Yuk Belajar Meluncur Di Kolam Renang!

Kamis, 23 Oktober 20140 komentar

Olah raga renang merupakan olah raga yang menyenangkan dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika kita ingin belajar renang, salah satu teknik yang harus kita kuasai adalah teknik mengapung dan meluncurdi air. Ini adalah teknik dasar yang wajib dikuasai oleh mereka yang baru belajar berenang. Sebelum mempelajari gaya renang apapun, pastikan bahwa Anda sudah menguasai teknik mengapung dan meluncur ini. Guru renang umumnya memberi porsi yang cukup banyak ketika melatih muridnya pertama kali. Pelajaran mengapung dan meluncur ini bisa dilakukan selama beberapa kali pertemuan hingga murid bisa melakukannya dengan benar.
Yuk Belajar Meluncur Di Kolam Renang!

Biasanya untuk minggu-minggu pertama pelajaran renang, guru renang akan meminta muridnya untuk menggunakan pelampung. Pelampung yang terbuat dari plastic ringan berbentuk kotak tersebut diletakkan di depan kepala. Tujuannya adalah agar kita dapat berpegangan selama belajar mengapung dan meluncur. Namun apabila murid masih benar-benar pemula, mereka bisa diminta untuk berpegangan pada pinggir kolam renang terlebih dahulu sebelum menggunakan pelampung. Dengan berpegangan pada pinggir kolam renang, murid diminta untuk memasukkan kepala ke air sambil menahan napas.
Hal ini dilakukan selama beberapa detik dan kemudian meningkat hingga beberapa menit. Setelah murid cukup kuat menahan nafasnya, teknik selanjutnya adalah mengambil napas. Dalam pelajaran renang, mengambil napas harus dilakukan melalui mulut bukan hidung. Sedangkan untuk menghembuskan napas, bisa dilakukan melalui mulut atau hidung. Setelah itu, murid harus dapat mempelajari teknik mengambil napas dengan menengok ke samping. Teknik ini akan sangat berguna ketika nanti mereka belajar gaya bebas.
Setelah keterampilan menahan dan mengambil napas telah dikuasai, berikutnya adalah belajar meluncur. Guru renang biasanya akan membantu murid dengan memegang tangannya terlebih dahulu dari arah depan agar murid dapat meluncur dengan leluasa. Setelah itu, murid akan diminta untuk meluncur sendiri dengan menekan salah satu kaki ke dinding kolam renang. Dengan demikian tubuhnya dapat maju dan mulai meluncur di dalam air. Belajar berenang memang sangat menyenangkan karena gerakan-gerakannya tidak sulit, hanya butuh keberanian dan latihan yang rutin.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger