Sejarah Kolam Renang (Part I)

Selasa, 22 November 20160 komentar

 Kolang renang atau biasa juga disebut kolam mandi atau kolam rendam merupakan sebuah wadah atau bak yang berisikan air untuk tujuan berenang atau kegiatan santai lainnya. Pembuatan kolam renang dapat menjurus ke dalam tanah (dengan menggali tanah) atau dapat dibuat diatas permukaan tanah (Struktur kolam dibuat diatas permukaan tanah termasuk dinding dan sara kolam). Selain itu kolam renang juga menjadi fitur yang terdapat dalam penyediaan layanan jasa pada kapal laut atau kapal pesiar. Pada permukaan tanah, kolam renang sering dibentuk atau dibuat dari beton, betu alam, logam, plastik atau fiberglass. Untuk ukurannya, dapat dibuat secara costum atau terserah dari pembuat apakah ingin membangun ukuran standar. Ukuran kolam renang terbesar diketahui adalah ukuran kolam renang pada Olimpiade.

 
 Banyak klub kesehatan atau tempat pusat kebugaran menyediakan fasilitas kolam renang yang bisa digunakan untuk tujuan olahraga atau rekreasi. Selain itu, banyak kota yang sudah menyediakan tempat pemandian atau kolam renang umum.  Selain itu, anyak hotel – hotel  yang juga memiliki fasilitas kolam renang untuk digunakan oleh para tamu hotel disela waktu luangnya. Untuk beberapa sekolah dan Universitas yang memiliki pendidikan di bidang jasmani, atletik dan olahraga kadang juga memiliki fasilitas kolam renang sendiri. Selain itu, sekarang ini semakin berkembang kolam pemandian air panas dan spa yang bisa digunakan untuk relaksasi atau hidroterapi. Sebenarnya terdapat juga kolam khusus yang digunakan untuk menyelam dan olahraga air lainnya, serta pelatihan khusus bagi penjaga pantai dan astronot.

Sejarah
 Di Mohenjo-Daro (di daerah Pakistan) terdapat kolam renang yang merupakan hasil penggalian yang diduga berasal dari 3 abad lalu sebelum masehi. Kolam renang ini memiliki ukuran panjang 12 meter dan lebar 7 meter, yang ditutupi dengan pagar yang terbuat dari batu.
Pada zaman yunani dan Romawi kuno, dibangun kolam buatan untuk pelatihan atletik di palaestras, untuk sebuah kegiatan game atau untuk pelatihan militer. Kaisar Romawi memiliki kolam renang pribadi. Kolam renang air panas pertama kali dibangun oleh Gayus Maecenas di Roma sekitar 1 abad sebelum masehi. Gayus Maecenas merupakan seorang Romawi yang kaya dan merupakan salah satu orang yang dianggap mencintai bidang seni.
 Di Sri Lanka juga di bangun kolam yang disebut “Kuttam Pokuna” di kerajaan Anuradhapura pada saat 4 abad sebelum masehi. Kolam tersebut dihiasi dengan berbagai hiasan serta ukiran.

Kolam Modern
 Kolam renang menjadi populer di Inggris pada pertengahan abad ke – 19. Pada awal 1837, dibangun enam kolam renang indoor di londong (Inggris). Kent meyakini bahwa The Maidstone Swimming Club di Maidstone merupakan klub renang yang tertua bertahan di Inggirs. Klub renang ini dibentuk atas kekhawatiran dari kejadian tenggelam di sungai Medway terutama karena tim penyelamat juga sering mengalami hampir tenggelam karena kesusahan untuk berenang ke tempat aman. Selain itu, sungai tersebut juga menjadi tempat dilakukannya kompetisi renang, pertandingan Polo air dan beberapa kompetisi ai r lainnya.
 Pada tahun 1839, di Oxford juga dibuat kolam renang yang besar pertama yang dibuka untuk umum di Temple Cowley, sehingga meningkatkan popularitas olahraga renang. Pada tahun 1869, dibentuk asosiasi perenang amatir di Inggris, dan pada tahun 1909 di bentuk Oxford Swimming Club dengan bertempat di Temple Cowley Pool.
 Olimpiade moderen dimulai pada tahun 1896 dan termasuk didalamnya perlombaan atau kompetisi renang, setelah popularitas kolam renang mulai menyebar. Di Amerika Serikat, Racquet Club of Philadelphia clubhouse pada tahun 1907 membuat salah satu kolam renang moderen yang dibangun di atas permukaan tanah. Kolam renang pertama yang berada di laut adalah kolam renang yang berada di kapal pesiar yang dibuat oleh perusahaan White Star Line Adriatic pada tahun 1907. Sedangkan kolam renang tertua di Amerika terletak di Belmont.
 Minat terhadap renang meningkat setelah Perang Dunia I. Standar ditingkatkan dan pelatihan menjadi  penting. Rumah dengan kolam renang menjadi populer di Amerika Serikat setelah Perang Dunia II dan akibat publikasi dari film – film Hollywood seperti Esther Williams’ Million Dollar Mermaid yang membuat kolam renang di rumah. Lebih dari 50 tahun kemudian, rumah dengan fasilitas dengan kolam renang menjadi sebuah pemandangan yang lazim aatau umum. Di beberapa negara, industri di bidang kolam renang berkembang dan menguntungkan baik untuk kolam renang atau kolam spa.

Rekor kolam renang
 Menurut Guinness World Records, kolam renang terbesar di dunia adalah kolam San Alfonso de Mar Seawater pool di Algarrobo, chili. Kolam ini memiliki panjang 1.013 m (3.323 kaki) dan memiliki luas sekitar 8 ha. Dasar yang terdalamnya sedalam 3,5 m (11 kaki) dan selesai dibbangun pada Desember 2006.

 Rekor untuk kolam indoor terbesar dengan memiliki ombak atau gelombang terdapat di Amerika Utara di West Edmonton Mall dan kolam renang indoor terbesar yaitu The Neutral Bouyancy Lab di Sonny Carter Training di NASA JSC di Houston.
Pada tahun 2014, Y-40 Swimming Pool di Hotel Terme Millepini di Padua, Italia menjadi kolam renang indoor dengan kedalaman yang terdalam, yang dicatat dan disertifikasi oleh Guinness Book of World Records. Sebelumnya pusat rekreasi menyelam  Nemo 33 di dekat Brussels Belgia menjadi yang terdalam memegang rekor sampai Y-40 selesai dibangun.
 Kolam renang Fleishhacker di San Fransisco adalah kolam renang air panas yang terbesar di Amerika Serikat. Kolam ini dibuka pada tanggal 23 April 1925, dengan ukuran panjang 300 m dan lebar 50 m (1000 kaki kali 150 kaki), saking begitu besarnya sehingga diperlukan tim patroli seperti penjaga pantai. Namun kolam ini ditutup pada tahun 1971 karena tingkat keamanan yang kurang.
Di Eropa, kolam renang terbesar dibuka pada tahun 1934 di Elblag (Polandia), dengan luas kolam sekitar 33.500 meter persegi.
 Salah satu kolam renang terbesar yang pernah dibuat konon berada di Moskow setelah istana Soviet tidak selesai dibangun.  Pondasi Istana kemudian diubah menjadi kolam renang terbuka Moskva Pool. Namun, setelah jatuhnya komunisme, Katedral Christ The Saviour di bangun di tempat tersebut kurang lebih antara tahun 1995 dan 2000. Sebelumnya, katedral ini berdiri sejak tahun 1883, namun karena saat itu kehidupan ateisme berkembang, maka katedral direncanakan berganti menjadi sebuah monumen Istana Soviet. Pada tahun 1931, atas perintah Stalin, menteri Kaganovich memrintahkan menghancurkan katerdral tersebut dengan dinamit dan hamenjadi hancur meninggalkan puing – puing. Butuh lebih dari setahun untuk membersihkan sisa puing tersebut. Setelah itu perencanaan Istana Soviet dibuat dengan memulai membangun pondasi monumen Istana Soviet tersebut. Namun tiba – tiba Perang Dunia II pecah hingga menyebabkan proyek tersebut terbengkalai, dan proyek tersebut berubah menjadi pembangunan kolam renang terbuka yang terbesar.
Kolam renang tertinggi diyakini berada di Yangbajain (Tibet, China). Resor ini terletak 4200 m di atas permukaan laut, dan memiliki dua kolam renang jenis indoor dan satu kolam renang jenis outdoor. Semua kolan tersebut dipenuhi dengan air yang berasal dari mata air panas.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger