Penjelasan Tentang Cabang Olahraga Renang

Minggu, 10 April 20160 komentar

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang diminati banyak orang. Olahraga juga banyak digemari orang dari berbagai kalangan usia baik anak-anak, remaja, sampai para orang tua. Cabang olahraga renang adalah olahraga yang biasanya melombakan kecepatan renang ketika mereka berenang. Gaya renang yang umumnya dilombakan adalah gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya dada. Seorang perenang yang bisa memenangkan perlombaan renang adalah perenang yang mampu menyelesaikan jarak lintasan yang tercepat.
Organisasi cabang olahraga renang
Setelah didapati para pemenang dalam babak penyisihan yang maju ke dalam babak semi final, serta para pemenang di semi final kemudian maju ke dalam babak final. Saling bersama dengan renang indah, loncat indah, renang dalam perairan terbuka, dan juga polo air. Cabang olahraga renang memiliki beberapa ketetapan perlombaan renang yang diputuskan oleh badan tingkat dunia yang bernama fina atau federasi renang internasional. Di indonesia, organisasi cabang olahraga renang dinamakan dengan prsi atau persatuan renang semua indonesia.
Sejarah cabang olahraga renang
Dalam sejarah olahraga renang, perlombaan berenang berawal di eropa yang kurang lebih tahun 1800. Biasanya, beberapa perenang besar memenangkan berenang dengan gaya dada. Pada tahun sekitar 1873, ada seorang yang bernama john arthur trudgen. Beliau kemudian mengenalkan gaya renang yang disebut sebagai gaya trudgen di perlombaan renang setelah mencontoh gaya renang dari suku indian. Karena orang inggris kurang terlalu suka terhadap gerakan renang yang bisa memercikkan air ke beberapa arah, kemudian trudgen mengganti gerakan dengan gaya kaki bebas. Dalam cabang olahraga renang, gaya ini biasanya melecut keatas dan ke bawah menjadi sebuah gerakan seperti kaki gunting atau gaya renang samping.
Bahkan, cabang olahraga renang selanjutnya menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan. Pertama kali olimpiade cabang olahraga renang dilaksanakan di athena sekitar tahun 1896. Untuk nomer renang putri, dilombakan di olimpiade stockholm pada tahun 1912. Kemduian, richard cavil mulai mengenalkan renang dengan gaya bebas sekitar tahun 1902. Dan pada tahun 1908, sebuah federasi renang internasional mulai dibentuk.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger