3 Teknik Renang Gaya Bebas Untuk Pemula

Senin, 24 April 20170 komentar

Kamu seorang pemula dalam olahraga renang? Perhatikan 3 teknik renang gaya bebas ini. Pada
dasarnya, gaya bebas merupakan gaya renang yang memang sangat cocok untuk dipelajari oleh seorang pemula karena cenderung mudah untuk dipelajari. Bahkan untuk para perenang handal sendiri, gaya bebas merupakan gaya renang favorit karena selain mudah, gaya bebas juga termasuk gaya tercepat. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mempelajari renang gaya bebas, perhatikan teknik-teknik berikut ini.
Gerakan Kaki
Dalam 3 teknik renang gaya bebas ini, gerakan pertama yang harus kamu perhatikan adalah gerakan kaki. Dalam gaya ini, posisikan kaki seperti berjalan atau juga seperti mencambuk air. Pastikan juga jika posisi kaki dan paha kamu tidak ditekuk, tapi luruskan dengan dengkul. Untuk itu, dalam gerakan ini dengan dengkul menghadap ke bawah, kaki sama sekali tidak boleh ditekuk karena pangkal paha yang bergerak.
Gerakan Tangan
Selanjutnya teknik renang gaya bebas yang harus kamu perhatikan adalah gerakan tangan. Pastikan kedua tangan kamu lurus dan sejajar di samping kepala. Posisikan kedua telapak tangan tangan kamu saling berdekatan namun tidak sampai menempel. Kemudian tangan kanan ditarik ke bawah dengan jemari yang rapat seperti halnya selaput di kaki dan tangan katak. Setelah itu, tarik tangan kanan kamu sampai belakang seperti gerakan mendayung.
Selanjutnya tangan kiri kamu ditarik ke belakang dengan gerakan yang sama persis dengan gerakan tangan kamu tadi. Ulangi gerakan tersebut secara terus menerus dan bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri sampai kamu bisa melewati beberapa meter dan sampai ujung kolam. Jadi, gerakan salah satu tangan kamu dimulai jika tangan lainnya sudah kembali berada di posisi awal, yaitu lurus ke depan dan sejajar di samping kepala.
Gerakan Kombinasi dan Pengambilan Nafas
Setelah mengetahui gerakan tangan dan gerakan kaki dalam teknik renang dengan gaya bebas, selanjutnya kamu kombinasikan gerakan tersebut secara bersamaan sehingga membentuk gaya renang yang bebas. Gerakkan kedua tangan dan kakimu dengan gerakan seperti diatas sampai kamu bisa berenang menuju pinggir kolam.
Sedangkan untuk pengambilan nafas dalam teknik renang gaya bebas ini, bisa dilakukan dengan cara menolehkan kepala ke samping kanan ataupun ke samping kiri. Jadi jika kamu akan mengambil nafas ke samping kanan, lakukan pada saat tangan kanan kamu berada di atas ketika akan diayunkan ke depan. Begitu juga ketika kamu akan mengambil nafas ke samping kiri, maka lakukan ketika tangan kiri berada di atas yang akan diayunkan ke depan. Nah itulah beberapa teknik dalam renang gaya bebas. Cukup mudah bukan? Meskipun begitu, jika kamu ingin berlatih,pastikan didampingi oleh seorang pelatih. Sekian

teknik renang gaya bebas merupakan teknik yang cocok untuk dipelajari oleh seorang perenang pemula. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger