Benarkah Gaya Renang Tertentu Dapat Menambah Tinggi Badan?

Kamis, 26 Juni 20140 komentar

Ketika mendengar olah raga renang, tentunya yang akan dibayangkan yaitu kolam renang dan air. Olah raga air yang satu ini memang sudah ada sejak zaman dulu dan masih tetap ada sampai sekarang. Bahkan, sudah berkembang tidak hanya satu atau dua gaya renang saja, tapi juga banyak gaya yang diperlombakan dalam cabang olah raga renang. Banyak kabar mengatakan bahwa salah satu manfaat dari olah raga renang adalah dapat menambah tinggi badan, pertanyaannya adalah apakah benar? Jawabnya adalah benar, karena renang melatih hampir semua bagian otot pada tubuh.
Gaya Renang Tertentu Dapat Menambah Tinggi Badan

Otot utama yang dilatih dalam olah raga renang yaitu otot kaki dan otot perut. Latihan otot kaki inilah yang dapat membantu dalam menambah tinggi badan. Ketika melakukan renang, otot kaki akan banyak bergerak dan terjadi kontraksi. Jika gerakan renang yang dilakukan benar, Anda akan merasakan otot pada bagian pangkal paha bergerak dan berkontraksi. Inilah yang akan memicu pertumbuhan tinggi badan. Untuk menambah tinggi badan dengan cara berenang harus dilakukan dengan rutin dan terus menerus. Jika Anda hanya melakukannya sekali saja, maka tinggi badan tidak bisa bertambah. Agar menambah tinggi badan secara maksimal, minimal dilakukan latihan satu kali dalam seminggu.
Untuk menambah tinggi badan Anda juga harus selektif dalam memilih gaya renang. Semua gaya renang memang dapat menambah tinggi badan, tapi ada beberapa gaya yang dapat menambah tinggi badan secara maksimal. Gaya renang yang dapat menambah tinggi badan secara maksimal yaitu gaya dada atau gaya katak dan gaya kupu-kupu. Renang gaya dada lebih banyak mengandalkan gerakan kaki dan juga tangan. Ketika gerakan kaki melebar dan kemudian dilecutkan, inilah gerakan yang dapat menambah tinggi badan. Secara tidak langsung, otot akan berkontraksi dan tinggi badan dapat bertambah.
Jika gaya dada dirasa sulit untuk dilakukan, Anda bisa mencoba gaya punggung atau gaya bebas. Gerakan kaki pada gaya punggung dan gaya bebas pada dasarnya sama yaitu menendang-nendang air. Gerakan ini juga sangat efektif untuk menambah tinggi badan. Selain ketiga gaya renang yang sudah disebutkan, sebenarnya melakukan gerakan meluncur atau mengapung di air saja juga dapat menambah tinggi badan. Ketika mengapung atau meluncur, tentunya kaki akan senantiasa bergerak.
Untuk menambah tinggi badan secara maksimal dalam waktu yang singkat tidak cukup jika hanya mengandalkan renang saja. Maka dari itu, harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dan juga banyak konsumsi sayur dan buah. Tidak hanya asupan nutrisi saja yang penting, tapi juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Ini karena, pertumbuhan tulang terjadi ketika sedang tidur. Perlu diketahui juga tinggi badan bisa bertambah dengan maksimal pada anak usia 15 tahun dan akan sulit untuk bertambah lagi jika usia sudah 21 tahun keatas. Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhi tinggi badan seseorang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger