Kolam Renang Olympic Berstandar Internasional

Rabu, 21 Desember 20160 komentar


 
Kolam renang olympicberstandar internasional. Bagi para perenang sudah menjadi sebuah hal yang umum jika mendengar kolam berstandar internasional olympic. Namun bagi orang awam tentunya belum mengetahui tentang kolam olympic, ini bukan sebuah merk ya. Kolam olympic merupakan sebuah kolam untuk ajang olimpiade dengan standar internasional. Membicarakan perlombaan renang baik itu putra atau putri, apa saja yang harus diperhatikan? Dan seperti apa kolam olympic ini? Mari kita bahas bersama disini.
Gaya Berenang Yang Sering Diperlombakan
Dalam sebuah perlombaan berenang apalagi dalam olympiade, bukan hanya kecepatan dalam berenang saja yang sering diperlombakan. Namun gaya renang untuk olimpiade pun juga akan menentukan penilaian para juri. Penentuan sebuah perlombaan renang meliputi beberapa aspek seperti jarak tempuh, renang tunggal atau estafet, serta gaya dalam berenang. Perenang yang cepat namun tidak memiliki gaya berenang yang bagus penilaiannya juga akan berkurang. Ada beberapa gaya yang sering diperlombakan dalam sebuah kompetisi berenang. Sebenarnya memang keempat gaya berenang selalu ada dan dilombakan, selain gaya katak gaya berenang dalam sebuah kolam renang olympic paling sering adalah gaya kupu serta gaya bebas. Sedangkan gaya punggung biasanya dilombakan dalam perlombaan renang indah.
Standar Umum Kolam Renang Olympic
Standar umum kolamrenang olimpiade berbeda dengan dengan standar nasional kolam renang. Sebuah kolam renang olimpiade berstandar internasional memiliki panjang 50 m dengan lebar 25 m. Kedalaman kolam minimal adalah 1,35 m, dimana kedalaman dimulai dari 1 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6 m dihitung dari dinding kolam. Dinding kolam renang olympic ini harus dilengkapi dengan balok strart. Agar semakin memenuhi standar internasional kedalaman minimal pada bagian lain yakni 1 m. Kolam perlombaan seperti ini memiliki 8 lintasan dengan garis lebar sebesar 2,5 m. Bukan hanya kolam saja yang diperhatikan, suhu air juga menjadi perhatian. Suhu air dalam kolam berstandar internasional ini harus bersuhu 25° C hingga 28° C. Ini merupakan standar dalam perlombaan pada siang hari, sedangkan perlombaan renang pada malam hari harus memiliki pencahayaan yang terang. Batas minimal pencahayaan adalah 1500 lumen.
Itulah sedikit ulasan kita mengenai kolam renang olympic. Nah bagaimana, anda tertarik untuk mendalami olah raga ini? Bila anda ingin mengikuti sebuah perlombaan, sebaiknya berlatih dengan sungguh sungguh. Ingat untuk selalu melakukan streacing atau pemanasan ringan sebelum melakukan olah raga ini. Hal ini bertujuan agar saat berenang tidak terjadi kram atau terkilir.
Deskripsi : kolam renang olympic merupakan sebuah kolam yang memenuhi standar dalam sebuah perlombaan berenang internasional.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger