Sejarah Renang Di Indonesia Yang Harus Diketahui

Rabu, 23 Maret 20160 komentar

Sejarah renang di Indonesia sudah dimulai sejak sebelum kemerdekaan republik Indonesia. Pada tahun 1904 sudah banyak kolam renang yang dibangun di Bandung namun hanya diperuntukan untuk kaum bangsawan saja. Apabila ada orang awam yang ingin berenang, harga tiket yang dijual sangatlah tinggi.Menurut sejarah renang Indonesia, kolam renang bermula di Bandung tepatnya di Ciampelas. Pada saatitu terdapat asosiasi renang pada tahun 1917. Pada tahun 1927 sudah mulai banyak kolam yang memiliki asosiasi renang yaitu di Jawa Timur. Pada masa itu juga sudah terdapat banyak perlombaan renang yang mendapatkan rekor Belanda.
Kongres yang dilakukan pertama kali dalam olah raga renang
Pada olimpiade renang, terdapat beberapa pemenang seperti Haasman dan Van de Groen pada tahun 1951. Olimpiade ini dilakukan di Manila dan saat itu mulailah berkembang olimpiade renang sebagai Asian Games. Pada tanggal 20 Maret 1951 indonesia sudah memiliki organisasi yaitu zwembond voor Indonesia kemudian mulailah lahir organisasi renang. Pada saat kongres pertama, telah membawa prof dr. Poerwo soedarmo sebagai ketua. Sejak masa itu, olah raga ini mulai berkembang dengan baik dan pada tahun 1952 organisasi renang PBSI telah diresmikan sebagai world federation renang. Sejarah renang di Indonesia saat itu sudah mulai berkembang dan maju.
Sejarah renang di Indonesia pada tahun 1952 telah memberikan begitu banyak kemajuan di bidang olah raga renang. Indonesia telah mampu mengirim perwakilan untuk mengikuti lomba berenang pada olimpiade Helsinki 1952. Pada Asian games ke -2 indonesia telah mengirim tim polo air padatahun 1954 di Manila.Pada tahun ini juga telah diadakan kongres ke 2 PBSI yang memberi hasil bahwa organisasi ini diketuai oleh d. Seoprajogi. Kongres ini terus berlangsung setiap tahun dan pada tahun 1957 telah diadakan kembali kongres di MAkasar yang memberikan hasil pada peraturan-peraturan baru dan juga anggota baru pada organisasi ini.

Kejuaraan-kejuaraan renang telah berkemabang seiring berjalannya waktu. Sejarah renang di Indonesia mencatat bahwa pada tahun 1959 telah diadakan kejuaraan nasional untuk pertama kalinya di Jawa timur. Pada tahun ini juga telah merubah nama organisasi renang yang awalnya adalah PBSI menjadi PRSI. Pada tahun tersebut, organisasi renang ini masih diketuai oleh d. Soeprajogi.Perkembangan renang di Indonesia semakin pesat pada tahun 1962 dan telah sukses menghasilkan banyak nama pada perlombaan renang di dalam maupun luar negeri. Pada tahun selanjutnya, olah raga ini semakin maju dan juga berkembang. Sejarah renang di negara Indonesia ternyata sudah dimulai sejak sebelum kemerdekaan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger