Macam-Macam Gaya Renang Yang Patut Anda Pelajari

Jumat, 11 Maret 20160 komentar

Renang merupakan salah satu olah raga yang digemari banyak orang dari anak kecil hingga dewasa dan tak jarang banyak orang yang telah lanjut usiapun masih ikut berenang. Dianjurkan bagi anda yang ingin berenang, mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan sebelumnya terutama melakukan pemanasan sebelum berenang. Karena pemanasan sebelum berenang dapat mengurangi terjadinya cidera saat berenang. Cidera yang dapat ditimbulkan bisa berakibat fatal untuk anda. Bagi anda yang tidak bisa berenang, anda bisa bermain sambil belajar di kolam renang. Anda juga dapat mempelajari macam gaya renang.
Sebelum anda berenang, anda harus memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi kualitas renang anda. Walaupun hal yang dianggap sepele namun kadang dapat memberi efek yang luar biasa jika tidak anda teliti terlebih dahulu. Misalnya tentang pakaian yang digunakan, pakaian harus nyaman untuk anda pakai saat berenang, lakukan pemanasan, perhatikan kedalaman tempat yang akan digunakan untuk berenang. Dalam olah raga renang terdapat macam-macam gaya renang yang bisa dipelajari.
Ada 4 Macam Gaya Renang dan Penjelasannya
Dalam olah raga renang, ada 4 macam gaya renang yang patut kita ketahui. Keempat gaya renang tersebut adalah gaya kupu-kupu, gaya dada/ katak, gaya bebas dan gaya punggung. Penjelasan tentang jenis gaya renang tersebut adalah: gaya kupu-kupu juga biasa disebut dengan gaya lumba-lumba, yang berarti gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan kedua tangan secara bersamaan ditekan ke bawah dan gerakkan ke luar sebelum diayunkan ke depan. Dan kedua kaki bersama-sama menendang ke bawah dan atas seperti gerakan ikan lumba-lumba. Atur nafas dengan baik saat kepala muncul dari air. Untuk gaya dada/ katak adalah gaya renang dengan tubuh menghadap permukaan air, dan dua kaki menendang kearah luar dengan posisi tangan diluruskan ke depan. Kemudian tangan dibuka kearah luar dan bergantian dengan pergerakan kaki yang seperti gerak katak berenang.
Macam gaya renang lainnya yaitu gaya renang dengan posisi badan menghadap ke permukaan air dan posisi kedua tangan secara bergantian mengayuh kedepan. Sedangkan gerakan kaki secara bergantian naik turun dengan posisi wajah secara bergantian menoleh kanan dan kiri seiring dengan pergantian gerak tangan untuk mengambil nafas. Untuk gaya renang yang terakhir adalah gaya renang punggung dengan posisi punggung menghadap permukaan air dan wajah mendongak diatas air yang hanya mampu melihat keatas. Untuk pergerakan tangan dan kaki, sama seperti gaya bebas. Yang membedakan hanya bagian tubuh yang telentang saja. Itulah berbagai macam gaya bagi perenang. Semoga dapat membantu anda yang sedang berlatih renang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger