Mengapa Saya Takut Berenang?

Jumat, 24 Oktober 20140 komentar

Banyak orang yang suka main air, entah itu di kolam renang maupun di pantai. Tentu sangat menyenangkan apabila kita mencelupkan kaki ke dalam air dan menikmati dingin dan segarnya air. Namun, beranikah kita berenang? Sebagian dari kita justru sudah merasa ketakutan jika diminta memasukkan wajah ke dalam air. Kebanyakan dari kita takut karena membayangkan bahwa kita akan mendapat kesulitan bernapas jika harus berada di dalam air. Ini karena kita merasa hidung dan mulut akan segera kemasukan air begitu kita memasukkan wajah ke air.
Mengapa Saya Takut Berenang?

Hidung dan mulut memang alat utama untuk mengambil dan mengeluarkan udara yang diperlukan oleh tubuh. Hidung akan menjadi sangat sensitif apabila ada benda asing yang masuk. Apabila hidung kemasukan air, rasanya sakitnya bisa sampai ke mata dan dahi. Inilah yang sering membuat orang panik ketika harus memasukkan wajahnya ke dalam air. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara belajar teknik bernapas melalui mulut. Mulut tidak akan mengalami masalah yang menyakitkan seperti halnya hidung apabila ada benda asing masuk.
Selain hidung, mata juga sangat sensitif terhadap benda asing. Mata akan terasa sangat perih jika ada benda asing yang masuk ke dalamnya, Oleh karena itu, kita memiliki gerak refleks yaitu memejamkan mata ketika ada benda asing mendekati mata. Anda bisa melatih diri untuk membuka mata di dalam air. Namun, pastikan bahwa air di tempat tersebut kualitasnya cukup baik sehingga tidak akan membuat mata teriritasi. Jika memang keadaan airnya kurang baik, gunakan kaca mata renang yang khusus diciptakan untuk melindungi mata ketika berada di bawah air.
Kekhawatiran lainnya adalah apabila telinga kita kemasukan air. Memang terkadang air bisa masuk ke telinga apabila posisi kita salah, namun hal tersebut jarang sekali terjadi. Telinga memiliki sistim tersendiri yang melindungi dirinya dari benda-benda asing yang masuk. Struktur telinga sudah diciptakan agar air tidak dapat melewati gendang telinga dengan mudah. Jadi kekhawatiran bahwa air akan masuk ke telinga ketika berenang sebenarnya tidak beralasan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger