Teknik Dasar Yang Harus Dipahami Pada Olahraga Renang

Senin, 23 Juni 20140 komentar

Sekarang ini banyak orang yang menyukai olahraga renang. Itu karena olahraga yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat nyata dari renang adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berotot. Banyak orang yang suka berenang akan tetapi tidak mengerti tehnik yang benar. Sebagian besar orang sekarang ini tidak mengerti cara berenang yang baik dan benar. Jika seseorang tidak mengerti cara berenang yang baik akan banyak sekali masalah yang bisa dihadapi. Lebih baik seseorang harus mengenal tehnik dasar dalam berenang. 

Teknik dasar olahraga renang

Salah satu tehnik dasar dalam berenang adalah tehnik pernafasan. Bernafas dalam udara bebas sangat berbeda dibandingkan dengan bernafas di dalam air. Apabila Anda bernafas di dalam air maka Anda tidak boleh sembarangan karena jika salah dalam mengambil nafas air akan masuk ke dalam hidung Anda. Tehnik pernafasan yang tepat adalah dengan mengambil banyak udara sebelum masuk ke dalam air. Setelah masuk ke dalam air Anda bisa menahan nafas hingga Anda benar-benar kehabisan nafas. Anda harus menaikkan kepala jika merasa kehabisan nafas dan setelah itu ambillah udara kembali.
Selain tehnik pernafasan dalam berenang Anda juga harus mengerti cara meluncur. Yang dimaksud dengan cara meluncur adalah cara dimana Anda bisa mengambil kecepatan penuh pada saat berenang. Apabila luncuran yang Anda lakukan sudah menggunakan tehnik yang tepat akan membuat kecepatan renang Anda semakin maksimal. Cara meluncur yang baik adalah dengan menggunakan kekuatan tangan dan kaki. Gerakan tangan kaki yang tepat akan mempengaruhi kecepatan pada saat berenang. Jika Anda masih dalam tahap belajar lebih baik gerakan kaki dan tangan yang Anda lakukan tidak terlalu cepat karena akan membuat tenaga Anda menjadi terkuras.
Tehnik yang ketiga adalah tehnik mengapung. Ini adalah tehnik yang wajib dipahami pada saat berenang. Dengan bisa mengapung akan membuat seseorang tidak tenggelam pada saat berenang. Hal yang harus Anda mengerti untuk bisa mengapung yang dibutuhkan adalah keyakinan dan rasa tenang. Anda harus tenang pada saat diatas air dan mau menggerakkan kedua kaki dengan stabil. Gerakan kaki yang dilakukan tidak harus cepat. Cukup gerakan kecil yang stabil bisa membuat tubuh Anda mengapung. Anda juga harus memposisikan tubuh agar condong ke depan. Dengan tubuh yang condong ke depan akan membuat Anda nyaman dalam mengapung.
Semua tehnik dasar dalam berenang yang sudah disebutkan memang akan membuat Anda lebih memahami cara berenang yang baik. Banyak orang yang asal melakukan aktifitas berenang tanpa mengerti tehnik dasar tersebut. Akan lebih baik jika tehnik dasar tersebut Anda latih dengan orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia renang. Berenang memang mengasikkan asal Anda mau mempelajari tehnik dasarnya. Semoga bermanfaat. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger