Pentingnya Mengetahui Sejarah Olahraga Renang

Rabu, 02 Maret 20160 komentar

Salah satu olahraga air yaitu renang, ini ternyata sejak dahulu memang sudah dilakukan. Dan pertama kalinya olahraga ini telah ditemukan dalam sebuah lukisan para perenang zaman pra sejarah yaitu dari zaman batu. Lukisan sejarah olahraga renang ini dibuat saat para perenang sedang berada di gua dan mereka sedang berenang. Setiap olahraga yang sekarang ini sedang dilakukan banyak orang umumnya memang memiliki sejarah sendiri-sendiri. Hanya saja olah raga renang ini ternyata zaman prasejarah sudah ada banyak yang melakukannya. Nah, untuk mengetahui secara jelas akan sejarah olahraga air ini, anda bisa lihat detail sejarahnya berikut ini.
Sejarah Olahraga Air Renang
Sejak dahulu, manusia memang sudah bisa melakukan olahraga renang. Pertama kalinya di temukan para perenang ini sedang berada di gua yang ada di Gilf Kebir yang lokasinya dekat dengan wadi sora. Lokasi akan pertama kali sejarah olahraga renang ini ditemukan di wilayah Mesir bagian barat daya. Perenang pertama ini ditemukan sejak tahun 2000 SM dan perenang tersebut telah tercatat dalam buku sejarah. Dan beberapa dokumen yang tercatat didalam buku tersebut yaitu Epos Gilgamesh, Alkitab (pada kitab Yehezkie ayat 47:5, kitab Yesaya ayat 25:11, dan Kisah Para Rasul 27:42), Iliad, Beowulf, Odyssey dan berbagai hikayat lainnya.
Sejarah olahraga renang ini juga dibukukan oleh profesor dari Negara Jerman yaitu Nikolaus Wynmann tahun 1538. Buku yang dibuatnya ini adalah catatan sejarah akan olahraga renang untuk pertama kalinya dibukukan dan nama buku tersebut adalah “Dialog Mengenai Seni Berenang atau Perenang”. Sedangkan untuk perlombaan olahraga renang sendiri pertama kali dimulai di Eropa tahun 1800.
Para perenang yang ikut dalam kontestan mereka lebih suka memakai gaya dada ketimbang gaya renang yang lainnya. Kemungkinan ini dikarenakan gaya renang dada menjadi salah satu gaya yang disukai dan pertama kalinya mereka tahu. Kemudian dengan berjalannya sejarah olahraga renang, Jogn Arthur Trudgen memberikan gaya baru yaitu gaya trudgen atau yang dikenal dengan gaya rangkak depan. Gaya yang diberikan oleh Trudgen ini ditiru dari gaya bebas orang Indian yang ada di Amerika Selatan. Dan dengan perkembangan sejarah olahraga air renang tahun 1890 cabang olahraga telah dibuat dalam olimpiade Athena. Dan setelah itu, tahun 1900 gaya renang punggung menjadi jenis gaya baru dalam olimpiade, dan FINA juga telah dibentuk tahun 1908, berlanjut dengan tampilnya gaya renang kupu-kupu yang dikenal pada tahun 1952.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger