4 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Kecepatan Pada Saat Berenang Semakin Maksimal

Senin, 23 Juni 20140 komentar

Dalam survei terbaru menyebutkan jika olahraga renang masuk dalam 5 besar jenis olahraga yang paling diminati di dunia. Ada banyak sekali alasan mengapa olahraga sangat diminati. Alasan yang pertama adalah karena olahraga ini sangat simple dan menyenangkan. Banyak orang yang memilih melakukan olahraga ini dibandingkan olahraga lain karena sekarang ini sudah banyak fasilitas kolam renang yang dibuat. Sebelum mulai berenang Anda harus mengerti tehnik yang benar dalam berenang. Sebagian besar orang di Indonesia belum mengerti tehnik yang benar ketika berenang. Dibutuhkan latihan intens untuk bisa memahami tehnik tersebut dengan baik. Ketika seseorang sudah mengerti tehnik berenang dengan baik maka orang tersebut juga harus mengerti cara meningkatkan kecepatan pada saat berenang. Kecepatan berenang sangat penting khususnya bagi Anda yang ingin fokus untuk mengikuti lomba renang.

Kecepatan Pada Saat Berenang Semakin Maksimal

Cara pertama untuk meningkatkan kecepatan dalam berenang adalah dengan mengatur pernafasan yang baik. Pernafasan adalah hal yang penting dalam olahraga renang. Anda harus mengambil nafas dengan maksimal pada saat mulai masuk ke dalam air. Akan lebih baik jika Anda tidak perlu mengambil nafas hingga garis finish. Mengambil nafas pada saat lomba berlangsung akan membuat kecepatan menjadi menurun. Biasanya mengambil satu kali nafas hanya bisa dilakukan jika jarak tempuh pendek seperti 50 meter. Apabila jarak yang ditempuh cukup jauh lebih baik Anda mengambil nafas dengan cara menaikkan kepala. Anda dapat mengambil oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dengan sempurna jika menggunakan cara ini.
Cara kedua untuk menambah kecepatan pada saat berenang adalah dengan cara melakukan gerakan tangan dan kaki secara tepat. Anda harus melakukan gerakan tangan dan kaki secara teratur dan tidak panik. Gerakan kaki dan tangan pada saat berenang akan mendorong tubuh Anda untuk melaju lebih cepat. Agar Anda bisa menggerakkan kaki dan tangan secara tepat maka Anda harus melakukan pemanasan. Pemanasan memiliki fungsi untuk membuat otot kaki dan tangan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena kram.
Cara ketiga meningkatkan kecepatan pada saat berenang adalah fokus melihat ke depan. Pada saat lomba akan dimulai Anda harus melihat garis finish. Anda harus memandang garis finish tersebut dengan baik. Dan jika lomba sudah dimulai Anda bisa memacu kecepatan maksimal untuk menuju garis finish tersebut. Anda tidak usah melihat orang lain yang ada disekitar Anda karena jika Anda melihat orang lain akan membuat konsentrasi Anda menjadi menurun. Anda harus memahami jika olahraga renang membutuhkan konsentrasi tinggi.
Cara yang terakhir adalah dengan membentuk tubuh menjadi lebih lentur. Tubuh adalah bagian yang meluncur pada saat berenang. Apabila tubuh tidak lentur akan membuat gerakan tidak maksimal. Anda harus memastikan tubuh Anda sudah dalam posisi tepat pada saat berenang. Kesalahan kecil pada saat memposisikan tubuh akan menjadi masalah besar pada saat lomba renang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger