Renang Gaya Punggung? Siapa Takut?

Rabu, 22 Oktober 20140 komentar

Kita mungkin sudah sering melihat perenang menggunakan gaya punggung dengan indahnya pada kejuaraan-kejuaraan renang professional. Renang gaya punggung memang merupakan gaya yang agak berbeda dibandingkan gaya renang lainnya. Jika gaya dada, gaya bebas dan gaya kupu-kupu dilakukan dengan posisi kepala menghadap ke air, maka gaya punggung sebaliknya. Gaya punggung dilakukan dengan posisi kepala menghadap ke atas dan punggung di bawah. Gaya ini mirip orang yang berbaring terlentang di air. Nah, bagaimana agar berenang dengan gaya ini dapat membuat Anda bergerak nyaman?
Renang Gaya Punggung? Siapa Takut?

Pertama-tama fokuskan pada gerakan kaki terlebih dahulu. Kedua kaki harus bisa digerakkan secara bergantian naik dan turun. Anda bisa mulai meluncur dengan gerakan kaki seperti ini selama beberapa detik hingga posisi Anda seimbang dan gerakan tidak berbelok-belok. Setelah arah renang lurus, Anda bisa mulai untuk menggerakkan tangan. Satu tangan lurus di atas kepala kemudian diayunkan ke belakang menuju pinggang dan terus diputar hingga ke posisi awal. Lakukan secara bergantian dengan tangan satunya.
Tangan kanan dan kiri bergerak secara bergantian dengan cepat. Posisi kaki tetap dipertahankan agar terus bergerak naik dan turun bergantian, mirip seperti ketika kita melakukan gaya bebas. Untuk membantu kecepatan renang, usahakan posisi kaki berada sedikit di bawah air. Selain itu, dekatkan dagu ke dada agar kecepatan renang kita tetap terjaga. Untuk gaya punggung tidak ada kesulitan dalam mengambil nafas karena kepala menghadap ke atas. Satu-satunya kesulitan adalah mengetahui apakah kita sudah sampai di ujung kolam atau belum.
Anda bisa mengatasinya dengan cara menghitung gerakan. Dengan demikian ketika sudah sampai di ujung kolam, Anda dapat memperlambat gerakan dan berhenti di saat yang tepat. Renang gaya punggung bisa dijadikan gaya alternative yang berbeda dari ketiga gaya renang popular lainnya. Meski demikian, apapun gaya yang Anda gunakan, berenang merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Olah raga ini juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan masuk ke dalam olah raga kardio.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger