Mengatasi Rasa Takut Air Ketika Berenang

Sabtu, 18 Oktober 20140 komentar

Beberapa orang menolak untuk belajar renang karena takut pada kedalaman air di kolam renang. Padahal kemampuan berenang merupakan salah satu cara bertahan hidup jika terjadi musibah yang melibatkan air. Banyak kasus orang yang tenggelam terjadi karena mereka tidak memiliki kemampuan survival yang satu ini. Namun, tidak bisa disalahkan juga apabila ada orang-orang yang memiliki fobia terhadap kedalaman air kolam renang, entah karena pernah trauma atau hal lainnya. 
Mengatasi Rasa Takut Air Ketika Berenang

Untuk mengatasi rasa takut air ketika belajar berenang, jangan langsung menceburkan diri ke dalam air. Sebaiknya mulai terlebih dahulu dengan duduk di pinggir kolam renang anak-anak sambil memasukkan kaki hingga mata kaki atau betis lalu gerakan kaki perlahan-lahan. Ketika sudah merasa lebih nyaman, gerakan kaki lebih cepat lagi. Jika hal tersebut sudah tidak terasa menakutkan lagi, cobalah perlahan-lahan duduk atau jongkok di dasar kolam dangkal hingga dagu menyentuh air. Gunakan kacamata renang untuk menghindarkan mata dari cipratan air.
Teruskan dengan mencoba merendam diri di kolam yang sedikit lebih dalam namun tetap bisa membuat kepala Anda berada di atas air. Katakanlah tinggi Anda 150 cm, Anda bisa merendam diri di kolam dengan kedalaman 1,2 m. Tetap berdiri berpegangan pada besi pengaman yang melekat di pinggir kolam renang dan biasakan dada Anda dari tekanan air yang kadang terasa menyesakkan apabila belum biasa. Minta bantuan orang lain yang lebih mahir berenang untuk menemani Anda pada fase ini sehingga Anda merasa lebih aman karena yakin aka nada yang menolong apabila terjadi sesuatu.
Ketika keberanian Anda sudah mulai naik, perlahan-lahan tahan nafas dan tundukkan wajah hingga seluruhnya masuk ke dalam air. Tahan beberapa menit atau sekuatnya, lalu angkat kepala Anda. Lakukan beberapa kali hingga Anda merasa nyaman. Mengatasi rasa takut terhadap air saat berenang memerlukan waktu, jadi jangan langsung menyerah apabila saat ini Anda belum berani. Namun tetaplah mencoba, perlahan-lahan ketika Anda merasa kedalaman air kolam renang tidak lagi menakutkan, Anda siap untuk mulai belajar renang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger