Kenali Ritme Nafas Anda Untuk Menjadi Perenang Handal

Senin, 13 Oktober 20140 komentar

Apa yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata renang? Ya, mungkin Anda akan langsung terlintas tentang hal-hal yang berhubungan dengan berenang yaitu air, pantai, gaya katak, dan juga pernafasan. Cara mengatur dan juga cara beradaptasi pernafasan pada saat berenang adalah kunci terpenting yang harus dikuasai untuk mencapai keberhasilan dalam belajar untuk berenang. Adaptasi ini mungkin mengharuskan Anda untuk sedikit mengubah cara pengaturan nafas yang sering Anda lakukan sehari-hari. Namun, tetap usahakan agar senatural mungkin agar tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
Kenali Ritme Nafas Anda Untuk Menjadi Perenang Handal

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengenai ritme atau karakteristik pernafasan Anda. Anda juga dapat menggunakan langkah ini sebagai salah satu cara agar Anda dapat belajar berenang dengan cepat dan juga efektif. Pengetahuan mendasar tentang pernafasan ini harus Anda ketahui agar Anda dapat mudah untuk mengatur dan juga mengolah nafas Anda ketika berenang. Pertama cobalah untuk menarik nafas kemudian tahan nafas Anda. Kemudian setelah itu buka mulut Anda sambil tahan nafas. Cara ini dapat dilakukan agar Anda dapat bertahan saat berenang.
Cara yang kedua Anda tarik nafas biasa kemudian tahan selama mungkin Anda biasa. Hitung dan juga catat seberapa lama Anda dapat menahan nafas Anda. Kemudian, ulangi sekali lagi namun dengan menarik nafas sedikit lebih lama, setelah itu lalu tahan nafas dan catat berapa lama Anda dapat menahan nafas Anda. Jika keduanya telah Anda lakukan, bandingkan hasil record keduanya, hasilnya ternyata lebih panjang menahan nafas tanpa menarik nafas dalam. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena ketika Anda menarik nafas dalam paru-paru akan meregang sehingga akan menjadikan rasa tidak nyaman. So, sebaiknya Anda jangan menarik nafas dalam ketika akan berenang.
Kemudian cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk mengenali ritme nafas adalah dengan menghitung frekuensi nafas Anda. Hitung frekuensi nafas Anda per menit kemudian catat hasilnya, kemudian langkah selanjutnya tarik nafas kemudian tahan selama Anda bisa, selama mungkin. Setelah itu hitung kembali frekuensi nafas Anda dan catat hasilnya dan bandingkan. Hasil yang akan ditunjukkan adalah frekuensi langkah kedua akan lebih cepat bukan. Mengapa? Karena hal ini disebabkan oleh tubuh hanya dapat mengambil 4-5% oksigen dari 20% setiap tarikan nafas dan akan menjadikan paru-paru bekerja lebih cepat. Jadi sangat disarankan agar tidak mengambil nafas dalam ketika Anda akan berenang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger