kerapkali pada saat tangan ada didalam air, gerakan tangan membentuk layaknya huruf s. perihal ini ditujukan untuk berikan dorongan yang lebih kuat ke depan. namun ada juga pelatih yang mengajarkan gerakan tangan biasa saja, hingga gerakan tangan dapat lebih cepat serta jumlah gerakan tangannya semakin banyak. ini terserah anda !
sumber : allabout-swimming.blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger