Daftar Gaya Renang Yang Sering Dilakukan

Kamis, 03 November 20160 komentar



Anda sering berenang ? atau senang berenang. Tentu saja berenang merupakan kegiatan yang menggunakan air sehingga jika anda ingin menikmati olahraga ini haruslah tetap bergerak teratur dari satu sisi ke sisi lain. Namun hal ini tidaklah mudah. Gaya renang dibuat untuk menstabilkan untuk tubuh anda ketika di air. Sehingga tidak bisa sembarangan jika anda ingin melakukan berenang, karena tubuh bisa saja keram atau menyebabkan cidera. Sehingga apa saja gaya renang dan berapa banyak jenisnya yang bisa anda lakukan.

1.    Gaya punggung
Dalam renang mungkin identik dengan mata dan wajah yang masuk atau menyelam ke arah air dan menghadap kebawah kolam renang. Namun ada yang disebut gaya punggung, dengan memanfaatkan kestabilan tubuh anda berenang menggunakan punggung dan wajah ada diatas air. Sewaktu berlomba perenang sudah dilatih memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan yang dilakukan masing-masing dan waktu. Gaya punggung melakukan gerakan lengan dan dan kaki serupa dengan gaya bebas namun dengan posisi telentang di permukaan air.  Kedua tangan akan menjadi penggerak utama. Start gaya punggung memang berbeda karena dilakukan dari dalam kolam.

2.    Gaya kupu-kupu
Nama yang unik untuk sebuah gaya renang bukan. Gaya kupu-kupu dikenal dengan gaya lumba-lumba atau berenang seperti ikan lumba-lumba. kedua lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan kedepan, sementara ke kedua kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas. Gerakan ini meniru sirip lumba-lumba untuk mengutamakan gerakan tubuh anda. selain itu gaya kupu-kupu termasuk paling baru ditemukan tahun 1933. Dalam gaya ini perenang cukup latihan lebih banyak gaya kupu-kupu agar lebih mudah.

3.    Gaya bebas
Selanjutnya ada gaya bebas yang tidak terikat pada teknik yang repot atau terlalu ribet. Teknik ini dapat dilakukan beraneka ragam gerakan yang membuat perenang dapat melaju dalam air. Gaya bebas ini dapat dilakukan baik oleh seorang pemula atau orang yang sudah terlatih. Gaya bebas banyak dilakukan oleh para atlet karena merasa gaya bebas merupakan gaya dinamis dan cepat. Namun pernafasan ini dilakukan saat lengan digerakan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping sambil mengambil nafas. Jika mengambil nafas anda bisa menengok ke kiri atau kekanan dengan teratur dan lebih cepat. Anda juga harus tahu takaran mana dan sampai mana anda mengambil nafas.

4.    Gaya dada
Gaya dada disebut gaya katak yang biasa meniru katak berenang. Tentu dengan melengkungkan kaki dan menggerakan tangan. Gerakan dada disebut gerakan efektif untuk mengajak seluruh tubuh berolahraga dengan mengurangi kemungkinan cidera. Sehingga bagi anda yang ingin mendapatkan otot yang kencang dan teratur maka gaya dada bisa digunakan rutin. kedua tangan diluruskan di depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan melaju lebih cepat kedepan. Pernafasan dilakukan di permukaan air, setelah melakukan satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Di banding gaya renang lainnya tentu saja gaya dada paling lambat namun paling baik untuk mengencangkan tubuh dengan kemungkinan cidera kecil.

Selain gaya anda juga bisa menggunakan air untuk relaksasi. Namun berenang tentu saja menggunakan hal yang teratur dan juga tidak sembarang agar tidak terjadi permasalahannya. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger