Gaya Renang Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 26 Juni 20140 komentar

Berat badan yang berlebih dapat diatasi dengan olah raga renang? Jawabnya iya, salah satu manfaat renang yaitu dapat membakar lemak dalam tubuh secara maksimal. Mungkin ketika renang tidak merasakan adanya keringat yang keluar dari tubuh, karena olah raga ini dilakukan dalam air, sehingga ketika berkeringat kita tidak akan merasakan. Selain itu ketika berenang, tubuh tidak akan cepat merasakan lelah jadi kita tidak akan merasa jika sedang tubuh sedang membakar lemak dan kalori. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi dalam air jauh lebih rendah dari pada di daratan. Dengan begini, ketika melakukan olah raga renang akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan olah raga di daratan.
Gaya Renang Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Pernahkah Anda merasakan lapar setelah melakukan renang? Nah, inilah salah satu tanda bahwa dalam tubuh terjadi pembakaran kalori dan lemak selama melakukan olah raga renang. Untuk kita yang ingin menurunkan berat badan tapi tidak suka olah raga yang banyak mengeluarkan keringat, olah raga renang dapat dijadikan pilihan untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi tentu saja, renang harus dilakukan dengan rutin dan teratur agar menghasilkan tubuh yang ramping. Selain dapat menurunkan berat badan, olah raga renang juga dapat dijadikan sebagai alternatif olah raga untuk mengecilkan perut dan juga paha yang besar.
Seperti yang diketahui bahwa dalam berenang ada berbagai macam gaya renang, diantaranya gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, dan meluncur. Ternyata setiap gaya ini mempunyai hitungan pembakaran kalori yang berbeda. Hal ini dikarenakan, setiap gerakan pada gaya renang yang dilakukan tentunya berbeda-beda, sehingga kalori yang dibakar juga berbeda-beda. Berikut akan disajikan hitungan kalori yang dibedakan pada setiap gaya renang.
1.   Gaya dada
Gaya dada dapat membakar lemak dan kalori dalam satu jam renang adalah 371 kcal jika dilakukan dengan kecepatan sedang. Jika gerakan dilakukan dengan kecepatan yang cepat seperti dalam lomba dapat membakar kalori sebanyak 721 kcal dalam satu jam.
2.   Gaya Bebas
Gaya bebas salah satu gaya yang dapat membakar kalori sebanyak 406 kcal setiap jamnya jika kecepatannya sedang, sedangkan jika kecepatannya cepat dapat membakar lemak sampai 686 kcal setiap jamnya.
3.   Gaya punggung
Jika diperhatikan, renang gaya punggung tidak terlalu banyak gerakan tapi dapat membakar kalori 336 kcal setiap jamnya. Dan jika dilakukan dengan cepat, maka dapat membakar 665 kcal kalori setiap jam.
4.   Meluncur atau mengapung
Meluncur atau mengapung merupakan gaya renang yang sederhana dan hanya membakar lemak sekitar 245 kcal setiap jam dan jika dilakukan dengan terus menerus tanpa henti dan kecepatan tinggi dapat membakar 686 kcal kalori per jamnya.
Hitungan kalori yang dibakar dalam daftar diatas adalah dihitung untuk berat badan 70 kg. Jadi, bagi Anda yang mempunyai berat badan lebih dari 70 kg kalori yang akan dibakar jauh lebih banyak. Sedangkan yang berat badannya kurang dari 70 kg, kalori yang dibakar akan lebih sedikit. Untuk itu, sebelum melakukan renang untuk menurunkan berat badan, sebaiknya timbang dulu berat badan Anda. Satu hal lagi yang perlu diingat ketika melakukan renang untuk menurunkan berat badan, yaitu hindari makan langsung ketika setelah selesai renang. Sebaiknya, beri jeda setengah sampai satu jam baru kemudian makan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger