Cara Melakukan Tumble Turn yang Baik dan Benar

Selasa, 28 Oktober 20140 komentar

Berenang tidak hanya digunakan sebagai hobi namun juga sebagai profesi. Para atlet renang pastinya sudah sangat mengenal berbagai macam gaya, seperti gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada dan lain-lain. Gaya dalam berenang dapat menjadi ukuran kelihaian seseorang dalam melakukan olahraga renang. Semua gaya tersebut pastinya sudah pernah Anda coba ketika berlatih atau ketika Anda mengikuti berbagai turnamen. Apakah Anda juga memahami istilah Tumble Turn? Jika tidak, berarti Anda bukan lah atlet yang sudah menguasai segala macam teknik dalam berenang.
Cara Melakukan Tumble Turn yang Baik dan Benar

Tumble Turn biasa disebut dengan Free Style Flip Turn. Gaya tersebut digunakan pada renang dengan menggunakan gaya bebas. Tumble Turn merupakan gaya yang digunakan ketika seorang perenang akan berbalik arah. Jadi, seorang perenang yang handal tidak sembarangan memutarkan badannya ketika akan berpindah. Tumble Turn biasanya dilakukan dengan cara menyentuh bagian dinding apabila Anda menggunakan gaya selain gaya bebas. Namun, hal tersebut tidak perlu dilakukan ketika berenang menggunakan gaya bebas. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat dengan cepat memutar balik arah tubuh Anda.
Cara melakukan Tumble Turn yang baik dan benar adalah dengan memutar kepala dan badan kearah bawah. Hal tersebut harus dilakukan ketika Anda mendekati dinding kolam. Anda tidak boleh melakukannya pada jarak yang terlalu dekat dengan dinding kolam, karena dapat membuat pemutaran badan Anda tidak sempurna karena badan akan menabrak dinding kolam. Hal yang lebih fatal lagi jika kepala Anda yang akan terbentur dinding kolam. Tentu saja meskipun mudah untuk dilakukan, Anda juga harus memperhatikan posisi tubuh Anda.
Setelah Anda berhasil memutar arah, maka Anda harus segera memposisikan kembali tubuh Anda.  Tujuannya agar pergerakan Anda lebih cepat dan gesit, sehingga jika mengikuti turnamen, Anda dapat menjadi salah satu juaranya. Informasi mengenai cara Tumble Turn yang baik dan benar dapat dijadikan sebagai pengetahuan yang penting untuk diketahui. Tujuannya agar Anda tidak mengalami kesalahan ketika melakukan Tumble Turn. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda, terutama bagi para pencinta olahraga renang.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger