Kupas Tuntas Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Yang Benar

Rabu, 25 Juni 20140 komentar

Renang salah satu olah raga air yang sudah ada sejak zaman Olimpiade pertama dilakukan di Athena pada tahun 1896. Nah, satu-satunya gaya renang yang digunakan pada saat itu adalah gaya bebas. Jadi, gaya bebas gaya renang yang paling tua di dunia. Gaya bebas merupakan gaya yang paling mudah karena posisi badan dalam keadaan streamline dan tidak banyak berubah yang berubah. Tentunya, bagi yang masih awam tentang renang akan bertanya-tanya apa itu streamline. Streamline adalah posisi tubuh dalam keadaan lurus, antara telinga dan telapak kaki dalam posisi lurus.
Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Teknik dasar posisi badan dan kepala
Ketika akan melakukan renang gaya bebas, teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu yaitu posisi badan. Posisi badan renang gaya bebas badan dirampingkan atau hadapkan kesamping dan badan dalam posisi streamline. Posisi badan ini ditunjang dengan lengan atau tangan yang memanjang sampai atas kepala. Tubuh bagian belakang serta kaki tetap dalam posisi lurus kecuali ketika sedang melakukan tendangan flutter. Sedangkan posisi kepala yaitu bagian atas kepala harus bertemu dengan garis air dan kepala tetap turun. Pandangan mata melihat dasar kolam dan mata tidak dimajukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resistensi dan menjaga agar tubuh tetap ramping.
Teknik dasar gerakan tangan dan kaki
Teknik dasar gerakan lengan atau tangan pada renang gaya bebas yaitu tangan dimasukkan dalam air tepat di depan kepala. Bagian tangan yang masuk ke air harus ujung jari, posisi siku harus lebih tinggi dibandingkan lengan bagian bawah. Agar tetap mengayuh, tangan harus terus menyapu kebawah sampai pinggang lalu ke atas dekat dada bawah. Terakhir yaitu menyapu tangan kebelakang, lalu ke atas dan kemudian keluar dengan disertai dengan dorongan. Untuk posisi kaki pada renang gaya bebas yaitu lurus kebelakang sambil terus digerakkan naik turun seperti menendang. Semakin cepat tendangan ke air, semakin cepat pula kecepatan renangnya.
Teknik dasar body roll renang gaya bebas
Teknik dasar untuk melakukan body roll dalam gaya bebas dimulai dari gerakan tangan. Seluruh bagian tubuh berputar ke kanan atau kekiri ketika tangan memasuki air pada depan kepala. Gerakan bergulir akan meningkatkan kekuatan stroke dengan bantuan otot perut ke stroke. Bagian tubuh pinggul dan bahu tetap sejalan pada saat tubuh sedang berputar. Perputaran dilakukan hanya pada satu sisi kanan atau kiri, jika dilakukan bergantian itu merupakan teknik gerakan yang salah.
Teknik pernafasan gaya bebas
Teknik dasar renang gaya bebas yang terakhir yaitu teknik pernafasan atau teknik ambil nafas ketika sedang melakukan renang gaya bebas. Pernafasan dalam gaya bebas dilakukan ketika melakukan body roll, yaitu ketika wajah menghadap kesamping. Ambil nafas ketika tangan yang berlawanan dengan badan menghadap memasuki air, kemudian dorong kembali dan wajah kembali keposisi semula. Pada saat posisi tubuh miring inilah dijadikan kesempatan untuk ambil nafas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger