Mengenal Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu

Sabtu, 30 April 20160 komentar

Dalam sejarah, gaya kupu-kupu dalam berenang sebenarnya mulai diperkenalkan saat pertandingan berenang pada tahun 1933. Renang gaya kupu-kupu sebenarnya diturunkan dari gerakan renang yang menggunakan gaya katak dan gaya bebas. Bagi sebagian orang, gaya kupu-kupu bahkan dianggap sebagai gaya dalam berenang yang tersulit untuk dipelajari. Berikut ada beberapa teknik yang dapat anda pelajari agar bisa menguasai gaya kupu-kupu dalam berenang.
Macam-macam teknik renang gaya kupu-kupu
Teknik renang gaya kupu-kupu yang pertama adalah berkaitan dengan posisi badan. Untuk renang gaya kupu-kupu, posisi badan biasanya naik turun atau dengan meliuk-liuk saat berada di dalam air. Usahakanlah supaya gerakan kepala anda tidak terlalu naik dari permukaan air. Juga, usahakan agar gerakan kaki anda tidak terlalu turun. Hal ini bertujuan agar tidak menghambat laju anda saat berenang. Gerakan kaki juga tidak kalah pentingnya dalam teknik gaya kupu-kupu.
Untuk gerakan kaki, pastikan bahwa kaki dan paha selalu dalam posisi yang lurus. Juga, hindarilah menekuk dengkul atau lutut. Posisikan kedua kaki untuk agak rapat dan saling berdekatan. Untuk pantat dan pinggul pada renang gaya kupu-kupu, posisikanlah agak naik ke depan dan jatuhkan kedua kaki anda. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan dorongan kearah depan. Hal yang perlu anda tahu bahwa kekuatan gaya kupu-kupu sebenarnya terletak pada pergerakan pinggul bukan kaki.

Selanjutnya adalah teknik yang berhubungan dengan gerakan tangan. Untuk gerakan renang gaya kupu-kupu, posisikanlah kedua tangan dengan lurus di atas kepala pada awal renang dengan memposisikan kedua telapak tangan untuk saling berdekatan namun tidak menempel. Untuk gerakan tangan pada renang gaya kupu-kupu, tariklah kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Kemudian tariklah hingga ke belakang. Angkatlah kedua tangan dengan bersamaan saat keluar dari permukaan air. Kemudian, kembali ayunkan tangan anda ke depan. Memperhatikan pengambilan nafas juga tak kalah penting. Pada gaya kupu-kupu, pengambilan nafas bisa dilakukan dengan mengangkat kepala ke depan. Gerakan mengangkat kepala dilakukan pada pergerakan akhir tarikan dan saat anda memulai pergerakan mendorong lengan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger