Kupas Tuntas Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Benar

Rabu, 25 Juni 20140 komentar

Salah satu gaya renang yang banyak digunakan oleh orang dalam olah raga renang sehari-hari adalah gaya dada. Renang gaya dada ini juga sering disebut dengan gaya kupu-kupu karena gerakannya yang seperti kupu-kupu yang sedang terbang. Banyak orang yang salah kaprah mengenai gaya kupu-kupu dan gaya dada. Orang menganggap kedua gaya ini berbeda, padahal keduanya sama saja hanya berbeda nama saja. Untuk melakukan renang gaya dada harus memahami terlebih dahulu teknik dasarnya agar gerakan yang dilakukan dapat benar dan tidak menciderai otot.
Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Teknik dasar meluncur gaya dada
Teknik yang harus dikuasai pertama kali ketika akan belajar berenang gaya dada adalah teknik meluncur. Teknik ini akan mempermudahkan gerakan dalam gaya dada. Untuk gerakan meluncur sangat simpel, awalnya yaitu berdiri dengan kaki yang agak dibuka selebar bahu dengan tangan disamping badan. Kemudian, tolakkan kaki dan kedua tangan diayunkan kedepan lurus dan menempel telinga. Yang masuk dalam air terlebih dahulu adalah kepala dan juga tangan. Selama melakukan kegiatan meluncur dalam air, posisi badan yang benar adalah horisontal dan lurus.
Teknik dasar gerakan kaki dan tangan gaya dada
Setelah melakukan gerakan latihan meluncur, selanjutnya yaitu melatih gerakan kaki dan juga tangan. Gerakan kaki renang gaya dada yaitu gerakan kaki gaya dada berpusat pada lutut dan paha. Tarik kedua lutut ke depan lalu hentakkan kaki sampai kaki kembali pada posisi lurus. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sampai benar. Jika gerakan sudah benar, otot sekitar paha akan merasakan efeknya dan tubuh akan terdorong ke depan. Gerakan kaki ini dapat dilatih dengan bantuan ring di pinggir kolam.  Setelah gerakan kaki, kemudian latih gerakan tangan untuk renang gaya dada. Posisi awal tangan lurus kedepan kemudian tarik tangan ke belakang dan siku ditekuk. Setelah tangan sampai di samping badan, gerakan tangan berputar ke depan arah dada dan kembalikan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai benar.
Teknik pernafasan renang gaya dada
Teknik pernafasan dalam renang gaya dada dilakukan dengan cara cepat. Caranya yaitu angkat kepala ke depan dan pandangan tetap kedepan sampai mulut keluar ke permukaan air. Angkat kepala sedikit mungkin untuk dapat bernafas dan menjaga tubuh tetap dalam streamline. Ketika recovery tangan, kepala juga diturunkan tapi hanya sedikit dan rambut yang terlihat hanya sebagian kecil saja. Pengambilan oksigen dilakukan ketika kepala naik ke permukaan air, dan pengeluaran udara dilakukan ketika kepala akan keluar dari air. Cara ambil nafasnya yaitu dengan menghembuskan secara cepat dari mulut.
Setelah semua teknik dasar sudah dikuasai, selanjutnya yaitu mengkoordinasi semua teknik dasar dari. Gerakan awal yang dilakukan ketika akan melakukan renang gaya dada yaitu meluncur di kolam, kemudian gerakan kaki kedepan kemudian dilecutkan untuk mendapat dorongan. Gerakan kaki ini disusul dengan gerakan tangan seperti mendayung atau seperti gerakan yang dijelaskan diatas. Ketika tangan mendayung, kepala naik sedikit untuk ambil nafas. Teknik ambil nafasnya seperti yang sudah dijelaskan. Kemudian luruskan tangan disamping tubuh. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger