Macam-Macam Alat bantu renang

Senin, 14 November 20160 komentar

Alat yang penting dipenuhi

Swimsuit
Swimsuit atau baju renang adalah pakaian yang digunakan cocok atau sesuai dengan kondisi basah dan berada di perairan. Bila baru belajar berenang, sebaiknya perenang juga menyiapkan pakaian renang. Pakaian renang juga dapat mempengaruhi proses berenang yang dilakukan perenang, dimana ketika berenang, maka perenang akan meluncur menembus air dan mengurangi daya hambat terutama oleh pakaian, selain itu pakaian rumahan bisa menyerap air lebih banyak dan membuat beban bagi tubuh. Untuk pria, biasanya berenang dengan celana atau celana model trunk. Celana model boardshort sangat tidak cocok digunakan untuk berenang karena dapat memberikan daya hambat besar saat berenang. Untuk wanita, baju renang yang paling nyaman biasanya pakaian renang model one – piece.

Topi renang (cap)
Topi renang juga perlu digunakan saat berenang di kolam umum, terutama jika perenang (paling banyak perempuan) memiliki rambut yang panjang. Topi renang berguna untuk menjaga agar rambut tidak menutupi wajah atau berhamburan saat perenang meluncur di kolam.

Kacamata renang (goggle)
Kacamata renang merupakan alat yang paling penting digunakan. Jika pemula serius untuk belajar renang, maka kacamata renang menjadi alat penting dipenuhi. Dalam melakukan gaya renang, banyak siklus renang yang mengharuskan kepala berada di dalam air untuk mencapai gerakan sempurna dalam berenang. Namun secara umum, air kolam yang mengandung disinfektan dapat membuat mata perih saat berada di dalam air. Jika hal ini terjadi, banyak perenang tidak akan bertahan lama di dalam kolam dan memilih beristrahat. Dengan menggunakan kacamata renang, maka perenang dapat bertahan lebih lama berada di dalam air. Selain itu, kacamata renang juga menjaga pandangan perenang saat berada di dalam air, sehingga perenang dapat berenang lebih  santai dan efisien.

Alat penunjang yang bagus untuk dimiliki
Klip hidung (Nose clip)
Ketika belajar melakukan renang, terutama gerakan renang dari gaya bebas dan gaya punggung, diperlukan kordinasi atau pengaturan pernapasan dengan gerakan tubuh saat berenang. Ada saatnya dalam siklus berenang, perenang perlu menahan napas atau membuang napas. Selain itu, dalam berenang, sebaiknya proses pengambilan napas dilakukan atau diambil alih oleh mulut. Sehingga tidak lagi melalui hidung, karena berisiko air akan terhirup dari hidung. Hal ini tidak sedikit terjadi, dimana para pemula renang sering terganggu latihan karena belum mampu mengatur pola pernapasan dengan tidak memakai hidung dan menggunakan mulut. Oleh karenanya, menggunakan klip hidung membantu para perenang yang masih kesulitan mencegah agar air tidak terhirup melalui hidung. Namun alat ini dapat tidak dipakai bila perenang sudah terbiasa dan mampu mengatur pernapasan sehingga air tidak masuk ke hidung.

Fins swim (sepatu/kaki katak)

Kaki katak atau fin merupakan sebuah alat bantu renang yang dipasang pada kaki. Kaki katak selain digunakan untuk kegiatan snorkeling atau menyelam, juga dapat digunakan untuk belajar renang terutama renang gaya bebas dan renang gaya kupu – kupu. Dengan menggunakan kaki katak, gerakan atau pukulan kaki saat mengayun di air menjadi lebih efisien sehingga perenang dapat fokus pada gerakan lengan pada renang gaya bebas dan gerakan seperti gelombang pada renang gaya kupu – kupu. Dengan menggunakan alat ini, maka efektifitas gerakan kaki dapat menjadi beberapa kali lipat lebih besar, sehingga para pemula kadang menjadi mudah untuk mengapung atau berenang jika menggunakan alat ini. Untuk awal dan latihan, sebaiknya menggunakan kaki katak berukuran pendek, karena semakin panjang kaki katak, maka semakin akan membuat kaki menjadi pegal. Hal tersebut dikarenakan semakin besarnya beban air yang di dayung oleh kaki.

Alat bantu renang lainnya
Pull Buoy
Pull buoy adalah pengapung atau pelampung yang berbentuk angka delapan yang terbuat dari busa yang digunakan dengan cara dijepitkan diantara kedua paha. Alat ini berguna membantu pemula yang berusaha menguasai posisi horizontal yang baik dalam air. Alat ini memberikan sedikit daya apung pada kaki sehingga perenang tidak perlu melakukan aktivitas berat pada kaki saat fokus melakukan latihan gerakan lengan. Beberapa perenang menggunakan alat ini untuk melakukan latihan renang gaya bebas. Namun dikatakan bahwa hal tersebut tidak terlalu berguna, karena dapat mengganggu keseimbangan saat berenang. 
Ada dua macam bentuk pull buoy, yang pertama berbentuk satu kesatuan yang terbuat dari busa dengan bentuk menyerupai jam pasir. Bentuk kedua terbuat dari dua potong busa yang tubular yang dihubungkan menjadi satu dengan dua tali.
Pull buoy digunakan sebagai alat untuk membantu untuk membantu kaki terapung, sambil belajar melatih gerakan lengan pada gerakan renang dada, renang gaya punggung, dan renang gaya bebas. Pull buoy tersebut sering disebut – sebut sebagai alat bantu latihan untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas serta keseimbangan dalam air, terutama bila digunakan bersamaan dengan swim paddle

Water noodle
Water noodle atau yang disebut swim noodle yang berbentuk tabung panjang yang fleksibel terbuat dari busa. Alat itu merupakan sebuah asesoris atau mainan yang biasa dipakai pada kolam renang, yang juga bisa digunakan sebagai alat pengapung yang menyokong tubuh bagian atas untuk fokus belajar atau berlatih gerakan kaki.
Water noodle memiliki banyak jenis warna sehingga membuat alat ini menjadi favorit mainan anak – anak di kolam renang. Alat ini terbuat dari busa dengan ukuran panjan sekitar empat atau lima kaki, dengan ketebalan tiga atau empat inci. Ada berbagai jenis water noodle, ada yang memiliki tulang inti di dalamnya agar menjaga bentuk water noodle tetap lurus, dan ada juga yang tidak memiliki tulang inti. Ada juga water noodle jenis lain yang berbentuk seperti balon yang diisi angin, namun kurang begitu populer.

Kickboard
Kickboard juga digunakan untuk membuat kaki fokus tidak banyak bergerak dalam hal – hal tertentu. Alat ini juga bisa membuat bahu pegal ketika diletakkan di depan dada, sehingga lengan harus meregang melebar memanjang. Oleh karena itu banyak orang lebih suka menggunakan water noodle sebagai pilihan alternatif

Kickboard biasa digunakan ketika belajar gerakan gaya renang baru atau ingin meningkatkan teknik renang. Alat biasa digunakanuntuk belajar gerakan renang gaya dada, gerakan mengayu kaki berupa gerakan mengibaskan (flutter kick), gerakan renang gaya bebas dan gerakan tubuh menyerupai gelombang pada renang gaya kupu – kupu.

Swim paddle
Swim paddle merupakan sebual alat bantu yang dipasang di telapak tangan. Swim paddle ini berfungsi sebagai pendayung tangan. Penggunaannya dalam latihan renang secara rutin dan teratur akan membuat bahu perenang lebih kuat dan memungkinkan berenang menjadi lebih cepat.

Swim paddle memiliki kegunaan, walaupun membantu gerakan renang, sebenarnya tujuannya bukan untuk membantu atau mempercepat renang. Melainkan membantu untuk meningkatkan keterampilan menggunakan teknik renang yang benar.





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger