Materi Renang Untuk Pengetahuan Renang Yang Lebih Dalam

Jumat, 28 April 20170 komentar

Berenang merupakan salah satu kegiatan favorit banyak orang karena bisa menyegarkan pikiran.
Untuk itu, banyak sekali orang yang memilih berenang untuk melepaskan penat. Selain menyegarkan, kegiatan berenang juga tentunya memberikan efek yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti pembentukan otot, peningkatan fungsi paru-paru dan jantung dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Nah untuk tahu lebih jauh mengenai kegiatan renang, kami hadirkan materi renang untuk kamu yang ingin menambah pengetahuan tentang renang. Langsung saja berikut beberapa ulasan mengenai renang.
Sejarah Renang
Dalam mempelajari renang lebih dalam, sejarah renang tentu menjadi materi tentang renang pertama yang harus kamu ketahui. Renang merupakan jenis olahraga yang dimulai di London pada abad 19, tepatnya pada tahun 1837 ketika hanya ada sekitar 6 kolam renang yang ada di kota tersebut. Sejak itu, popularitas renang kemudian semakin membaik sampai muncul beberapa asosiasi pada tahun 1869 dan kejuaraan renang pun semakin banyak hingga pada tahun 1896 renang menjadi olahraga modern di Athena.
Di Indonesia sendiri, kota Bandung menjadi kota yang mempelopori olahraga renang dengan adanya pembangunan sebuah kolam renang pada tahun 1904 di Cihampelas. Dan sebelum kemerdekaan Indonesia, jumlah kolam renang semakin banyak yang tersedia di beberapa kota seperti Jakarta dan Surabaya. Sejak itu, perkembangan olahraga renang di Indonesia semakin meningkat seiring dibentuknya beberapa perkumpulan renang hingga beberapa anak Indonesia mencetak prestasi dalam beberapa kejuaraan renang dunia.
Manfaat Renang
Materi renang yang selanjutnya adalah manfaat renang. Diantara beberapa manfaat dari renang adalah membentuk otot. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan renang, seluruh tubuh ikut bergerak dan mengeluarkan energy yang besar sehingga bisa menguatkan sekaligus melenturkan otot tubuh. Kemudian renang juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung. Saat renang, gerakan menendang dan mendorong air ternyata bisa memacu aliran darah ke pembuluh darah, paru-paru dan jantung sehingga fungsinya semakin meningkat. Selain itu, manfaat lain dari renang juga bisa membantu meninggikan badan, melatih pernafasan dan juga membakar kalori dalam tubuh.
Macam-Macam Gaya Renang
Nah materi tentang macam-macam gaya renang juga tentunya sangat penting. Renang memiliki beberapa gaya yang berbeda yaitu gaya bebas. Gaya bebas ini merupakan gaya dasar dalam kegiatan renang sehingga cocok untuk dipelajari seorang perenang pemula. Kemudian ada juga gaya dada. Gaya dada ini juga sering dikenal dengan nama gaya katak karena gerakannya yang sama persis dengan cara berenang katak.
Selain itu, gaya renang lainnya adalah gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Disebut gaya punggung karena cara berenang dengan posisi punggung yang menghadap permukaan air. Sedangkan gaya kupu-kupu juga biasa dikenal dengan gaya lumba-lumba karena kakinya yang mirip seperti sirip lumba-lumba. Nah sekian materi renang kali ini. Semoga bermanfaat

materi renang bisa kamu pelajari untuk mengenal olahraga renang lebih mendalam
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger