Pakaian – Pakaian Renang

Jumat, 18 November 20160 komentar


Dalam melakukan renang, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi proses renang. Salah satu faktor tersebut adalah faktor pakaian renang atau disebut swimmingsuit atau swimwear. Pakaian dikatakan menjadi faktor penting dalam renang adalah karena pengaruh pakaian yang biasa digunakan sebagai pakian sehari-hari ternyata tidak efisien digunakan untuk berenang. Hal ini disebabkan karena pakaian sehari – hari cenderung memiliki serat yang bisa menyerap banyak air. Sehingga pada akhirnya jika digunakan untuk berenang akan memperberat beban saat berenang dan menghambat renang. Selain itu, pakaina khusu renang juga tidak memiliki bobot yang berat sehingga nyaman digunakan. Terlebih lagi desain baju renang sesuai ukuran tubuh bertujuan menjaga agar tidak ada bagian – bagian pakaian yang dapat bersifat sebgai kantong untuk air dan sehingga tidak menghambat perenang.
Pakaian renang terus berkembang dari zaman ke zaman dan semakin disempurnakan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bagi perenang. Sebenarnya terdapat beberapa jenis pakaian renang baik yang digukan untuk laki – laki ataupun perempuan. Berikut beberapa jenis pakaian renang antara lain:
Pakaian renang Unisex
Pakaian ini merupakan pakaian yang biasa digunakan saat berenang, yang bisa digunakan baik oleh laki – laki atau pun wanita.

   Boardshort
Pakaian jenis renang ini sudah lama sering digunakan sejak zama dulu. Pakaian ini memiliki ciri berupa celan yang menutup dari pinggang hingga ke lutut. Celana renang ini memiliki bagian pinggang yang tidak berkaret dan cenderung memiliki ukuran yang sedikit ketat untuk tubuh. Boardshort sering digunakan olet atlet peselancar, misalnya surfing, paddleboarding dan wakeboarding. Terdapat juga desain yang cukup longgar pada celana ini.



      

 Rash guard
Rash guard biasa dikenal sebagai rash vent atau rashie. Pakaian renang jenis ini merupakan jenis pakaian lengan panjang yang dibuat dari bahan spandex dan nilon atau polyster. Pakaian ini dapat digunakan sebagai pakaian alternatif pengganti pakaian selam selama cuaca hangat. Arti dari rash guard bahwa melindungi dari ruam, yang artinya bahwa pakaian renang ini memiliki manfaat melingdungi pemakainya dari terjadinya ruam akibat luka lecet, atau kulit terbakar kaibat paparan yang sangat lama dari sinar matahari atau sinar ultraviolet.




Wetsuit atau Drysuit
Pakaian renang wetsuit atau drysuit dibuat dengan ukuran yang pas atau ketat, utnuk kegiatan renang yang memelukan waktu berendamyang lebih lama, misalnya kegiatan – kegiatan snorkeling, scuba diving, berselancar dan lainnya.  Pakaian ini terbuat dari neoprene dengan tebal yang berbeda – beda serta model yang berbeda, tergantung dengan kebutuhan pengguna. Pakaian ini biasa digunakan oleh peselancar, penyelam, windsurfing canoeists dan olahraga lainnya yang terlibat dengan air. Selain melindungi dari luka lecet dan terik matahari, pakaian ini juga dapat berfungsi menjaga suhu badan sehingga tubuh tidak kehilangan panas. Selain itu, pakaian ini juga memberikan daya apung yang lebih tinggi saat digunakan.

Perbedaan antara wetsuit dan dry suit adalah  pakaian dry suit dirancang untuk mencegah air masuk kedalam pakaian sehingga melindungi tubuh dari air. Sehingga tubuh dapat terlindung dari air, dimana jika air masuk ke dalam pakaian maka akan membuat tubuh mudah dingin dan cepat kehilangan panas tubuh ketika dalam air. Oleh karenanya pakaian dry suit cenderung lebih baik digunakan terutama pada air yang memiliki temperatur dingin. Namun kadang pakaian renang dry suit cenderung memiliki harga yang lebih mahal.

Pakaian renang wanita

1.      One piece
One piece merupakan bentuk pakaian renang wanita yang paling umum digunakan oleh wanita atau oleh anak perempuan saat berenang di laut maupun di kolam. Sifat dari pakian ini adalah menutupi bagian tubuh terutama dari paparan sinar matahari.  Pakaian renang ini memiliki bentuk yang ketat, dan berbentuk menutupi badan, kecuali bagian atas dada dan bagian punggung

1.      Bikini

Bikini merupakan salah satu pakaian renang perempuan yang terdiri dari 2 potong pakaian yang menutupi bagian payudara, bagian kemaluan dan bokong.

1.      Microkini
Microkini merupakan bentuk bikini yang sudah mengalami modifikasi. Microkini memiliki tampilan mirip bikini, namun bagian yang ditutupi oleh microkini cenderung lebih kecil. Sehingga bentuk microkini lebih kecil dari bikini.

1.      Tankini
Tankini merupakan bentuk pakaian renang perempuan yang terdiri dari 2 potong meliputi bagian yang menutupi payudara dan perut (seperti tank top), dan bagian lainnya menutupi daerah kemaluan dan bokong. Tankini cenderung lebih menutupi badan dibandingkan dengan bikini. Tankini cocok digunakan bagi perempuan yang tidak ingin perutnya terlihat atau berperan untuk menutupi bagian perut. 

1.      Monokini
Monokini merupakan modifikasi dari cara berpakaian bikini, dimana monokini merupakan pakaian renang yang hanya menutupi bagian selangkangan dan bokong perempuan. Pada monokini, perenang perempuan tidak menggunakan pakaian penutup bagian payudara, sehingga payudara tidak tertutupi dan bisa tampak bagi semua orang. Terdapat banyak variasi dari monokini yang terus berkembang.

1.      Burqini
Burqini merupakan jenis baru dari baju renang perempuan, yang memadukan antara burqa dan bikini. Pakaian ini dirancang untuk menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, tangan dan kaki, namun tetap ringan digunakan untuk berenang. Pakaian ini dibuat untuk menyesuaikan tradisi Islam untuk menutup aurat. Pakaian ini mungkin hampir mirip dengan wetsuit. 

Pakaian renang laki – laki

1.      Swim brief
Swim brief dikenal juga dengan racing brief, speedos, celana kompetisi dan bathers. Celana renang ini sering di buat dari wol dan dibuat dengan gaya mirip kanvas militer di bagian pinggang pada tahun 1930. Celana renang ini kemudian berkembang dan dibuat dari bahan nilon, pertama kali diluncurkan pada Olimpiade Melbourne 1956. Untuk saat ini, celana renang ini sering dibuat dari nilon dan spandex, selain itu terdapat juga yang terbuat dari polyster sehingga hasilnya dapat bertahan lama.

1.      Trunks
Trunks atau di Australia dikenal dengan Boardshort (padahal beda dengan boardshort). Celana ini memiliki tampilan yang longgar pada bagian paha dan memanjang hingga bagian lutut. Umumnya terbuat dari polyster atau nilon. Celana ini umumnya lebih pendek dibandingkan celana boardshort dan lebih panjang dibandingkan celana boxer. Trunk sudah digunakan sebagai celana renang sejak tahun 1940an, lalu populer pada tahun 1990an ketika celana ini menjadi terkenal ketika ditampilkan pada acara TV Baywatch. Namun hari ini, celana trunk kalah populer dibandingkan dengan celana Boardshort pada kalangan remaja dan dewasa muda. Celana ini sering digunakan oleh Orang Tua dan anak – anak saat ini.

1.      Square Cut Swim Trunk
Celana renang ini merupakan celana dengan tampilan mirip Swim brief, tetapi potongan atau panjangnya lebih menutup dibandingkan dengan swim brief. Celana ini bisa dibandingkan dengan boxer, tetapi terbuat dari bahan spandex atau nilon serta polyster.

1.      Jammer
Merupakan celana renang yang dikenakan pria yang sering digunakan. Bentuknya  hampir mirip menyerupai celana para atlet sepeda.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger