Cara Berenang Gaya Bebas Yang Benar

Senin, 23 Juni 20140 komentar

Anda pasti memahami jika olahraga memiliki banyak gaya yang umum digunakan pada sebuah kejuaraan. Salah satu gaya renang yang cukup diminati adalah gaya bebas. Walaupun banyak diminati tetapi belum banyak orang yang benar-benar memahami cara berenang gaya bebas. Semua gaya berenang memiliki tehnik khusus. Tehnik yang benar sangat dibutuhkan jika seseorang akan mengikuti lomba renang dimana dalam lomba renang tehnik yang dilakukan harus sesuai ketentuan yang ada. Pada uraian berikut akan dijelaskan cara berenang gaya bebas yang benar.

Cara Berenang Gaya Bebas

Dalam renang gaya bebas hal pertama yang harus Anda mengerti adalah dari segi gerakan kaki. Gerakan kaki yang benar adalah seperti pada saat berjalan kaki tetapi dengan ritme yang diatur dengan baik. Anda harus memastikan kaki dan paha berada dalam posisi yang sangat lurus. Posisi lutut juga harus lurus dan tidak bisa untuk ditekuk. Anda harus melakukan gerakan ini secara konsisten. Banyak orang yang mengatakan gerakan kaki ini adalah gerakan paling dasar untuk memahami gaya bebas.
Selain gerakan kaki Anda juga harus mengerti gerakan tangan. Dalam gaya bebas gerakan tangan yang ada di bagi menjadi 5 kategori. Kategori yang pertama adalah tangan berada dalam kondisi lurus diatas badan. Anda harus memastikan telapak tangan masih dalam posisi yang dekat dan tidak melekat. Setelah itu Anda dapat memposisikan tangan kembali ke atas kepala. Anda bisa menarik tangan kembali ke belakang dan angkat tangan tersebut. Pada saat berenang Anda harus mengangkat kedua tangan secara bergantian secara konsisten. Semakin cepat gerakan tangan yang Anda lakukan akan membuat kecepatan renang semakin maksimal.
Anda juga harus memastikan jari-jari tangan Anda selalu tertutup. Dengan jari-jari tangan yang tertutup akan membuat gerakan renang semakin cepat. Itu sangat berbeda jika Anda membiarkan jari-jari tangan merenggang dimana jari tangan yang merenggang akan mengurangi kecepatan dorongan. Dalam tehnik renang ini semua gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang merupakan gabungan antara gerakan kaki, tangan dan juga mengatur nafas. Pada saat mengambil nafas Anda lebih baik mengangkat kepala naik ke permukaan. Ketika kepala sudah naik Anda harus mengambil nafas secara maksimal. Anda juga bisa menggerakkan kepala agar nafas yang Anda miliki tetap bertahan lama walaupun di dalam air.
Semua cara yang sudah disebutkan harus Anda aplikasikan dengan baik. Apabila Anda mau melatih diri untuk memahami cara berenang gaya bebas yang baik maka dalam waktu yang cepat Anda bisa mengerti gaya ini. Latihan rutin memang Anda butuhkan agar semua penjelasan tersebut dapat Anda aplikasikan dengan baik. Semoga penjelasan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Selamat mencoba renang gaya bebas dengan cara yang benar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger