Materi Renang untuk Latihan Berenang


Olahraga renang adalah olahraga yang melibatkan air sebagai media utama dalam melakukan olahraga. Olahraga yang satu ini cukup banyak penggemarnya sehingga tentu saja banyak peminatnya. Anda tidak akan rugi jika mendalami olahraga yang satu ini karena olahraga ini akan memudahkan anda untuk menjaga bentuk tubuh yang anda miliki. Jika memang anda serius, maka anda perlu mengetahui materi renang agar bisa mempelajari olahraga yang satu ini. Semoga dengan mengetahui materi ini maka anda akan semakin mahir berenang.

Materi Renang yang Paling Penting
Banyak sekali materi renangyang hadir. Bahkan saat ini materi tersebut diajarkan sejak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah Atas. Olahraga ini cukup penting karena bisa digunakan pula untuk bertahan hidup. Seperti yang anda ketahui jika wilayah perairan di dunia lebih luas dibandingkan daratan sehingga sangat penting untuk mempelajari dan mengusai renang. Keahlian ini bisa anda gunakan untuk menyelamatkan diri atau menyelamatkan orang lain yang memang membutuhkan bantuan saat berada di daerah perairan. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang materi renang, berikut ini adalah beberapa materi yang sudah diringkas untuk anda pelajari.

1.      Pengertian Renang
Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan berdasarkan kecepatanpara atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang biasa dijadikan perlombaan adalah gaya bebas, gaya dada, gaya kupu – kupu, dan gaya punggung. Atlet renang yang menjuarai sebuah lomba renang ialah atlet yang menyelesaikan jarak lintasan yang paling cepat. Selain itu perlombaan renang yang menggunakanfasilitas kolam renang adalahRenang indah, Loncat indah, renang perairan terbuka, dan polo air. Semua peraturan perlombaan renang tersebut diatur oleh federasi renang Internasional (FINA).

2.      Jenis gaya renang
Jika orang melakukan renang untuk rekreasi, maka orang tersebut bebas menggunakan gaya apa saja untuk berenang. Sedangkan untuk perlombaan terdapat materi gaya renang yang bisa digunakan saat perlombaan renang yaitugaya bebas, dan gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Pada perlombaan cabang renang nomor gaya bebas, para atlet bebas menggunakan berbagai gaya renang, gaya yang sudah memiliki ciri khas. Sedangkan jika diselenggarakan secara internasional, gaya yang dilakukan bisa sebebas mungkin. Namun tetap saja banyak atlet yang menggunakan gayacrawl dalam nomor gaya bebas.

3.      Manfaat Berenang
Materi renang yang selanjutnya adalah manfaat renang. Adapun manfaat yang didapatkan jika rutin berolahraga. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.
a.      Membentuk otot. Saat melakukan renang semua otot yang berada di dalam tubuhsemuanya digunakan. Hal inilah yang menyebabkan renang dapat membentuk otot. Sat bergerak di dalam air, tubuh menggunakan energinya lebih besar dibandingkan sat manusia berada di daratan karena air memiliki tekenan yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan saat di darat.
b.      Meningkatkan kemampuan fungsi paru – paru dan jantung. Gerakan yang dilakukan saat berenang dapat meningkatkan pula aliran darah yang sedang mengalir ke pembuluh darah. Oleh karena itu jantung dan paru – paru mendapatkan asupan aliran darah yang dapat meningkatkan kinerja kedua organ tersebut.
c.       Menyebabkan badan menjadi tinggi. Berenang mampu membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan yang dimiliki oleh tubuh.
d.      Melatih pernafasan.  Saat berenang, manusia dituntut untuk bisa mengatur pernapasan. Bagi anda yang menderita gangguan pernafasan, bisa menggunakan renang sebagai salah satu cara untuk memudahkan anda dalam mengatur pernapasan.
e.      Membakar banyak kalori. Seperti yang tekah dijelaskan ketika berenang anda akan bergerak lebih berat dibandingkan ketika di darat. Saat bergerak, secara langsung anda akan membakar kalori yang anda miliki hingga 24% jika dilakukan dengan maksimal.

4.      Ukuran dan persyaratan Kolam renang
Selanjutnya terdapat materi tentang kolam renang. Kolam renang yang digunakan untuk berlomba memiliki ukuran yang sudah ditetapkan dan tentu saja memiliki beberapa syarat. Berikut ini beberapa hal yang perlu dimiliki oleh kolam renang.
a.      Panjanglintasan kolam renang adalah 50 meter dengan lebar lintasan sebesar 21 meter.
b.      Dinding kolam renang sejajar dan vertical
c.       Terbagi menjadi 8 lintasan dengan lebar setiap lintasannya adalah 2,5 meter
d.      Kedalaman air minimumnya adalah 1,80 meter untuk perlombaan. Suhu air berkisar sekitar 23o -  25o celcius
e.      Kemiringan tempat start maksimal 10 derajat dan tidak boleh licin
f.        Terdapat garis lintasan untuk memberitahukan paraatlettentangbatasannya.

5.      Peraturan dalam Renang
Materi renang yang selanjutnya adalah peraturan. Untuk perlombaan renang selain gaya punggung, maka para atlet melakukan start di atas balok start. Postur tubuh dibungkukkan condong ke arah air dengan lutut agak ditekuk. Untuk lomba renanggaya punggung, posisi start berada di dalam air dengan posisi badan berhadapan dengan dinding kolam dan kedua tangan berada di pegangan besi yang telahdisiapkan sembari kaki bertumpu di dinding.
Bentuk start inidigunakan oleh atlet perenang pertama bagi yang mengikuti lomba gaya ganti perorangan. Wasit akan memberikan aba – aba seperti pada wasit untuk lomba – lomba kecepatan pada umumnya. Ketika sudah aba – aba terakhir, maka para atlet dipersilahkan untuk berlomba. Atlet yang memenangkan lomba adalah atlet yang menyelesaikan lintasannya terlebih dahulu dibandingkan dengan atlet lain.
Masih banyak lagi materi renang dan pengetahuan tentang renang yang bisa anda kuasai. Materi diatas mungkin hanya sebagian kecil namun bisa anda manfaatkan sebagai pengetahuan umum untuk anda. Semoga adanya materi ini membantu anda dalam berlatih renang.

0 comments