8 Lokasi Menyelam Paling Baik Di Indonesia

Jumat, 30 Agustus 20130 komentar

Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi kian lebih 5 juta mtr. persegi air. tidak mengherankan bila beberapa ribu spesies bawah laut menghuni lautan indonesia. dengan kekayaan serta keindahan alam yang luar biasa, indonesia sudah populer ke semua penjuru dunia dengan kekayaan baharinya. lautan adalah object wisata yang tidak dulu habis untuk digali keindahannya, terlebih untuk beberapa penyelam ( diver ). di bawah ini yaitu tempat-tempat terindah di Indonesia yang layak untuk dikunjungi untuk anda yang mempunyai hobi menyelam ( diving ).

1. Pulau Bintan, Riau

Kepulauan bintan yaitu di antara tempat tujuan wisata di Pulau Sumatera. terdapat di provinsi Riau, kepulauan bintan mempunyai daya tarik wisata berbentuk ketenangan serta keindahan pemandangan pantai pasir putih dengan perairan laut yang jernih dan keanekaragaman kehidupan bawah laut yang menawan. disamping itu, kekayaan sumberdaya hayati pesisir serta pulau-pulau kecil di kabupaten bintan jadi daya tarik wisata bahari. di lokasi ini bisa didapati rimba mangrove, lamun, terumbu karang serta tempat penangkaran penyu.

2. Bunaken, Sulawesi Utara

Terdapat di Manado, Sulawesi Utara, Bunaken yaitu lokasi taman laut nasional dikarenakan mempunyai keanekaragaman hayati sangat tinggi didunia serta terdapat di segitiga terumbu karang. taman laut bunaken mempunyai 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang beragam sampai 1. 344 mtr., tetapi cuma 12 titik yang sangat kerap dikunjungi oleh beberapa diver serta penggemar wisata bawah laut. beberapa besar dari 12 titik penyelaman di pulau bunaken berjajar dari sisi tenggara sampai barat laut pulau tersebut. di lokasi inilah terdapat underwater great wall atau dinding karang raksasa. dinding karang inilah sebagai sumber makanan untuk ikan-ikan yang hidup di perairan lebih kurang pulau bunaken. taman laut bunaken juga dulu mencatatkan rekor baru didalam kelompok penyelam terbanyak ( 2861 penyelam ) yang diberi nama “sail bunaken” serta memperoleh pujian dari beberapa penyelam dari semua dunia.

3. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Nama pulau Derawan barangkali ada banyak yang belum mendengarnya, tetapi di untuk kelompok umur diver lokasi ini adalah di antara alternatif area menyelam yang indah. kepulauan derawan terdapat di kabupaten berau, kalimantan timur. di kepulauan inilah ada sebanyak object wisata bahari yang mempesona, di antaranya yaitu taman bawah laut yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara terlebih beberapa penyelam kelas dunia. di lokasi inilah ada sebagian ekosistem pesisir serta pulau kecil yang amat mutlak, yakni terumbu karang, padang lamun serta rimba bakau ( rimba mangrove ). disamping itu banyak ada spesies dilindungi layaknya penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, keram kelapa, dutung, ikan barakuda serta sebagian spesies yang lain.

4. Karimun Jawa, Jateng

Karimunjawa yaitu di antara lokasi wisata Bahari sangat indah di Pulau Jawa. terdapat didalam lokasi kabupaten Jepara, kepulauan karimunjawa terdiri dari 27 pulau, serta cuma 5 pulau yang dihuni oleh masyarakat. di area ini ada 30 lokasi menyelam dengan terumbu karang yang indah serta biota laut layaknya ikan damsel, ikan napoleon, beragam type kima dengan kedalaman 5 sampai 40 mtr.. kepulauan karimunjawa sudah jadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan beragam sarana akomodasi dimulai dari homestay sampai resort mewah.

5. Pulau Komodo, Flores

Pulau komodo mulai ramai dibicarakan sejak masuk sebagai finalis new seven wonders of nature. lokasi ini populer dengan habitat asli spesies hewan komodo yang populer didunia serta juga ditetapkan sebagai lokasi taman nasional. pulau komodo terdapat di kepulauan nusa tenggara serta mempunyai lokasi diving sangat indah di indonesia. apalagi pulau ini mempunyai julukan “paradise underwater” oleh beberapa diver yang dulu berkunjung ke area ini. disinilah ada pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna menakjubkan dan keanekaragaman hayati yang bikin pulau komodo sebagi sisi dari legenda yang terus mesti dijaga.

6. Nusa Penida, Bali

Nusa penida terdapat di sebelah Selatan tenggara Bali serta dipisahkan oleh selat Badung. di dekat pulau indah ini juga ada pulau-pulau kecil yang lain yakni nusa ceningan serta nusa lembongan. di lokasi perairan pulau nusa penida populer dapat lokasi selamnya salah satunya yaitu penida bay, manta point, batu meling, batu lumbung, batu abah, toyapakeh serta malibu point. disamping itu, nusa penida adalah “museum” rumput laut langka didunia. rumput laut type spinosum, adalah spesies tumbuhan perairan langka, yang di Indonesia cuma ada di lokasi pantai nusa penida.

7. Raja Ampat, Papua

Bila kita mendengar nama raja ampat, bayangan kita tentunya yaitu sesuatu area dengan keindahan yang mempesona. raja ampat terdapat di provinsi papua barat serta adalah di antara lokasi menyelam terindah di Indonesia dengan keanekaragaman hayati terlengkap didunia. raja ampat terdiri dari 1. 500 pulau yang tersebar di barat laut papua. ada 1. 500 type spesies ikan, 700 type moluska, 500 type karang dengan luas lokasi 4, 6 juta hektar. apalagi menurut the nature conservancy and conservation international, ada 75% spesies dunia menghuni pulau ini.

8. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Di antara keindahan Bahari yang terdapat di Sulawesi Tenggara, Wakatobi adalah lokasi yang harus dikunjingi beberapa penggemar diving. tak hanya populer dengan wisata lautnya terindah di Indonesia, Wakatobi juga adalah lokasi taman nasional yang dilindungi. di area ini ada 750 spesies koral serta biota laut dari 850 spesies yang ada didunia. nama Wakatobi adalah singkatan dari empat pulau besar, yakni wangi-wangi, kaledupa, tornia serta Binongko.

sumber : mobgenic.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger