Yuk Kenali Macam Macam Gaya Renang Ini

Kamis, 27 April 20170 komentar

Kamu suka berenang? Apakah kamu tahu apa saja macam-macam gaya renang? Yuk kenali lebih
jauh disini. Renang memang merupakan kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan dan menyegarkan. Untuk itu, tak heran jika banyak sekali orang yang suka melakukan renang di sela-sela waktu mereka. Renang sendiri memiliki beberapa gaya yang bisa dilakukan ketika kegiatan berenang berlangsung yaitu gaya bebas, gaya dada atau katak, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Mungkin kamu sudah sering mendengar nama-nama gaya renang ini, namun belum mengetahuinya lebih jauh. Untuk itu, berikut penjelasan dari berbagai gaya renang yang ada.
Gaya Bebas
Gaya bebas atau Crawl Stroke merupakan gaya paling dasar dalam kegiatan renang. Untuk itu, gaya bebas ini sering diajarkan pada permulaan latihan renang dibandingkan jenis gaya renang lainnya. Teknik gaya renang bebas sendiri bisa dilakukan dengan posisi dada yang menghadap permukaan air. Posisi kedua tangan sendiri digerakkan ke depan secara kuat dan bergantian seperti gerakan mengayuh, sementara kedua kaki dicambukkan ke atas dan juga ke bawah, naik turun secara bergantian. Sedangkan pengambilan napas dilakukan dengan memiringkan kepala ke samping saat tangan keluar dari air.
Gaya Dada
Kemudian gaya kedua dari macam-macam gaya renang adalah gaya dada. Gaya dada juga sering disebut dengan gaya katak karena gerakannya yang mirip seperti katak berenang. Teknik renang dengan gaya dada sendiri adalah dengan posisi dada yang juga menghadap permukaan air dengan kedua kaki yang menendang keluar seperti halnya katak saat berenang. Sedangkan untuk kedua tangan diluruskan ke depan lalu dibuka ke arah samping sehingga bergerak membelah air. Sementara untuk mengambil napas, dilakukan dengan mengangkat kepala ketika tangan sampai ke samping tubuh.
Gaya Punggung
Selanjutnya ada macam renang gaya punggung. Gaya yang satu ini berbeda dengan gaya sebelumnya karena posisi punggung yang menghadap permukaan air dan dada serta wajah yang menghadap ke atas. Untuk itu, perenang yang menggunakan gaya punggung akan mudah untuk mengambil napas. Namun dengan posisi ini, perenang tidak akan bisa melihat ke depan sehingga kamu harus bisa memperkirakan jarak untuk sampai ke tepi kolam. Untuk tekniknya, cenderung sama dengan gaya bebas, yang membedakan hanyalah posisi tubuh yang telentang di atas permukaan air.
Gaya Kupu-Kupu
Nah macam-macam gaya renang yang terakhir adalah gaya kupu-kupu atau juga sering disebut gaya lumba-lumba. Pada gaya ini, posisi dada juga menghadap permukaan air dengan kedua tangan yang secara bersamaan ditekan ke bawah lalu digerakkan keluar dan diayunkan ke arah depan. Sementara untuk gerakan kaki, kedua kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti halnya gerakan sirip lumba-lumba. Pengambilan napas sendiri dilakukan dengan menyembulkan kepala ke atas permukaan air.

macam-macam gaya renang merupakan gaya-gaya yang dilakukan saat berenang dengan teknik yang berbeda
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Renang dan Selam Terlengkap di Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger