Manfaat Renang dan Kebutuhan Cairan Renang

Kamis, 10 November 20160 komentar


Manfaat renang
Renang dikenal sebagai salah satu olahraga yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Berenang dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan untuk semua orang di segala usia.

Olahraga untuk semua anggota tubuh
Manfaat pertama dari renang adalah bahwa renang memberikan latihan bagi seuluruh anggota tubuh. Hal ini dikarenakan bahwa renang memang mengharuskan kita untuk menggerakkan semua anggota tubuh. Sebagai konsekuensinya, semua otot dalam tubu kita akan terus melakukan gerakan selama melakukan olahraga.
Hal ini dapat menjadi lebih terasa jika kita berenang dengan terus berganti – ganti gaya renang selama latihan. Karena setiap gara renang mengharuskan kita menggerakkan anggota tubuh yang berbeda –beda. Selain itu renang juga memerlukan seluruh anggota tubuh untuk bergerak lentur dan rileks pada setiap sendi - sendi.

Latihan kardiovaskular
Manfaat kesehatan dari renang yang lainnya adalah renang merupakan aktivitas yang membutuhkan ketahanan berolahraga, sehingga menyebabkan terjadinya latihan kargiovaskular yang baik. Dengan berenang membantu dalam menurunkan tekanan darah, memperkuat jantung, serta meningkatkan kapasitas aerobik kita.

Olahraga dengan dampak benturan yang rendah
Ketika kita melakukan renang, maka tubuh akan di sokong oleh air. Air memiliki kerapatan molekul yang jauh lebih besar dari udara, sehingga air dapat mencegah terjadinya benturan atau trauma dengan cara menghambat lajunya kecepatan di dalam air. Faktor – faktor ini yang membuat renang menjadi salah satu olahraga terbaik yang memiliki dampak benturan yang rendah, bahkan saat melakukan olahraga atau latihan yang berisiko menyebabkan benturan keras sehingga dapat menghindari trauma dan cedera.

Oleh karenanya kadang renang menjadi solusi olahraga yang aman bagi Orang Tua, menjadi olahraga yang aman untuk latihan bagi Ibu hamil, menjadi olahraga alternatif bagi atlet yang sedang ccedera, dan aman serta menguntungkan untuk olahraga bagi orang – orang yang dengan kelebihan berat badan.
Olahraga alternatif di cuaca panas
Berenang menjadi olahraga alternatif yang sangat baik untuk menjadi kombinasi atau pengganti latihan lain pada saat suhu panas. Sebagai contoh, berenang dapat dilakukan pada saat musim panas ketika suhu pada siang hari sangat panas dan tidak memungkinkan melkukan olahraga di darat atau diluar rumah, misalnya olahraga lari. Selain itu, olahraga ini juga menjadi alternatif bagi pelari yang tidak ingin terluka.

Menurunkan dan menjaga berat badan
Manfaat kesehatan lainnya dari berenang adalah sebagai olahraga yang membantu menjaga dan menurunkan kelebihan berat badan. Berenang dapat membakar sekitar 3 kalori per kilogram berat badan dalam tiap mil. Untuk lebih efektif dalam menjaga berat badan, kita sebaiknya berenang 2 atau 3 kali seminggu setidaknya selama 30 menit penuh atau terus – menerus.
Jika anda orang yang kelebbihan berat badan, berenang menjadi cara terbaik untuk menurunkannya karena dapat berolahraga dengan aman tanpa perlu melakukan olahraga yang dapat membebani sendi.

Membantu terapi penyakit
Berenang sering dianjurkan oleh dokter untuk pasiennya yang sering mengalami nyeri atau mesalah punggung. Berenang gaya punggung merupakan latihan yang baik untuk merilekskan dan memperkuat punggung. Selain itu, renang juga sangat baik bagi orang dengan penyakit srtritis (nyeri sendi) karena menjadi latihan gerak tubuh tanpa merisikokan sendi.

Kebutuhan cairan tubuh saat berenang
Tidak ada hasil pasti yang menjelaskan tentang rehidrasi pada atlet marato, triatlon, atau olahraga sejenis selama lebih dari 60 menit. Jika kita berenang, kita akan menghasilkan keringat walaupun berada didalam air. Untuk menjaga tubuh bekerja dengan baik, kita harus minum. Selama berenang, kita tidak akan merasa berkeringat, padahal hilangnya cairan tubuh di dalam air juga dapat mempengaruhi kinerja kita. Jika hal ini tidak di rehidrasi kembali, maka akan memperburuk kinerja selama latihan atau kompetisi dan perlu waktu lebih lama untuk pulih kembali atau fit kembali.

Latihan
Jika latihan dilakukan selama kurang dari setengah jam, maka tubuh mengalami dehidrasi jika air kolam dalam suhu hangat, atau sedang latihan serius, atau jika anda laki – laki. Selama latihan, dianjurkan mengganti cairan dengan mengkonsumsi minuman olahraga (yang mengandung 60 – 80 gr karbohidrat dan 2 gr garam dalam 2 liter air). Minuman jenis ini lebih cepat diserap oleh usus.
Pada anak, mereka kurang berkeringat dibanding orang dewasa, namun lebih mudah kehilangan panas tubuh. Namun mereka kurang dapat merasa haus dibandingkan orang dewasa.

Pemanasan renang
Durasi pemanasan relatif cepat, sehingga relatif kecil untuk menyebabkan hilangnya cairan tubuh. Kita cenderung akan lebih berkeringat jika cuaca atau suhu sedang panas. Meminum minuman olahraga sebelum atau selama pemanasan dianjurkan jika mengalami keringat banyak. Minuman olahraga lebih baik dibanding dengan minuman lain (teh, air putih, jus dan lain – lain).

Renang jarak jauh (open water)
Pada renang jarak jauh, rekomendasi rehidrasi serupadengan saat olahraga lari maraton, atau triatlon, atau olahraga lain. Tetap mengkonsumsi minuman yang mengandung karbohidrat seperti pada minuman olahraga atau soft drink (jangan yang mengandung gas) pada saat sebelum dan selama olahraga jika mungkin.

Aktivitas dan cairan tubuh
-       Orang dewasa membutuhkan 2,5 liter air per hari saat dalam keadaan istrahat dibawah suhu normal.
-       Jika kehilangan cairan sekitar 2% dari berat badan melalui keringat, dapat membuat kinerja berkurang. Jika berat badan 50 kg, maka kemungkinan keringat tersebut sekitar 1 liter.
-        Kehilangan cairan lebih banyak terjadi pada olahraga yang lebih berat. Pelari maraton diketahui dapat hingga 5 liter, pemain sepakbola dapat hingga 3,5 liter pada saat cuaca panas.
-       Minuman yang mengandung 60 – 80 gr karbohidrat per liter (isotonik) lebih mudah diserap dalam usus dibanding air minum murni (hipotonik) atau soft drink (cola dll) dan jus buah (lebih dari 100 gr karbohidrat / hipertonik).
-  

Minum minuman dingin (tapi jangan terlalu dingin) pada cuaca panas dibolehkan, hal ini membantu mendinginkan suhu tubuh. Sebaliknya jika suhu atau air kolam sedang dingin, sebaiknya minum minuman hangat.

Laki – laki lebih banyak berkeringat dibanding perempuan.

Anak sebelum usia pubertas kebih sedikit berkeringat dibanding remaja dan orang dewasa.

Minuman yang mengandung karbohidrat, khususnya gula, menginisiasi pelepasan hormon insulin oleh pankreas. Insulin merupakann hormon yang memungkinkan sel – sel otot mengambil gula dari dalam darah. Hal ini merupakan sesuatu yang baik. Namun, hal ini bisa menjadi lebih buruk jika peredaran insulin berlebih dalam darah menyebabkan penurunan drastis kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan mudah lelah dan penurunan konsentrasi mental.

Anak – anak dan orang bertubuh kecil lebih mudah kehilangan panas tubuh di dalam air dibandingkan dengan orang dewasa atau orang bertubuh gemuk. Hal ini disebabkan pengaruh berat badan terhadap luas permukaan tubuh.
Rehidrasi yang baik ditunjukkan dengan utin yang berwarna hampir jernih, biasanya seperti warna sedikit kuning ringan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger