Histori Selam

Rabu, 07 Agustus 20130 komentar

Pertama-tama marilah kita pelajari dulu apa makna kata dari selam itu sendiri :)



Selam atau menyelam berarti bertahan dibawah air. didalam pengertian cabang olahraga, selam bisa dikategorikan seperti berikut :

* Menyelam tanpa alat bantu pernapasan, contohnya snorkeling serta selam bebas( free diving )
* Menyelam dengan alat bantu pernapasan, contohnya selam scuba serta surface supplied diving

Saat ini kita ulas yang masalah snorkeling sama free diving dulu agar lebih jelas gitu maksudnya :

Selam-Bebas ( Free Diving ) adalah sesuatu olahraga air, dimasukan sebagai olahraga ekstrim, dimana penyelam coba meraih kedalaman tanpa pertolongan alat pernafasan.

Perlombaan selam bebas umumnya dibagi jadi tiga kelompok : Statik, Dinamik serta Kedalaman.

Statik apnea yaitu menahan nafas serta umumnya dikerjakan di kolam renang.

Dinamik apnea yaitu renang bawah air untuk terlalu jauh serta mempunyai sub-kategori untuk perenang dengan atau tanpa sirip. persaingan ini umumnya dikerjakan di kolam.

Kedalaman mempunyai empat sisi :
  1. Persaingan berat konstan untuk renang-sendiri ke kedalaman maksimum, beban atau garis tidak diperbolehkan. kelompok ini juga dibagi jadi untuk sirip serta tanpa sirip.
  2. Persaingan free immersion untuk renang-sendiri ke bawah serta ke atas cocok garis serta untuk meraih kedalaman maksimum
  3. Persaingan variable weight memakai “sled” pemberat untuk turun serta naik gunakan tali.
  4. Persaingan no limits mengijinkan penyelam untuk turun dengan “sled” pemberat serta naik dengan alat pengontrol pengambangan, umumnya kantung diisi hawa dengan sesuatu “tether”.
Selam Scuba yaitu pemakaian alat pernapasan bebas untuk ada bawah air kurun waktu lama untuk penyelaman rekreasi serta penyelaman profesional. umumnya penyelam berenang dibawah air, tetapi jalan serta pemakaian kendaraan propulsi penyelam juga dimungkinkan. kata scuba adalah sesuatu akronim untuk “self contained underwater breathing apparatus”, namun sudah di terima sebagai kata yang menunjuk ke peralatan scuba.

Dua type peralatan scuba yaitu “sirkuit-terbuka” aqua-lung, dikembangkan oleh jacques cousteau serta “sirkuit-tertutup” rebreather.

Snorkeling ( Selam Permukaan ) atau Selam Dangkal ( Skin Diving ) yaitu aktivitas berenang atau menyelam enakan peralatan berbentuk masker selam serta snorkel. disamping itu, penyelam kerap kenakan alat bantu gerak berbentuk kaki katak ( sirip selam ) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Snorkel yaitu peralatan selam berbentuk selang berupa huruf J dengan pelindung mulut dibagian ujung sebelah bawah. alat ini berperan sebagai jalur masuk hawa saat bernafas dengan mulut tanpa mesti mengangkat muka dari permukaan air. panorama bawah air dapat dipandang sembari berenang dengan muka menghadap ke permukaan air serta bernafas melewati snorkel. penyelam dapat mengambil nafas dalam-dalam sebelum saat menyelam ke bawah air. penyelam scuba memakai snorkel untuk menghemat hawa didalam tabung pada saat berenang di permukaan air.

Aktivitas snorkeling dapat dikerjakan seluruh orang. penyelam yang tidak dapat berenang atau tidak dapat mengapung dapat kenakan pakaian pelampung. saat menyelam di air bersuhu rendah, penyelam menggunakan pakaian selam untuk melindungi tubuh dari kedinginan. disamping itu, pakaian selam adalah pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.

Tak hanya menguasai langkah bernafas dengan mulut melewati snorkel, aktivitas snorkeling tidak membutuhkan pendidikan spesial. pemula yang belum dulu lakukan snorkeling dapat mempelajarinya kurun waktu singkat dari pemandu selam. langkah kenakan masker, snorkel, serta kaki katak dapat dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau area penyewaan alat selam tepi'>di tepi pantai. meskipun demikianlah, layaknya halnya selam scuba, aktivitas snorkeling tidak untuk dikerjakan seorang diri, tetapi berbarengan rekan atau dengan berkelompok.

Snorkeling yaitu aktivitas rekreasi air yang popular, terlebih di resor pantai tropis serta lokasi selam scuba yang dangkal.
Penyelam dapat mengamati beragam macam flora serta fauna bawah laut, layaknya : terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, serta penyu. disamping itu, snorkeling juga dikerjakan orang di danau air tawar atau sungai.

Jarak Pandang

Di dalam dunia selam scuba ( scuba diving ) jarak pandang yaitu satuan kejernihan air untuk aktivitas menyelam. umumnya dinyatakan didalam satuan jarak layaknya mtr. serta feet. makin jauh jarak pandang kita pada saat menyelam, air makin jernih makin gampang untuk lihat objek selam, sebaliknya makin pendek jarak pandang, maka kita dapat alami kesusahan saat melakukan penyelaman. kelompok jarak panjang pada waktu menyelam yaitu :

* Baik yaitu di atas 20 mtr., umumnya ada di pulau yang jauh dari muara sungai yang besar layaknya di bunaken propinsi sulawesi utara
* Tengah pada 8 hingga 20 mtr., umumnya terdapat di pulau-pulau yang agak jauh dari muara sungai layaknya di kepulauan seribu
* Jelek kurang dari 8 mtr., umumnya ada pada pantai-pantai yang dekat dengan muara sungai besar, layaknya dipantai utara jawa.

Untuk sesaat sekian dulu ya pengertian dari selam. jika ada lanjutannya di lanjutin di lain peluang.

sumber :wikipedia (morroniceos)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger