Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Bebas

Rabu, 12 Maret 20141komentar

Teknik renang gaya memang melibatkan gerakan kaki secara bergantian ke atas dan ke dalam air, dipadukan gerakan tangan ke dalam air, ke belakangan, dan atas air.


Berenang merupakan olahraga yang paling mudah dan dapat menghilangkan stress. Maka dari itu, dengan banyaknya gaya berenang, teknik renang gaya bebas merupakan hal dasar yang harus dikuasai. Gaya ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, namun tidak sedikit orang menemukan bahwa gaya bebas ini merupakan yang lumayan sulit dibanding gaya renang yang lain.

Teknik renang gaya bebas sebenarnya tidak sulit dipelajari, hanya memerlukan koordinasi gerakan kaki dan tangan secara bergantian.

• Gerakan Kaki Bergantian Kedua kaki berada dalam posisi sejajar hampir di permukaan air. Kemudian digerakkan seperti berjalan pada normalnya, yaitu dengan cara digerakkan secara bergantian ke atas dan ke dalam air. Keadaan kaki dan paha harus dalam posisi lurus serta lututu yang tidak boleh ditekuk. Hal ini merupakan basic step dari teknik renang gaya bebas.

• Gerakan Tangan Gerakan tangan ini cukup mudah. Posisi awal dimulai dengan memposisikan kedua tangan lurus di atas kepala. Telapak tangan harus dalam posisi berdekatan namun tidak terlalu rapat. Setelah itu tarik tangan kiri ke dalam air hingga sejajar dengan badan atau hingga ke belakang. Tangan tersebut membuat gerakan lingkaran mulai dari permukaan air lalu ke dalam air, ke belakang, hingga keluar dari permukaan air. Ketika tangan diangkat dari permukaan air, gerakkan tangan kanan seperti tangan kiri.

Lakukan teknik ini bergantian dan jangan lupa dengan gerakan kaki. Dua teknik renang gaya bebas tersebut cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Teknik renang gaya bebas di atas hanya merupakan gerakan dasar yang wajib pada umumnya untuk diingat. Teknik tersebut menjadi dasar bagi anda untuk dapat menyeimbangkan badan dan mengatur pernafasan saat berenang. Hindari keram yang kemungkinan dapat terjadi jika anda tidak melakukan pemanasan sebelum berenang dengan gaya apapun.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 November 2015 16.38

makasih banyak sudah berbagi informasi mengenai teknik renang gaya bebas, sekarang bisa latihan mandiri nih

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger