Olahraga Renang Beserta Persiapan

Sabtu, 07 September 20130 komentar

Renang yaitu olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang didalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, serta gaya dada.
Fasilitas Serta Peralatan

Kolam Renang : Panjang kolam renang lintasan panjang yaitu 50m sesaat lintasan pendek 25m. didalam spesifikasi federasi renang internasional untuk kolam ukuran olimpiade ditetapkan panjang kolam 50m serta lebar kolam 25m. kedalam kolam minimum 1, 35 mtr., diawali dari 1, 0 m pertama lintasan sampai sangat sedikit 6, 0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok star. kedalaman minimum dibagian yang lain yaitu 1, 0 m.

Lintasan : Lebar lintasan palin sedikit 2, 5m dengan jarak palin sedikit 0, 2m di luar lintasan pertama serta lintasan paling akhir. tiap-tiap lintasan dipisahkan dengn tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan.

Pengkuran Waktu : Didalam perlombaan internasional atau perlombaan yang mutlak, papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang dikedua segi dinding kolam, tidak tipis papan sentuh ini cuma 1 cm.

Balok Star : Di tiap-tiap balok start ada pengeras nada untuk menyuarakan tembakan pistol start serta sensor pengukur waktu yang mengawali catatan waktu saat perenang meloncat dari balok start.

Nomer Perlombaan

Perlombaan renang terdiri nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh. nomor-nomor renang putra serta putri yang diperlombakan didalam olimpiade :

Gaya Bebas : 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m ( putri ), 1500 m ( putra )
Gaya Kupu-Kupu : 100 m, 200 m
Gaya Pungung : 100 m, 200 m
Gaya Dada : 100 m, 200 m
Gaya Ubah Perorangan : 200 m serta 400 m
Gaya Ubah Estafet : 4 kali 100 m
Gaya Bebas Estafet : 4 kali 100 m, 4 kali 200 m, marathon 10 km

Federasi Renang Internasional Mengakui Rekor Dunia Putra/Putri Untuk Nomor-Nomor Renang

Gaya Bebas : 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
Gaya Punggung : 50 m, 100 m, 200 m
Gaya Dada : 50 m, 100 m, 200 m,
Gaya Ubah perorangan : 100 m ( cuma lintasan pendek ), 200 m, 400 m
Gaya Bebas Astafet : 4 kali 100 m, 4 kali 200 m
Gaya Ubah Astafet : 4 kali 100 m

Pada olahraga air ini ada juga renang indah serta menyelam namun di situs (blog) ini saya cuma sharing tentang renang.

Tehnik Serta Gaya Renang

Gaya Dada : Gaya dada atau gaya katak yaitu berenang dengan posisi dada mengahadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari style bebas, batang tubuh senantiasa didalam situasi terus. situasi kaki menendang ke arah luar sesaat ke-2 belah tangan diluruskan di depan. ke-2 belah tangan dibuka kesamping layaknya gerakan membelah air supaya badan maju lebih cepat kedepan.

Gaya bebas : Gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah lengan dengan bergantian digerakan jauh kedepan dengan gerakan mengayun, sesaat ke-2 belah kaki bergantian dicambukkan naik turun keatas serta kebawah. pada saat berenang gaya bebas , posisi muka menghadap kepermukaan air. dibanding gaya lain gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

Gaya Punggung : Gaya punggung yaitu berenang dengan posisi punggung menghadap kepermukaan air. gerakan kaki serta tangan sama dengan gaya bebas, namun dengan posisi tubuh telentang dipermukaan air. ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakan menuju pinggang layaknya geraakan mengayuh. mulut serta hidung ada berada di luar air hingga gampang mengambil serta buang nafas dengan mulut atau hidung.

Gaya Kupu-Kupu : Gaya kupu-kupu yaitu di antara gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah lengan dengan berbarengan ditekan ke bawah serta digerakan ke arah luar sebelum saat diayunkan ke depan. sesaat ke-2 belah kaki dengan berbarengan menendang kebawah serta keatas layaknya seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung sebelum saat kepala nampak dari air, serta hawa dihirup melewati mulut saat kepala ada di luar air.

Dari sebagian gaya renang diatas, gaya renang yang sangat saya senang yaitu gaya punggung, dikarenakan menurut saya gaya punggu itu gampang dikerjakan serta didalam pernafasan lalu tambah baik dari gaya yang lain. namun gaya yang sukar saat ujian saya kerjakan yaitu gaga dada, dikarenakan gaya ini membutuhkan oksigen semakin banyak, kita menyelam nampak kepermukaan serta menyelam lagi, apalagi gaya ini dapat saya kerjakan agak namun lebih lambat dibanding teman-teman saya yang lain. namun kata dosen saya bukan hanya kecepatan namun kebenaran saat melakukan gaya renang tersebut.

sumber : Dewi Rara Sumiati
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger