Definisi Dan Sejarah Renang Yang Harus Anda Tahu

Sabtu, 29 April 20170 komentar

Setiap orang mempunyai hobi masing-masing dan salah satu jenis hobi yang paling banyak digemari
oleh kebanyakan orang ialah hobi yang ada hubungannya dengan olah raga. Berbicara mengenai hobi yang berhubungan dengan olah raga, renang menjadi salah satu olahraga yang cukup banyak dijadikan hobi oleh kebanyakan orang. Apakah olahraga renang? Yuph, olahraga ini memang dikenal olahraga yang sangat menyehatkan dan sangat popular di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya kolam renang yang sudah tersebar di berbagai pelosok wilayah. Dalam artikel ini, saya akan membahas kaitannya dengan serba-serbi mengenai olahraga renang, termasuk pengertian renangsejarah renang, dan juga macam-macam gaya renang.
Definisi Renang
Jika berbicara mengenaipengertian renang, renang merupakan salah satu jenis olahraga yang melombakan atlet renang khusunya dalam hal kecepatan dalam berenang. Olahraga ini juga memiliki beberapa gaya renang yang sering digunakan dalam perlombaan dan berbagai gaya tersebut diantaranya ialah gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan yang terakhir ialah gaya bebas. Gaya terakhir tersebut itulah yang paling banyak dikuasai oleh banyak orang. Dalam perlombaan renang, perenang yang mencapai garis finish paling awal itulah yang memenangkan pertandingan renang tersebut. Biasanya lomba renang dibagi menjadi beberapa tahap dan diantaranya ialah tahap penyisihan, tahap semifinal, dan tahap final. Namun demikian, ada beberapa perlombaan renang biasanya perlombaan renang yang besar, ada juga tahap seleksi.
Renang merupakan olahraga yang dibawah naungan badan yang mengurusi olahraga air internasional atau yang disingkat dengan FINA. Dalam badan tersebut, tidak hanya mengurusi renang saja, namun juga mengurusi olahraga air lainnya seperti, polo air, renang di perairan terbuka, renang indah, dan loncat indah. Sementara itu, Badan renang yang mengurusi hal yang berkaitan dengan organisasi renang di Indonesia ialah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Organisasi tersebut merupakan induk organisasi yang mengurusi segala hal mengenai renang di Indonesia.
Sejarah renang
Jenis olahraga ini sudah di mulai sejak abad 19 atau lebih tepatnya sekitar tahun 1837. Awal mula olahraga ini diperlombakan ialah ketika di London. Pada awalnya olahraga ini hanya memiliki 6 kolam renang di London namun seiring dengan popularitas yang semakin menaik, maka jumlah kolam renangnya pun bertambah. Seiring dengan naiknya popularitas renang tersebut, olahraga ini kemudian di tandingkan pada olimpiade Athena pada tahun 1896. Dengan demikian olah raga ini menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup tua di olimpiade.
Mengenai sejarah renang di Indonesia, olahraga ini pertama kali popular di Bandung. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan pembangunan kolam renang pertama kali yang di bangun di Indonesia yang lokasinya terletak di Cihampelas bandung, sekitar tahun 1904. Setelah itu, sebelum era kemerdekaan juga terdapat berbagai kolam renang yang dibangun di beberapa kota diantaranya ialah Surabaya, Jakarta dan lainnya. Itulah beberapa pengertian renang dan sejarahnya.

pengertian renang merupakan salah satu jenis olahraga yang melombakan atlet renang khususnya dalam hal kecepatan dalam berenang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger