Kupas Tuntas Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Yang Benar

Rabu, 25 Juni 20140 komentar

Cabang olahraga air yang terkenal sejak dulu adalah renang. Renang sudah dilombakan dalam Olimpiade dunia sejak tahun 1896 pada Olimpiade Athena. Pada tahun itu hanya satu gaya saja yang baru diikutkan dalam cabang lomba renang, yaitu gaya bebas. Baru pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan dalam cabang lomba renang. Nah, dalam tulisan kali ini akan mengupas tuntas mengenai bagaimana cara atau teknik berenang gaya punggung yang benar.
Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung, mungkin bagi sebagian orang baru mendengar namanya saja sudah membayangkan kalau renang dengan gaya ini akan sulit. Padahal jika dicermati, gaya punggung merupakan salah satu gaya renang yang tidak perlu menggunakan teknik pernafasan karena kepala menengadah menghadap ke atas, jadi Anda dapat bernafas dengan leluasa. Terlihat sulit karena posisi badan kita yang terlentang dan menghadap keatas. Inilah yang membuat renang gaya punggung menjadi berbeda dengan gaya renang yang lainnya. Start dalam perlombaan juga berbeda, jika gaya lainnya start dari atas atau dari box dipinggir kolam renang, renang gaya punggung start langsung di dalam air.
Gerakan kaki dan tangan gaya punggung
Sebelum membahas mengenai gerakan kaki dan tangan gaya punggung, sebelumnya harus diketahui bagaimana posisi tubuh yang benar ketika berenang gaya punggung. Posisi tubuh yang benar ketika melakukan gaya punggung adalah posisi badan horizontal dengan air sebagai bidang penahan. Posisi seperti ini dapat memperkecil tekanan yang terjadi dengan air. Posisi awal yang horisontal ini mungkin bagi sebagian orang akan terasa menakutkan, kalau-kalau nanti tenggelam. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan ketika belajar renang gaya punggung adalah menghilangkan rasa takut itu dan berani mencoba.
Jika posisi tubuh sudah benar, kemudian berlatih gerakan kaki. Gerakan kaki yang benar untuk gaya punggung yaitu kedua kaki digerakkan naik turun secara bergantian seperti orang yang sedang berjalan. Gerakan kaki gaya punggung sebenarnya sama dengan gerakan kaki gaya bebas, hanya saja posisi tubuh menghadap keatas. Supaya arah renang tidak melenceng, gerakan kaki harus dilakukan dengan gerakan yang cepat. Untuk gerakan tangan gaya punggung, tekniknya yaitu posisi awal tangan dengan satu tangan diatas kepala dan tangan yang lain disamping. Lalu, langsung kayuh ke belakang menuju pinggang, angkat keluar dari air dan kembali ke awal, dan begitu seterusnya. Lakukan gerakan kaki dan tangan secara bersamaan.
Trik renang gaya punggung
Ada beberapa trik atau cara agar renang gaya punggung dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan kecepatan yang maksimal dan cepat, yaitu:
1.   Kaki jangan terlalu di permukaan air, kaki yang terlalu di permukaan air akan memperlambat kecepatan dalam berenang gaya punggung. Posisi kaki sebaiknya agak ke dalam masuk dalam air.
2.   Kaki digerakkan secara terus menerus, kaki yang selalu digerakkan akan menambah kecepatan dalam renang gaya punggung
3.   Kaki dirapatkan dan posisi telapak kaki sejajar tulang kaki. Posisi ini akan memaksimalkan dam gerakan kaki dan tangan.
4.   Tangan langsung digerakkan ketika masuk dalam air
5.   Untuk mempercepat gerakan sebaiknya dagu dirapatkan pada dada.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger