Belajar Teknik-Teknik Dasar Renang Dengan Gaya Dada

Rabu, 26 April 20170 komentar

Renang merupakan salah satu jenis olahraga menyehatkan yang memiliki beberapa gaya, yang salah
satunya adalah gaya dada. Renang gaya dada juga biasa disebut dengan gaya katak karena mirip seperti gaya katak berenang . Meskipun sama dengan dada yang menghadap permukaan air, namun gaya dada berbeda dengan gaya bebas karena batang tubuh diposisikan selalu tegap dengan kaki yang menendang ke sisi luar. Sedangkan tangan diluruskan ke bagian depan dan bergerak ke samping seperti membelah air. Nah untuk lebih jelasnya, mari kita belajar teknik renang gayadada disini.
Gerakan Meluncur
Pertama-tama yang harus kami pelajari dalam teknik dasar renang gaya dada adalah gerakan meluncur. Mula-mula, posisikan tubuh kamu berdiri menempel di pinggiran kolam dan satu kaki yang juga menempel pada bagian dinding kolam. Kemudian bungkukkan badan sejajar permukaan air (seperti posisi rukuk) dengan kedua tangan lurus ke depan dan mengapit kedua telinga. Selanjutnya, dorong badan kamu menggunakan kaki yang menempel di dinding kolam sehingga tubuh kamu akan meluncur. Posisikan kaki dan tangan lurus dan sejajar permukaan air. Jaga keseimbangan tubuh kamu.
Gerakan Kaki
Pada tahap ini, posisikan badan telungkup dan biarkan sejajar dengan permukaan air. Setelah itu peganganlah pada dinding kolam, tarik kedua kaki kamu ke samping lalu kembali luruskan seperti halnya katak saat berenang. Kemudian buatlah lecutan saat kedua kaki kamu akan menutup. Lakukan dengan rileks dan ulangi terus sampai gerakan sempurna.
Gerakan Tangan
Teknik renang gaya dada selanjutnya adalah gerakan tangan. Gerakan bisa dilakukan dengan mulai memposisikan kaki menempel di dinding kolam. Kemudian kedua tangan diluruskan dengan kepala yang terlihat dari bagian atas permukaan air. Selanjutnya kedua tangan ditarik secara bersamaan ke arah dada sambil telapak tangan mendayung. Kamu bisa menggunakan papan seluncur agar memudahkan latihan ini.
Pengambilan Napas
Dalam belajar teknik renang gaya dada, latihan pengambilan napas tentu sangat penting sekali agar kamu tetap bisa bernapas dengan lancar meskipun dengan posisi menghadap air. Nah pengambilan nafas pada renang gaya dada sendiri bisa kamu lakukan ketika tangan bergerak ke samping. Saat itu, angkatlah kepala kamu ke atas permukaan untuk mengambil napas. Pastikan saat mengambil napas, posisi kepala tetap ke bawah, buka menghadap ke depan agar tidak membuat leher kamu sakit. Setelah itu keluarkan udara di dalam air.
Koordinasi Antar Teknik
Untuk mendapatkan gerakan yang baik dan benar, kamu tentu perlu mengkoordinasikan semua teknik renang gaya dada ini. Pertama-tama meluncur ke dalam air lalu tarik kaki ke depan. Kemudian lecutkan kaki hingga posisinya kembali lurus dan disusul dengan tangan yang bergerak mendayung. Pada saat itu, angkat kepala untuk mengambil napas. Terakhir, saat tangan sudah di samping tubuh, dorong ke depan lalu luruskan kembali.

teknik renang gaya dada merupakan teknik gaya renang yang perlu dipelajari untuk mendapatkan gerakan yang baik dan benar 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger