Jenis – jenis Gaya Renang

Rabu, 16 November 20160 komentar

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin bagi sebagian orang yang melakukan renang atau tahu renang secara otodidak tidak terlalu memikirkan bentuk dari gerakan renangya. Pada umumnya setiap gerakan renang dasar pada hampir semua orang adalah bentuk dari gaya bebas yang kadang bervariasi, walaupun tanpa disadari oleh orang tersebut. Sebenarnya gerakan-gerakan renang memiliki banyak variasi tergantung dari orang yang sedang melakukan renang itu sendiri. Namun berdasarkan peraturan dan ketentuan yang telah disetujui secara Internasional terdapat empat jenis gaya renang umum yang diakui dan diketahui yang berkembang sampai saat ini.

Jenis dari gaya-gaya renang yang telah diakui kemudian dibuat menjadi kompetisi renang dengan cabang-cabang renang yang dibentuk berdasarkan gaya-gaya renang tersebut. Keempat gaya renang yang kita pahami saat ini meliputi: 1) gaya bebas; 2) gaya dada; 3) gaya punggung; dan 4) gaya kupu-kupu. Keempat gaya tersebut dipisahkan karena perbedaan bentuk gerakan dalam melakukan renang.  Keempat renang itu menjadi populer karena menjadi gaya renang yang dikompetisikan dalam lomba renang. Namun sebenanrnya selai keempat gaya renang tersebut, terdapat gaya renang lain misalnya renang gaya samping. Walau renang gaya samping tidak menjadi bagian dalam kompetisi renang, namun mempelajari renang ini dapat menambah pengetahuan atau berbagai variasi jenis renang untuk dicoba. Berikut beberapa gaya-gaya renang yang perlu dicoba atau dipelajari:
Renang gaya bebas
Renang gaya bebas atau biasa disebut renang front crawl. Merupakan salah satu gaya renang yang menjadi favorit dari banyak perenang, terutama yang sudah sering atau yang berpengalaman dalam dunia renang. Renang gaya bebas menggunakan gerakan lengan secara bergantian untuk menghasilkan dorongan saat berenang. Gerakan lengan pada renang ini secara berpola akan mengayuh bergantian kelura dan masuk dalam air. Pada fase recovery, lengan perenang akann berada diatas permuakaan air. Sedangkan gerakan kaki, menggunakan gerakan seperti mengibas atau biasa disebut flutter kick.
Renang gaya bebas merupakan teknik renang yang memiliki kecepatan tinggi serta lebih efisien untuk diterapkan. Diketahui bahwa renang gaya bebas merupakan teknik berenang dengan kecepatan tertinggi bahkan dibandingkan dengan teknik gaya renang lain. Oleh karena itulah menjadi alasan mengapa renang gaya bebas menjadi bagian renang dari olahraga triathlon.

Renang gaya dada
Renang gaya dada sering menjadi renang pilihan yang diajarkan oleh pelatih renang kepada pemula atau orang yang baru belajar berenang. Bahkan banyak perenang santai yang hanya mengetahui satu jenis gaya renang ini saja. Kelebihan dari renang gaya dada bagi pemula adalah pada renang ini, pemula dapat menjaga kepala mereka agar tetap berada di atas air pada saat berlatih gerakan dasar pada renang gaya dada. Hal ini bertujuan agar tetap menjaga pernapasan atau menghindari gangguan pernapasan saat melakukan siklus gerakan apabila kepala di dalam air. Bila pemula renang talah pandai pada gerakan dasar renang ini, barulah diterapkan siklus renang gaya dada yang salah satu siklus dimana kepala masuk ke dalam air. Sehingga pada tahap ini pemula belajar siklus kapan dan bagaimana mengatur pernapasan saat melakukan siklus kepala di dalam air pada saat renang gaya  dada.
Perenang handal atau perenang berpengalaman akan memilih melakukan renang gaya dada dengan siklus kepala keluar dan masuk dari dalam air karena langkah tersebut meningkatkan efisiensi gerakan dalam dorongan renang, sehingga renang menjadi dapat lebih cepat. Walau demikian, renang gaya dada merupakan renang yang memiliki kecepatan paling lambat dibanding dengan renang gaya lain yang dijadikan dalam kompetisi renang.

Renang gaya kupu – kupu
Renang gaya kupu – kupu merupakan renang dengan kecepatan tercepat kedua setelah renang gaya bebas. Renang gaya kupu – kupu memiliki reputasi atau terkenal sebagai gaya renang yang sulit untuk dipelajari dan juga cepat membuat lelah. Tetapi sekali perenang sudah menguasai teknik renang gaya kupu – kupu ini, maka berenang seberapa panjang dengan menggunakan gaya renang ini akan terasa menyenangkan bagi  perenang tersebut.
Pada renang gaya kupu – kupu,  termasuk dalam salah satu renang yang dikompetisikan karena renang ini memiliki teknik yang unik dan gerakan yang spektakuler saat melakukannya. Pada renang gaya kupu – kupu ini, gerakan kedua lengan simetris secara bersamaan keluar dan masuk dari dalam air untuk membantu gerakan renang. Fase recovery lengan pada renang gaya kupu – kupu ini adalah ketika berada di atas permukaan air. Pada renang gaya  kupu – kupu ini juga menggunakan gerakan tubuh yang menyerupai gelombang (undulasi) dan juga menggunakan gerakan kaki seperti grakan lumba – lumba untuk mengayuh atau biasa disebut dengan dolphin kick. Renang gaya kupu – kupu ini disebut demikian karena bentuk gerakannya tampak seperti keupu – kupu yang akan terbang, dimana gerakan lengan akan tampak seperti gerakan sayap kupu – kupu.

Renang gaya punggung
Sesaui dengan nama dari renang ini, renang ini merupakan renang yang menggunakan punggung sebagai dasar tubuh terhadap air (atau sebagai bagian paling bawah tubuh) saat berenang). Renang gaya punggung menggunakan gerakan lengan secara melingkar dan secara bergantian keluar dan masuk dari dalam air sesuai dengan ritme dan polanya. Fase recofery lengan pada renang gaya punggung ini adalah ketika lengan berada di atas permukaan air. Pada renang ini, kaki melakukan gerakan atau mengayuh dengan pukulan kaki yang seperti mengibas atau disebut dengan flutter kick, sama dengan gerakan kaki saat melakukan gerakan renang gaya bebas.
Renang gaya punggung merupaka renang yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding dengan renang gaya dada, namun kecepatannya masih lebih lambat dibanding dengan renang gaya kupu – kupu. Selain itu, dokter kesehatan sering menganjurkan renang gaya punggung ini bagi pasien atau orang – orang yang dengan kelainan atau masalah di punggung.  Hal ini dikarenakan renang gaya punggung dapat menjadi fisioterapi atau latihan untuk mengembalikan fungsi atau kesehatan punggung bagi penderitanya sendiri.

Renang gaya samping
Renang gaya samping merupakan selah satu gaya renang yang posisi tubuh di dalam air menggunakan posisi menyamping atau salah satu sisi samping tubuh menjadi dasar di air saat melakukan gerakan renang. Gerakan kaki pada renang gaya samping mneggunakan gerakan kaki yang seperti gerakan menggunting atau baisa disebut dengan scissor kick. Selain itu, gerakan lengan pada renang gaya samping ini memiliki gerakan yang asimetris antara kedua lengan. Salah satu lengan yang memiliki sisi sama dengan sisi terbawah tubuh akan melakukan gerakan seperti melingkar dari depan kepala hingga dada, dan tetap berada di dalam air. Sedangkan lengan sebaliknya akan berada di samping sisi teratas tubuh dan melakukan gerakan melingkar kedepan hingga dada
Renang gaya samping tidak digunakan atau tidak termasuk dalam kompetisi renang, sehingga menjadi kurang dikenal oleh banyak orang. Namun, renang ini dapat menjadi variasi lain untuk dipelajari. Selain itu, para penjaga pantai menggunakan renang ini saat menolong orang, kerena gaya renang ini akan mudah dipakai untuk menarik orang yang di tolong dari dalam air.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger