Ketahui Cara yang Baik dalam Mengatur Pernafasan Ketika Berenang

Senin, 27 Oktober 20140 komentar

Apakah Anda salah satu orang yang hobi berenang? Jika ya, apakah Anda mengetahui bagaimana cara mengatur pernafasan ketika berenang? Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara yang baik dalam mengatur pernafasan ketika sedang berenang. Padahal, mengatur nafas dengan baik merupakan kunci sukses dalam berenang. Dengan mengatur pernafasan, maka Anda tidak akan mudah merasa lelah ketika berenang. Ketika berenang, cara bernafas kita sangat berbeda dengan ketika kita tidak berenang. Tentu saja hal tersebut sudah Anda ketahui, karena kandungan oksigen di dalam air lebih sedikit dibandingkan kandungan oksigen di darat. 
Ketahui Cara yang Baik dalam Mengatur Pernafasan Ketika Berenang

Ada beberapa cara mengatur nafas yang baik dan benar ketika sedang berenang, antara lain:
1.                   Mengambil nafas ketika mengangkat wajah keluar dari air
Ketika berenang, jangan pernah Anda menghirup udara dengan mengangkat kepala ke atas, karena tidak akan efektif. Sebaiknya, Anda mengambil nafas dengan cara kepala keluar dari air dengan menghadap ke samping. Ketika Anda melakukan hal tersebut, maka Anda harus memperhatikan gaya yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda tidak memperhatikan gaya berenang Anda ketika memutarkan kepala ke samping.
2.                   Mengambil nafas pada posisi yang aman
Posisi yang aman pada seseorang yang berenang berbeda-beda. Posisi nyaman juga erat kaitannya gaya renang yang digunakan. Segi kenyamanan Anda akan membuat Anda lebih mudah dalam menghirup udara untuk pernafasan Anda. Sebaiknya Anda selalu memperhatikan cara menghirup dan mengeluarkan udara. Menghirup udara yang baik melewati hidung ketika kepala diangkat. Membuang udara dengan menggunakan mulut ketika berada di air.
3.                   Menggunakan pernafasan bilateral
Teknik pernafasan tersebut akan memungkinkan terjadinya pernafasan hingga 50 %. Pernafasan bilateral dilakukan dengan cara melakukan stroke sebanyak 3 kali dan bernafas dalam satu segi. Selanjutnya, Anda harus melakukan stroke 3 kali dengan menggunakan segi lainnya. Sebaiknya, Anda menggunakan teknik pernafasan tersebut ketika dalam tahap persiapan saja. Sehingga, air yang masuk ke dalam hidung tidak terlalu berlebihan.
Dengan menggunakan cara bernafas yang baik, maka Anda akan menjadi lebih sehat dalam melakukan hobi berenang Anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger