Gaya Manfaat Gaya Bebas saat Renang

Selasa, 08 November 20160 komentar



Berenang sudah menjadi banyak hobi masyarakat Indonesia. Khususnya anak-anak dan remaja. Dengan menggunakan media air, berkegiatan dan olahraga sungguh menyenangkan dan tidak terasa malas jika ingin melakukannya. Namun renang bisa dikatakan kegiatan yang perlu persiapan, banyak yang harus diperhatikan dan juga harus diawasi bagi anak-anak. Karena menggunakan air dalam volume yang sangat banyak, akan bahaya jika anda tidak mengawasi. Salah satunya dengan mengajarkan gaya atau gerakan yang bisa dilakukan ketika berenang. Misalnya salah satunya adalah gaya bebas .

Dalam renang banyak gerakan yang digunakan, dengan tujuan untuk membantu tubuh anda tetap bergerak dan tidak diam. Karena jika diam maka amda akan tenggelam dan lainhal. Namun demgam gerakan tubuh anda akan bergerak dari sisi ke sisi kolam dengan fungsi membakar tubuh seperti layaknya olahraga. Gerakan yang umum dilakukan orang ketika berenang adalah gaya bebas, gaya katak, gaya punggung, dan gaya beragam lainnya. Dengan begitu jika anda belum bisa gerakan renang, ada baiknya belajar terlebih dahulu. Jangan hanya memanfaatkan kolam renang untuk bermain air saja.

Apa itu gaya bebas ? Gaya bebas adalah gerakan renang yang menghadapkan tubuh ke bawah atau ke air, sehingga wajah anda menghadap ke air. Selain itu,kekuatan gerakan ini adalah sinkronasi dari gerakan dan juga nafas yang diambil oleh perenang. Gerakan mengayuh kedepan dengan kedua tangan secara bergantian. Sedangkan kaki bergerak naik turun dalam keadaan lurus untuk membantu mendorong tubuh. Nafas bisa anda ambil sesekali dengan menengokan wajah bersamaan dengan tangan yang mengayuh. Gaya renang bebas disebut front crawl karena menghadap ke depan.

Apa saja manfaat dari gaya bebas ? Beberapa peneliti bahkan atlet sudah mengungkap manfaat dari gaya ini. Memang tidak mudah melakukan gaya renang bebaa. Cukup menghabiskan energi dan gerakan harus dinamis. Manfaat pertama meninggikan tubuh. Bagi anda mungkin seluruh gerakan renang memang bisa meninggikan tubuh. Namun, bagi gaya renang bebas efeknya lebih bagus dan efektif dan juga cepat berhasil. Dengan tertariknya tubuh ke depan dan kebelakang maka tubuh akan tertarik sendirinya.

Manfaat selanjutnya adalah otot pada tubuh tidak akan mudah keram. Hal ini karena berenang melatih otot dan juga tubuh agar tidak kaku dan juga otot tidak mudah keram. Gerakan yang sering diasah karena menggunakan gaya bebas menjadikan tubuh anda tidak akan mudah lelah dan capek.


Manfaat gaya renang bebas selanjutnya adalah gaya renang bebaa melatih pernafasan dan olah nafas pada hidung hingga paru-paru. Karena anda dibiasakan mengambil nafas dalam, setelah itu paru-paru juga terendam dalam air sepenuhnya sehingga tekanan anda untuk bernafas agak sulit. Maka gaya renang bebas ini bermanfaat untuk olah nafas. Gaya renang bebas juga bisa melatih olah atau sinkronasi otak. Maka anak-anak yang cacat mental atau memerlukan rangsangan otak dan berenang bisa menjadi solusinya. Terutama gaya renang bebas yang menggunakan seluruh tubuh dan disinkronasi dengan baik. Manfaat yang terakhir adalah gaya renang bebas menarik seluruh otot yang ada pada tubuh, maka gaya renang ini disimpulkan bisa membentuk tubuh menjadi lebih bagus dan ideal. Terutama bagian lengan, paha dan juga bagian otot betis. Bagi pria, olahraga jenis ini bisa membuat bidang pada dada dan membentuk otot lengan, sedangkan wanita tentu saja membentuk tubuh. Dengan begitu bagi anda yang menginginkan olahraga yang menyenangkan namun bisa membuat tubuh anda menjadi layaknya body ideals gunakan olahraga renang dwngan gaya bebas. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger