Tahapan Belajar Gaya Renang Untuk Pemula

Kamis, 26 Juni 20140 komentar

Orang yang belum pernah melakukan olah raga renang, tentu ketika disuruh untuk masuk ke kolam renang akan merasa ragu dan was-was. Terlebih jika pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan dengan air atau trauma dengan air. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja tidak hanya pada anak-anak saja, tapi juga dapat terjadi pada orang dewasa. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan masuk dalam kolam renang yang dangkal terlebih dahulu dan lakukan beberapa latihan dasar dalam melakukan renang. Dapat dikatakan, lakukan pengenalan terlebih dahulu terhadap air.
Gaya Renang Untuk Pemula

Sebelum mempelajari berbagai gaya renang yang ada, bagi Anda para pemula yang baru mau berlatih renang, sebaiknya mengikuti beberapa tahapan berikut ini. Tahapan-tahapan ini akan membantu Anda dalam mempelajari berbagai gaya renang.
1.   Masuk ke dalam air
Tahap pertama untuk belajar berenang adalah masuk dalam air. Buang rasa cemas dan juga ragu dalam diri Anda dan mulailah dengan latihan di air yang dangkal. Untuk latihan pertama, masuklah dalam air dengan menuruni tangga kolam. Kemudian, lanjutkan berjalan ke area yang lebih dalam dengan berpegangan pada bagian samping kolam renang. Setelah itu, berjongkok atau berlutut dalam air yang dangkal dan gerakan tangan dibawah air.
2.   Lakukan gerakan di bawah permukaan air
Gerakan yang dilakukan di bawah air ini dapat dilakukan dengan meminta tolong teman untuk menemani jika memang Anda masih ragu. Gerakannya yaitu berdiri dalam kolam, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan jongkok atau duduk dalam air selama 5 detik. Ketika menyelam dalam air sambil jongkok, usahakan mata tetap terbuka. Jika masih memejamkan mata, lakukan latihan ini sampai Anda berani membuka mata dalam air.
3.   Gerakan naik turun badan di permukaan air dangkal
Setelah melakukan gerakan tahap dua secara berulang-ulang dan sudah berani membuka mata dalam air, lakukan gerakan naik turun badan di permukaan air. Caranya yaitu letakkan dua tangan pada tangga yang terendam air, letakkan telapak tangan pada dinding kolam, kemudian apungkanlah badan dengan lengan tetap terjulur ke depan. Dalam posisi ini, masukkanlah wajah kedalam air dengan mengambil nafas sebelumnya, lalu keluarkan. Lakukan gerakan ini berulang kali.
4.   Gerakan Mengapung
Setelah berani menaik turunkan badan, tahap selanjutnya yaitu melakukan gerakan mengapung. Ambil nafas dalam kemudian jatuhkan tubuh keair dan biarkan tenggelam, lakukan dengan rileks dan lama-lama tubuh Anda akan mengapung. Tahan beberapa saat semampu Anda.
5.   Gerakan Meluncur
Tahap latihan untuk pemula yang terakhir adalah latihan meluncur. Latihan ini dapat dilakukan dengan bantuan teman atau alat. Jika Anda ingin melakukan sendiri, caranya yaitu berdirilah merapat pada dinding kolam, kemudian turunkan badan sampai tersisa kepala saja. Angkat satu kaki dan tempelkan pada dinding, setelah itu doronglah kaki kedepan dan biarkan tangan lurus kedepan.
Tahapan atau fase diatas harus dilakukan secara berurutan. Melakukan dengan berurutan ini akan mempermudahkan Anda dalam melakukan latihan renang. Jika tahapan ini sudah dapat dilalui dengan benar dan mudah, maka belajar gaya renang apapun akan dapat dilakukan dengan mudah. Agar cepat mahir dalam berenang, latihan tidak hanya dilakukan hanya satu atau dua kali saja melainkan harus rutin minimal satu kali dalam seminggu harus melakukan latihan dengan durasi minimal satu sampai satu setengah jam.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger