Cara Mengatur Pernafasan Pada Saat Berenang Yang Benar

Senin, 23 Juni 20140 komentar

Anda pasti tidak asing dengan olahraga renang. Olahraga yang satu ini memang banyak diminati. Tetapi tidak banyak orang yang pintar berenang. Ada banyak alasan mengapa banyak orang tidak bisa berenang. Alasan utama adalah karena orang tersebut tidak pernah belajar olahraga renang. Jika seseorang rajin belajar olahraga dapat dipastikan orang tersebut bisa berenang. Biasanya orang belajar berenang menggunakan banyak cara. Ada yang belajar mandiri ataupun belajar dengan mengundang pelatih. Cara belajar mandiri memang terkesan asal dan tidak menggunakan teknik latihan yang baik. Itu sangat berbeda dengan latihan yang didampingi oleh pelatih dimana latihan sudah pasti menggunakan tehnik yang baik dan sesuai aturan.
Cara Mengatur Pernafasan Pada Saat Berenang

Dalam belajar olahraga renang salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah dari segi pernafasan. Banyak orang yang berfikir jika olahraga renang hanya mengandalkan pernafasan. Anda harus mengerti jika olahraga renang tidak hanya mengandalkan nafas. Tetapi cara mengatur pernafasan dalam olahraga renang memang sangat penting. Jika seseorang salah dalam mengatur pernafasan saat berenang akan membuat banyak sekali masalah. Salah satu masalah yang muncul adalah kecepatan renang menjadi berkurang. Dalam lomba renang kecepatan adalah hal yang sangat penting. Jika seorang atlet salah dalam mengatur pernafasan akan membuat kecepatan menjadi kurang maksimal dan atlet tersebut tidak akan mendapatkan medali.
Cara mengatur pernafasan yang baik adalah dengan menyimpan banyak oksigen pada saat akan turun ke kolam renang. Pastikan kantong udara yang ada dalam paru-paru Anda penuh dengan oksigen. Cara yang satu ini memang sangat ampuh dan umum digunakan oleh atlet yang sudah berpengalaman. Dengan menyimpan banyak oksigen membuat atlet tersebut tidak usah terlalu banyak mengambil nafas pada saat berenang. Biasanya atlet yang sedang menjalankan lomba jarak dekat seperti 50 meter dan 100 meter selalu menggunakan cara ini.
Apabila Anda akan melakukan cara mengatur nafas diatas Anda harus memastikan bisa membuang nafas tersebut dengan baik. Anda bisa menghembuskan nafas langsung menggunakan hidung. Dengan menggunakan cara yang satu ini kecepatan berenang Anda akan stabil. Jika Anda tidak bisa menggunakan cara ini lebih baik Anda membuang nafas dengan cara menaikkan wajah ke permukaan. Tetapi cara ini sangat berpotensi mengurangi kecepatan renang seseorang.
Hal yang harus Anda pahami adalah cara mengatur nafas saat berenang memang wajib dilatih secara rutin. Jika seseorang mau berlatih mengatur nafas dengan baik maka pada saat berenang orang tersebut bisa mencapai kecepatan maksimal. Kekuatan dan cara mengatur nafas yang baik adalah salah satu tips jitu jika Anda ingin menjadi seorang jawara renang sejati. Semoga informasi ini memberi banyak manfaat untuk Anda. Selamat mencoba latihan pernafasan renang yang baik dan benar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger