Langkah Melakukan Teknik Renang Gaya Punggung

Rabu, 12 Maret 20140 komentar

Teknik renang gaya punggung dapat dilakukan dalam tiga langkah. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar sukses mempelajari teknik ini.


Teknik renang gaya punggung cukup digemari, yang ditandai dengan posisi punggung menghadap ke permukaan. Sepertinya cukup menantang, bukan?. Pada intinya gaya punggung ini hampir serupa dengan gaya bebas, hanya posisi tubuh saja yang telentang di permukaan air. Kemudian kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang.

Cara melakukan teknik gaya punggung

• Langkah 1: gerakan kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian seperti orang yang sedang berjalan. Hampir mirip dengan gaya bebas namun hanya berbeda dalam posisinya. Kaki digerakkan harus dengan gerakan yang lumayan cepat agar arah berenang tidak berbelok.

• Langkah 2; gerakan tangan dimulai dengan posisi satu tangan lurus di atas kepala yang kemudian dikayuh ke belakang menuju pinggang. Setelah itu diangkat keluar dari permukaan air dan dikembalikan ke posisi semula. Lakukan hal yang sama untuk tangan yang satunya secara bergantian.

• Langkah 3; langkah ini mengkombinasikan tangan, kaki dan gerakan untuk mengambil nafas. Untuk membuat gerakan maju ke arah goal atau finish line, gerakan tangan harus dihitung karena mata menghadap ke atas sehingga finish line atau tujuan akhir tidak terlihat. Gerakan kombinasi ini yang menjadikan teknik renang gaya punggung ini berhasil.

Tips melakukan teknik gaya punggung

Untuk mempelajari teknik renang gaya punggung, posisi kaki tidak boleh terlalu muncul ke permukaan, harus berada di dalam air beberapa sentimeter. Hal ini dapat menambah speed renang dan juga dapat menyeimbangkan kepala dan badan agar tetap di permukaan air. Telapak kaki pun harus diluruskan secara sempurna dengan posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya. Kemudian dagu harus didekatkan ke dada untuk menambah kecepatan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger