Teknik Dasar Renang Yang Harus Dipelajari

Sabtu, 26 Maret 20160 komentar

Teknik dasar renang haruslah dipelajari bagi para pemula. Teknik ini perlu dipelajari dengan rutin sehingga bisa memahami teknik ini dengan baik. Berenang bisa menjadi olah raga yang menyehatkan dan juga menyenangkan. Belajar berenang bisa dilakukan dengan pengawasan dari pelatih atau juga bisa dilakukan secara otodidak. Belajar berenang akan lebih mudah jika anda memahami tiga hal sebagai teknik dasar untuk berenang yaitu meluncur, mengapung, dan juga bernafas. Tiga hal tersebut harus dilatih terlebih dahulu karena teknik ini cukup sulit dilakukan pada awal latihan.
Beberapa hal yang harus dipelajari
Pada awal latihan, akan ada pengenalan air terlebih dahulu sehingga bisa memberikan keberanian untuk mempelajari teknik berenang. Pengenalan agar anda bisa mulai terbiasa dengan air dan mengetahui sifat-sifat air terlebih dahulu. Teknik pertama yang harus dipelajari adalah teknik meluncur. Bagi pemula, teknik ini harus disertai dengan teknik mengambang. Agar bisa meluncur, anda bisa membungkukkan badan kedepan dengan tangan berada di depan. Kedua tangan harus lurus dengan badan yang membungkuk sedangkan kedua kaki berada pada dasar lantai kolam. Untuk memberikan dorongan pada badan, anda bisa meletakkan satu kaki pada dinding kolam untuk memberi dorongan agar badan dapat meluncur. Teknik dasar renang untuk meluncur bagi yang masih takut memulai bisa melatih gerakan kaki sambil berpegangan di sisi kolam.
Teknik dasar renang yang selanjutnya adalah tentang pernafasan. Sikap awal untuk melatih pernafasan saat berenang adalah dengan membungkukkan badan sejajar dengan air dan wajah menghadapdepan juga kedua tangan lurus kedepan. Latihan ini dilakukan dengan memalingkan wajah ke kiri dan kanan agar mulut bisa menghirup nafas. Gerakan seperti ini dilakukan bersamaan dengan gerakan tangan yang memutar dari depan ke belakang. Anda harus mengerti irama ketiak wajah berpaling lalu mengambil nafas ketika tangan berada dibelakang.
 Cara mengambil nafas haruslah benar yaitu dengan menghirupnya melalui mulut ketika muka berada dipermukaan air dan ketika muka di bawah air anda harus membuang udara melalui hidung. Teknik dasar renang ini dilakukan ketika anda sedang dalam keadaan telungkup dan juga terapung. Kedua tangan anda digunakan untuk berpegangan dengan dinding kolam. Usahakan agar permukaan air sejajar dengan dahi dan anda bisa mengulangi gerakan memutar kepala kekang dan juga ke kiri sambil berlatih mengambil dan juga membuang nafas dengan benar. Teknik renang dasar ini perlu dilakukan dengan benar sehingga anda bisa melakukannya dengan baik saat berenang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger