Mengenal Lebih Dalam Cara Berenang Gaya Dada

Selasa, 24 Juni 20140 komentar

Olahraga yang sekarang ini banyak diminati adalah renang. Banyak orang yang suka dengan olahraga ini karena sangat menyenangkan dan juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Sekarang ini ada banyak sekali gaya renang yang umum digunakan. Salah satu gaya renang yang paling terkenal adalah gaya dada. Gaya renang yang satu ini memang unik dan menjadi salah satu kategori lomba renang yang sudah banyak dipertandingkan. Sebagian orang memang sudah mengerti gaya ini tetapi belum mengerti cara berenang gaya dada yang benar. Nama lain dari gaya dada adalah gaya katak. 
Cara Berenang Gaya Dada

Gaya dada adalah salah satu jenis gaya renang yang sangat mudah untuk dipelajari. Salah satu ciri khas dari gaya ini adalah seseorang bisa mengambil nafas sesering mungkin. Tidak ada batasan waktu pada saat kepala didalam air ataupun diluar air pada gaya ini. Nama gaya dada diambil dari cara berenang dimana posisi dada menghadap ke daerah permukaan air. Banyak orang yang menganggap sama gaya dada dengan gaya bebas. Padahal, kedua gaya tersebut sangat berbeda dan gaya dada memiliki aturan yang lebih ketat dibandingkan dengan gaya bebas. Gaya bebas sangat mengandalkan kekuatan sedangkan gaya bebas mengandalkan kekuatan dan juga tehnik.
Dalam renang gaya dada kedua kaki Anda harus terus digerakkan secara bersamaan agar tubuh bisa meluncur dengan kecepatan maksimal. Gerakan tangan juga harus Anda perhatikan agar bisa mendorong tubuh semakin cepat dalam melaju. Kedua tangan harus Anda posisikan maju dan mengambil gerakan terbaik agar bisa membuat gerakan tubuh yang maksimal. Apabila gerakan tangan dan kaki yang Anda lakukan tidak maksimal akan membuat kecepatan menjadi berkurang. Gerakan kedua kaki dan tangan harus konsisten dan sesuai dengan alur yang sudah Anda siapkan.
Kecepatan renang gaya dada memang tidak secepat gaya yang lain. Itu karena gaya yang satu ini memang tidak memiliki daya dorong yang maksimal. Bagi Anda yang masih pemula dengan gaya ini lebih baik fokus dengan tehnik. Jika tehnik yang Anda gunakan sudah benar maka kecepatan renang Anda akan bisa lebih bagus. Anda juga harus memahami jika renang gaya dada membutuhkan mental yang kuat. Apabila Anda memiliki mental yang kurang akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan latihan renang gaya dada.
Sekarang ini renang gaya dada telah masuk dalam salah satu kategori lomba renang didalam Olimpiade. Tetapi belum ada satupun atlet Indonesia yang berhasil meraih medali Olimpiade pada gaya renang ini. Latihan rutin dan didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman akan membuat Anda bisa mengaplikasikan gaya tersebut dengan baik. Semoga informasi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger