10 Tips Belajar Diving

Jumat, 19 Juli 20130 komentar

Aktivitas diving / menyelam scuba tidak bisa dipungkiri sekarang ini semakin popular di kelompok umur penduduk indonesia. perihal ini cukup beralasan dikarenakan indonesia memiliki area diving yang indah serta keren layaknya raja ampat, bunaken, lembeh, derawan, weh, komodo, alor, wakatobi, bali serta ada banyak lagi. olahraga air yang mengasyikkan namun juga cukup beresiko.


Agar bisa ikuti aktivitas diving dengan safe, mengasyikkan serta bebas dari kecelakaan, di bawah ini sebagian tips atau saran waktu anda studi diving :

  1. Ikutilah pelatihan diving / menyelam untuk memperoleh sertifikat diving anda sebelum saat turut dan didalam penyelaman scuba. janganlah sekali-kali coba menyelam scuba tanpa ikuti pelatihan selam serta memperoleh sertifikat terlebih dulu ! bila anda tidak meyakini, anda dapat coba discover scuba diving atau pengenalan diving di kolam renang dibawah pengawasan seorang instruktur diving. janganlah coba dengan dengan rekan anda yang bukan hanya instruktur, dikarenakan dapat menyebabkan fatal.
  2. Periksakan kesehatan anda sebelum saat anda lakukan aktivitas ini. kontrol yang perlu dikerjakan meliputi kesehatan paru-paru tht, tekanan darah dan seterusnya. yakinkan anda cukup fit untuk diving. bila anda mau tahu lebih detil apa saja yang perlu dibawa, tanyakan pada instruktur anda. umumnya instruktur dapat berikan lembar daftar pertanyaan yang menyangkut kesehatan anda. untuk lokasi indonesia, kontrol ke dokter tidaklah harus, namun tak ada salahnya anda memeriksakan diri. baca artikel berkenaan di siapkah anda diving ?
  3. Yakinkan anda dapat berenang. anda dapat diminta tunjukkan kenyamanan anda di air ( watermanship ) pada waktu anda mengawali kursus di kolam renang. umumnya berbentuk berenang 200 mtr. tanpa henti ( waktu tidak ditentukan ) serta mengambang atau survival float sepanjang 10 menit. perihal ini dapat amat menolong anda didalam sistem studi skill atau kekuatan yang harus dikuasai oleh seorang penyelam. lantas yakinkan anda dapat berenang. beberapa orang bialng, untuk jadi penyelam tak perlu berenang, perihal itu tidaklah benar. dikarenakan seorang penyelam bersertifikat yaitu penyelam mandiri atau independent serta dapat menyelam dengan penyelam lain tanpa didampingi pemandu atau instruktur. bagaiman jika anda tidak dapat berenang ?
  4. Sesudah anda lulus serta memperoleh sertifikat diving, janganlah menyelam di area – area yang beresiko, layaknya area yang berarus kuat atau shipwreck ( reruntuhan kapal tenggelam ). menyelamlah pada area penyelaman yang sama dengan situasi pada waktu anda di latih. bila tidak meyakini, yakinkan anda dipandu oleh pemandu yang tahu persis lokasi penyelaman. pendidikan diving kelanjutan serta pengalaman dibutuhkan untuk menyelam di tempat-tempat layaknya itu.
  5. Janganlah dulu menyelam sendirian. anda mesti ditemani seorang buddy ( mitra selam ) pada waktu diving. perihal ini mutlak bila berlangsung problem sepanjang penyelaman, buddy anda akan menolong anda. menyelam dengan buddy dapat lebih safe, nyaman serta mengasyikkan, terlebih buddy yang telah saling kenal kekuatan menyelamnya. lantas yakinkan penyelam lain akan lantas buddy anda, dikarenakan anda mempunyai skill, pengalaman serta seorang penyelam bertanggung jawab. : )
  6. Dengarkan pengarahan serta ikuti aturan yang didapatkan dari pemandu diving anda. yakinkan pemandu anda yaitu seorang divemaster atau insturktur yang bersertifikat. cuma orang – orang inilah yang memiliki hak memandu anda, dikarenakan mereka telah melalui kursus serta mempunyi pengalaman didalam kegiatan penyelaman.
  7. Cermati situasi cuaca sebelum saat menyelam. yakinkan cuaca cukup cerah, ombak serta gelombang tidak terlampau tinggi, hingga anda tidak mabuk laut pada waktu ada di permukaan.
    jagalah kulit anda dengan sunscreen / sunblock. cermati kandungan bahan yang ada didalamnya. carilah type yang ramah lingkungan. perbanyak minum air putih, jauhi kopi atau teh terlebih alkohol tubuh anda dapat memerlukan banyak air. jauhi dehidrasi.
  8. Andalah yang bertanggung jawab atas peralatan yang anda pakai. periksa peralatan selam anda ! terutama bila anda menyewa peralatan selam tersebut. yakinkan seluruh peralatan scuba diving terpasang dengan benar serta bekerja dengan tentunya. serta kerjakan pre dive check dengan buddy anda sebelum saat lakukan penyelaman.
  9. Cermati dengan seksama sekeliling anda sebelum saat naik ke permukaan. dengarkan adakah speed boat yang dapat melintas. jet ski yang melaju kencang juga adalah ancaman serius untuk kepala anda. pakai surface signalling device atau smb atau gunakan bendera di area anda menyelam.
  10. Sesudah anda ada didalam air, jaga tangan anda ! janganlah menyentuh atau memegang makhluk laut yang indah dilihat meskipun anda kenakan gloves. pemakaian gloves ( sarung tangan ) bukan hanya untuk memengang karang atau ikan, namun membuat perlindungan tubuh dari air yang dingin, atau terpapar cahaya matahari.


Bila sangat mungkin, lanjutkan pendidikan selam / scuba diving anda ke jenjang yang lebih tinggi atau ikuti kelas spesialisasi layaknya penyelaman didalam atau fotografi bawah laut cocok dengan minal anda.

Semoga Bermanfaat... :)


sumber : scuba-mania. com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger